📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Sering Disamakan, Inilah Perbedaan Filter AC dan Filter Udara Mobil

Perbedaan Filter AC dan Filter Udara Mobil

Dalam dunia otomotif, filter AC mobil dan filter udara mobil adalah dua komponen penting yang mempengaruhi kinerja dan kenyamanan mobil Anda.

Filter AC mobil dan filter udara mobil seringkali disalahpahami sebagai komponen yang serupa, padahal perbedaan filter AC dan filter udara mobil sangatlah signifikan antara satu dengan yang lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam perbedaan filter AC dan filter udara mobil, serta mengapa pemahaman yang baik tentang keduanya penting untuk pemeliharaan mobil kesayangan Anda. Mari disimak!

Perbedaan Filter AC dan Filter Udara pada Mobil

Meski sama-sama filter, ada perbedaan filter AC dan filter udara mobil yang sangatlah signifikan, yang sayangnya sering disamakan.

Agar Anda tak salah pilih dan salah menggunakan, berikut adalah beberapa perbedaan filter AC dan filter udara mobil yang perlu Anda pahami:

  1. Perbedaan Fungsi

Fungsionalitas menjadi salah satu poin perbedaan filter AC dan filter udara pada mobil. Filter AC mobil berguna untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin ang dihembuskan oleh AC mobil tetap segar dan bebas dari polusi.

Sedangkan filter udara mobil berfungsi untuk untuk menjaga agar udara yang digunakan dalam proses pembakaran di mesin tetap bersih dan bebas dari partikel yang dapat merusak komponen mesin.

  1. Bahan Filter

Bahan yang digunakan juga menjadi salah satu perbedaan filter AC dan filter udara pada mobil, sebagaimana fungsinya yang sangat berbeda.

Filter AC mobil biasanya terbuat dari serat atau kain yang mampu menangkap partikel debu, serbuk sari, polutan udara, dan bahkan serangga kecil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sedangkan filter udara mobil Filter udara mobil biasanya terbuat dari bahan kertas atau serat yang rapat dan memiliki pori-pori kecil untuk menangkap partikel-partikel berbahaya.

  1. Peletakkan

Tempat di mana filter diletakkan juga menjadi satu poin perbedaan filter AC dan filter udara pada mobil.

Filter AC mobil terletak di dalam kabin kendaraan, biasanya di belakang dashboard atau di bawah kap mesin.

Filter ini dirancang khusus untuk menyaring udara yang masuk melalui sistem AC dan menghilangkan partikel-partikel yang dapat mengganggu kualitas udara di dalam kabin.

Sedangkan filter udara mobil terletak di dekat sistem pengisian bahan bakar atau di dalam kotak filter udara, biasanya di dekat mesin.

  1. Jenis Filter

Baik filter AC dan filter udara tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, lho. Ada ragam jenisnya yang juga menjadi poin perbedaan filter AC dan filter udara mobil.

Beberapa jenis filter AC mobil yang umum digunakan antara lain filter karbon aktif, filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air), dan filter elektrostatis.

Setiap jenis filter memiliki kemampuan penyaringan yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat efisiensi dan jenis partikel yang dapat ditangkap.

Sedangkan jenis-jenis filter udara mobil yang umum digunakan meliputi filter udara kertas, filter udara kinerja tinggi, dan filter udara kabin.

Setiap jenis filter memiliki karakteristik dan kemampuan penyaringan yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda.

Baca Juga: 6 Tanda Filter Udara Mobil Harus Diganti secara Berkala

Baik perbedaan filter AC dan filter udara mobil, meski sangat signifikan, penting untuk memilih yang kualitasnya sama-sama berkualitas.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/