💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Hati-hati! Ini Cairan yang Merusak Cat Mobil

Cairan yang merusak cat mobil adalah salah satu komponen yang sangat dihindari oleh para pemilik mobil karena bisa membuat body mobil terlihat jelek dan buruk. Mobil dengan body yang mulus dan terawat adalah keinginan semua pemilik mobil yang ingin tampil kece dan keren. Banyak orang yang merasa bahwa cat mobil pertama spesial dan tidak ingin diganti dengan yang baru. Apabila Anda merupakan orang yang merasakan hal yang sama, Anda perlu menghindari beberapa cairan yang merusak cat mobil Anda seperti yang akan dibahas kali ini.

Jenis-jenis Cairan yang Merusak Cat Mobil

Jenis-jenis Cairan yang Merusak Cat Mobil

Meski merupakan hal-hal yang dianggap remeh, seringkali beberapa cairan memiliki dampak yang cukup buruk pada bodi mobil. Inilah jenis-jenis cairan yang merusak cat mobil dan patut untuk Anda perhatikan serta waspadai.

Pelumas

Mobil pada umumnya menggunakan pelumas yang berfungsi untuk menggerakkan mesin yang sangat kompleks dan memiliki banyak sistem mekanis yang menunjang suatu mobil bisa melaju di jalanan. Cairan seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, dan oli power. Saat cairan tersebut mengenai cat mobil Anda, maka akan meninggalkan noda di cat mobil dan bisa membuat catnya mengelupas perlahan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati agar cairan yang merusak cat mobil pelumas tidak mengenai bodi mobil Anda.

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur tumpah mengenai cat mobil Anda? Jangan panik, Anda bisa mencuci dengan sampo khusus mobil yang aman bagi bodi mobil Anda. Namun, Anda harus sesegera mungkin membersihkannya saat sudah terkena cairan pelumas mobil agar tidak sempat rusak.

Bahan Bakar

Pernahkah cat mobil Anda rusak dan bernoda disekitar nozzle pengisian bahan bakar? Hal ini mungkin disebabkan oleh bahan bakar yang tidak sengaja merembes atau keluar dari nozzle pengisian bahan bakar sehingga daerah bodi mobil terutama di dekat lubang pengisian bahan bakar menjadi rusak. Selain bisa terkelupas, cairan bahan bakar tersebut merupakan cairan yang merusak cat mobil  yang juga bisa membuat permukaan cat mobil Anda terkikis karena bahan bakar yang sifatnya mudah menguap yang membuat cat mobil rusak perlahan. Anda bisa memberitahu petugas untuk berhati-hati dalam pengisian bahan bakar mobil Anda.

Minuman Bersoda

Bagi Anda yang suka mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya berhati-hati mulai saat ini. Minuman bersoda yang biasanya menjadi konsumsi kebanyakan orang ternyata merupakan cairan yang merusak cat mobil Anda. Minuman soda memiliki kandungan zat warna yang bisa merusak warna mobil Anda. Apabila terkena bodi mobil, maka minuman tersebut akan meninggalkan noda yang mengering dan perlahan merusak cat mobil Anda. Semakin lama noda tersebut dibiarkan, maka akan semakin sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, Anda harus segera membersihkannya agar cat mobil Anda tetap utuh dan tidak rusak.

Saat membersihkan noda minuman bersoda, pastikan Anda benar-benar membersihkannya dengan teliti karena biasanya noda soda yang tumpah merembes ke banyak tempat. Apabila tidak bersih, maka bodi mobil Anda akan belang karena sebagian terkena cipratan nodanya.

Getah Pohon

Getah pohon bisa menjadi cairan yang merusak cat mobil Anda. Pasalnya, banyak orang yang senang memarkirkan mobilnya di bawah pohon untuk menghindari sinar matahari dengan anggapan menjaga cat mobil tetap bertahan lama. Namun, seringkali jika parker di bawah pohon, mobil akan kejatuhan getah pohon dan merusak bodi mobil. Getah pohon yang mengering akan membuat cat mobil akan rusak dan sulit dihilangkan. Getah pohon yang jatuh ke bodi mobil akan sangat lengket dan meninggalkan noda yang sangat sulit dibersihkan. Nodanya akan sangat terlihat dan akan kusam.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Untuk menghindari hal tersebut, penulis menyarankan untuk mencari tempat parker lain yang lebih aman dan terhindar dari getah pohon. Dalam kondisi mobil parkir, getah pohon bisa jatuh dan mongering tanpa Anda sadari. Jika sudah semakin mengering, maka akan semakin sulit untuk dibersihkan.  Selain terkena getah pohon, parkir di bawah pohon bisa membuat mobil Anda kotor karena debu dan terkena daun-daun kering.

Telur Mentah

Banyak orang menggunakan telur mentah untuk merayakan sesuatu, termasuk ulang tahun, kendaraan baru, dan ospek di beberapa institusi. Beberapa tradisi di daerah Sumatera Utara menggunakan telur untuk merayakan kendaraan baru seperti motor atau mobil. Telur tersebut dipecahkan di bodi motor atau mobil sebagai bentuk perayaan kendaraan baru dengan kepercayaan tertentu.  Faktanya, telur mentah yang dipecahkan di atas bodi mobil akan meninggalkan bekas noda yang sangat sulit untuk dibersihkan menjadi cairan yang merusak cat mobil. Noda telur mentah yang sudah kering akan sulit dibersihkan, selain itu cangkang telur bisa membuat mobil Anda akan tergores dan terlihat jelek. Anda akan mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk memperbaiki cat mobil yang sudah tergores.

Air Aki

Mobil yang menggunakan aki basah harus berhati-hati dengan saat menuangkannya karena bisa menjadi cairan yang merusak cat mobil Anda. Air aki memiliki konsentrat asam yang tinggi sehingga bisa menimbulkan karat pada logam yang membuat bodi mobil Anda menjadi jelek dan tidak enak dipandang. Selain itu, karat yang sudah muncul bisa membuat bodi mobil menjadi rapuh dan cepat rusak dan pada akhirnya Anda akan menghabiskan biaya yang lebih banyak untuk perbaikannya.

Cairan Elektrolit yang ada di baterai aki bisa tumpah dengan tidak sengaja melalui selangnya dan mengenai cat mobil Anda. Air dari tutup lubang aki juga bisa mengandung cairan elektrolit yang tepat berada di permukaannya dan secara tidak sadar bisa mengenai permukaan cat mobil Anda sehingga terjadi korosi yang menimbulkan jejak karat dan keropos di sekitar tumpahan cairan elektrolit tersebut.

Baca Juga: Accu Mobil, Kenali 7 Tanda Ada Masalah Dan Cara Merawatnya

Detergen

Salah satu cairan yang merusak cat mobil yang dianggap orang banyak bisa membersihkan noda dari cat mobil ini juga bisa menjadi penyebab cat mobil Anda menjadi rusak. Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam deterjen bisa merusak lapisan pelindung cat mobil sehingga akan meninggalkan noda yang sulit untuk dihilangkan pada bagian bodi mobil Anda. Hal ini banyak tidak disadari oleh orang banyak, dan perlahan warna cat mobil mereka akan pudar karena menggunakan detergen yang bisa mengikis cat warna mobil secara perlahan.

Apabila sudah terlanjur pudar warnanya, maka Anda akan kesulitan mengembalikan warnanya seperti sedia kala. Pilihan satu-satunya adalah dengan mengecat kembali warna mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan warna yang seperti baru. Oleh karena hal tersebut, Anda perlu berhati-hati untuk menaruh detergen dan jangan sampai mengenai bodi mobil Anda. Untuk mencuci mobil, Anda bisa menggunakan shampo khusus mobil yang sudah terbukti bisa menjaga keawetan cat warna mobil Anda.

Cairan Pembersih Jamur Kaca

Selain detergent, cairan lain yang harus Anda hindari adalah cairan pembersih jamur kaca. Cairan ini berfungsi untuk menangkal jamur yang sering tumbuh di kaca mobil. Ketika Anda membersihkan mobil, berhati-hatilah agar cairan ini tidak mengenai bodi mobil Anda karena akan menyebabkan kerusakan pada bodi mobil Anda.

Selain merusak mobil, cairan pembersih jamur ini juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit sehingga Anda harus benar-benar hati-hati jika membersihkan kaca mobil Anda. Kandungan kimia yang terkandung di dalamnya membuat iritasi kulit dan merusak bagian luar kulit Anda. Apabila sudah terlanjur terkena kulit, Anda harus langsung membersihkannya dengan air yang mengalir.

Sehingga pastikan untuk selalu merawat permukaan bodi mobil Anda agar cat-nya tak mengalami kerusakan. DOMO Coating & Detailing bisa menjadi solusi utama untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan jenis Graphene Coating, DOMO Coating & Detailing mampu melindungi permukaan bodi mobil hingga mencerahkan cat mobil agar tampilannya senantiasa paripurna.

Untuk mengatasi permasalahan tampilan mobil yang terkena cairan yang merusak cat mobil, reservasi layanan DOMO Coating & Detailing sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap hingga diskon menarik untuk setiap layanannya. Anda juga bisa mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk nikmati langsung layanan perbaikan mobil dengan lebih dekat dari lokasi kediaman Anda. 

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Demikianlah daftar informasi mengenai cairan yang merusak cat mobil yang harus Anda hindari. Pastikan bodi mobil Anda tetap mulus dan menawan agar Anda tetap nyaman mengendarainya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4732

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya