📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Tips Cara Merawat Mobil Baru agar Tetap Optimal dan Awet

Cara Merawat Mobil Baru agar Tetap Optimal dan Awet
Cara Merawat Mobil Baru agar Tetap Optimal dan Awet

Baru pertama beli mobil baru dan ingin performa serta tampilannya selalu terjaga? Tenang, artikel ini punya jawaban cara merawat mobil baru khusus untuk Anda!

Pada saat Anda akhirnya memiliki mobil baru yang telah dinanti dengan penuh antusiasme, tidak ada yang lebih penting daripada merawatnya dengan cermat.

Meskipun tampak sempurna dan berfungsi baik pada awalnya, perawatan yang baik akan memastikan mobil baru Anda tetap optimal dan awet dalam jangka waktu yang lama.

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan secara detail 5 tips lengkap untuk cara merawat mobil baru Anda agar tetap dalam kondisi terbaik.

cara merawat mobil baru

Cara Merawat Mobil Baru yang Optimal

Agar mobil baru kesayangan Anda tetap terjaga selalu paripurnanya, berikut ini adalah beberapa tips cara merawat mobil baru yang bisa Anda lakukan:

  1. Pemilihan Bahan Bakar yang Tepat

Poin pertama yang perlu Anda perhatikan dalam cara merawat mobil baru adalah memilih bahan bakar yang tepat untuk mobil baru Anda.

Jika Anda ingin mobil beroperasi secara optimal, penting untuk menggunakan jenis bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Setiap mobil memiliki spesifikasi bahan bakar tertentu, termasuk oktan yang sesuai, yang harus diikuti agar mesin bekerja efisien.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Menggunakan bahan bakar berkualitas rendah atau tidak sesuai rekomendasi pabrikan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar, merusak mesin, dan bahkan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Pertamax Green 95: Kelebihan Kekurangan, Harga, dan Kiat Penggunaannya

  1. Penggunaan Air Bersih untuk Radiator Mobil

Radiator adalah komponen penting dalam menjaga suhu mesin tetap optimal. Penggunaan air radiator yang benar adalah kunci untuk mencegah mesin overheating atau terlalu panas.

Air radiator yang kotor atau tidak berkualitas dapat menyebabkan endapan kotoran dan mineral di dalam saluran pendingin, menghambat aliran dan berdampak pada kinerja mesin.

Untuk memastikan radiator berfungsi maksimal, gunakan air radiator yang telah diolah khusus untuk mobil, yang dapat Anda temukan di toko-toko otomotif untuk cara merawat mobil baru.

Melakukan flush radiator secara berkala juga dianjurkan untuk menghilangkan endapan yang mungkin terbentuk.

  1. Pemeriksaan Rutin Komponen Keamanan

Keamanan selalu menjadi prioritas utama dalam mengemudi. Oleh karena itu, periksa komponen keamanan di mobil Anda secara rutin.

Pemeriksaan ulang setelah mobil diserahkan oleh dealer adalah langkah bijaksana, karena Anda dapat memastikan bahwa semua komponen penting berfungsi sebagaimana mestinya.

Pastikan level oli mesin, transmisi, dan minyak rem selalu dalam kondisi yang cukup. Periksa juga air wiper untuk memastikan kaca depan tetap bersih dan jelas untuk cara merawat mobil baru.

Selain itu, perhatikan lampu-lampu eksterior dan interior, serta lakukan uji coba pada sistem rem dan kopling untuk memastikan performa yang optimal.

cara merawat mobil baru

  1. Menjaga Cat Mobil agar Tetap Awet

Cat mobil bukan hanya tentang estetika, tetapi juga perlindungan bagi bodi mobil dari kerusakan akibat cuaca, debu, dan kotoran.

Untuk merawat cat mobil sebagai cara merawat mobil baru, gunakanlah shampo khusus untuk mobil yang tidak akan merusak lapisan cat.

Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, karena ini dapat menyebabkan bercak air dan noda pada cat. Saat membersihkan, gunakan lap khusus mobil atau spons lembut untuk menghindari goresan.

Selain itu, simpanlah mobil di dalam garasi atau gunakan kain penutup khusus saat tidak digunakan, terutama saat cuaca ekstrem atau di tempat yang sering terkena debu.

  1. Penggantian Oli Secara Teratur

Oli adalah “darah” mesin mobil, dan penggantian oli yang teratur sangat penting untuk menjaga kinerja optimal. Oli melumasi dan melindungi mesin dari aus dan gesekan.

Mengabaikan penggantian oli dapat menyebabkan penurunan efisiensi mesin, overheat, dan bahkan kerusakan permanen pada komponen mesin.

Penting untuk mengikuti jadwal penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Pada awalnya, pergantian oli mungkin lebih sering dilakukan karena adanya pelarutan partikel-partikel logam dari mesin baru. Namun, setelah mesin terkondisi dengan baik, interval penggantian oli dapat lebih lama.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/