📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

13 Penyebab Kompresor AC Mobil Tiba-tiba Mati

13 Penyebab Kompresor AC Mobil Tiba-tiba Mati

Kompresor AC mobil tiba-tiba mati kini menjadi satu permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna mobil. Selain itu, kompresor AC mobil menjadi salah satu komponen yang cukup penting dari sebuah mobil.

Apalagi, ketika mobil sedang digunakan pada siang hari membutuhkan peran dari kompresor AC. Perlu diketahui, bahwa semua komponen mobil mempunyai masa pakai masing-masing dan termasuk di komponen AC.

Di mana usia pemakaian komponen AC ini bergantung pada intensif pemakaian dan perawatan yang dilakukan. Apabila Anda sering menggunakan mobil dalam keseharian, tentu sangat penting untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lengkap mengenai penyebab kompresor AC mobil tiba-tiba mati. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan apa saja penyebabnya bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kompresor AC Mobil Tiba-tiba Mati

Penyebab Kompresor AC Rusak

Sebagai berikut ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari kompresor AC mobil tiba-tiba mati. Dengan mengetahui beberapa hal ini, maka Anda bisa menentukan tindakan yang harus dilakukan pada selanjutnya.

  1. Sekring AC Putus

Ketika sekring AC putus, AC tidak akan jalan karena tidak ada pergerakan dari mesin mobil. Jadi, AC tidak bisa mendapatkan tenaga untuk membuat putaran. Biasanya sekring AC putus ini disebabkan oleh korsleting listrik. Supaya bisa digunakan lagi, maka harus diganti dengan yang baru.

  1. Relay AC Putus

Fungsi dari relay AC adalah untuk memompa arus listrik ke bagian magnetic clutch. Ketika memutus relay, maka tidak ada lagi yang menyuplai arus listrik. Putusnya relay AC ini juga bisa membuat AC mobil menjadi kompresor AC mobil tiba-tiba mati.

  1. V-Belt Putus

Untuk bagian V-Belt ini mempunyai fungsi sebagai penghubung kompresor dengan bagian putaran mesin. Jadi, V-Belt yang putus ini membuat AC mobil tidak bisa bekerja secara normal. Sehingga menjadikan suhu didalam kabin mobil terasa panas dan tidak terasa dingin sama sekali.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Motor Cooling Fan Tidak Bekerja

Pada saat motor cooling fan mati tentu bisa membuat pembuangan panas di dalam kondensor menjadi kurang maksimal. Juga membuat kondensor menjadi kepanasan atau overheat.

Di dalam hal ini juga berimbas pada kinerja kompresor yang ikut juga menurun. Biasanya akan terasa ketika mobil macet atau berhenti. Untuk mengatasi kompresor AC mobil tiba-tiba mati bisa mengganti dengan komponen baru supaya kabin mobil bisa dingin kembali.

Baca Juga: Cara Agar Temperatur Kabin Mobil Tidak Panas

  1. Kompresor AC Macet Total

Sistem AC kompresor menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Ketika kinerja kompresor AC mobil tiba-tiba mati, biasanya hal ini dikarenakan kehabisan oli. Atau kurang perawatan AC seperti mengganti oli, kebocoran freon yang tidak segera dilakukan perbaikan. Sehingga hanya dilakukan pengisian freon saja tanpa menambah atau mengganti oli kompresor.

  1. Magnetic Clutch Putus

Penyebab kompresor AC mobil tiba-tiba mati juga dikarenakan magnetic clutch yang putus atau bermasalah. Gejalanya bisa dilihat dari AC mobil yang awalnya dingin tiba-tiba panas ketika di jalanan yang padat atau kemacetan.

Pada saat jelanana sudah kembali lancar, maka AC mobil akan dingin kembali. Hal ini karena dioda magnet yang mulai melemah dan sering terkena hawa panas berlebih dari mesin saat macet.

Sehingga dengan hal tersebut membuat kompresor AC mobil tiba-tiba mati,. Akan tetapi hal ini juga akan terjadi kembali ketika jalanan macet atau berhenti. Maka dari itu, untuk langkah yang bisa diambil adalah melakukan perbaikan atau mengganti dengan baru.

  1. Kompresor Mati

Saat kompresor mati atau rusak membuat tidak ada yang menghisap uap air dari refrigerator evaporator. Tidak hanya itu saja, compressor ini juga mempunyai fungsi untuk menyalurkan udara dingin ke bagian seluruh kabin mobil.

  1. Oli Menipis atau Habis

Kehabisan oli juga bisa membuat kompresor AC mobil tiba-tiba mati. Biasanya hal ini dikarenakan faktor ketidaktelitian dari si pemilik mobil itu sendiri di saat mengisi oli. Bisa juga dikarenakan terjadinya kebocoran pada bagian AC. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat AC mobil yang diisi oli cepat habis.

  1. Resistor Blower Mengalami Kerusakan

Untuk beberapa jenis mobil, ketika bagian resistor blowe mengalami kerusakan bisa membuat mesin mati total. Ketika terjadi hal tersebut, maka Anda harus memeriksa lagi pada sambungan resistor blower. Apakah putus atau hanya korsleting saja.

Baca Juga: Waspada Korsleting Listrik Pada Mobil, Kenali Cirinya

  1. Freon Habis atau Berlebih

Ketika kondisi kompresor AC mobil tiba-tiba mati bisa jadi karena freon yang menipis atau berlebihan. Sehingga, dengan hal tersebut membuat AC mobil sering mati dan tidak bisa dingin.

Kondisi freon yang berlebihan juga bisa membuat tekanan meningkat dan membuat overheat. Dimana para pemilik mobil yang awam ini akan mengisi freon jika habis, Padahal freon tidak akan bisa habis, ketika komponen masih aman atau tidak terjadi kebocoran sama sekali.

  1. Evaporator Kotor

Apabila aliran udara yang masuk ke dalam mobil terhambat, tentu akan membuat angin menjadi kecil. Untuk penyebabnya bisa jadi karena bagian evaporator kotor. Untuk mengatasi masalah satu ini adalah memasang filter kabin untuk menghalau debu yang akan masuk. Selain itu, dengan adanya filter kabin ini maka tidak ada kotoran atau debu yang menumpuk pada bagian evaporator.

  1. Mesin Overheat

Overheat pada mobil ini juga membuat kompresor AC mobil tiba-tiba mati. Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut, yaitu radiator mempet, thermostat rusak, kebocoran pada air radiator dan masih banyak lainnya lagi.

Dimana untuk beberapa masalah tersebut bisa membuat suhu mesin mobil menjadi meningkat secara berlebihan. Kondisi mesin yang seperti ini juga bisa membuat AC mobil tidak dingin sama sekali. Jika hal ini sudah terjadi, maka sebaiknya mengatasi terlebih dahulu dengan hal yang membuat mesin mobil tidak terjadi overheating.

  1. Kebocoran Sistem AC Mobil

Penyebab atau hal yang paling akhir adalah karena terjadinya kebocoran pada komponen tersebut. Entah bagian evaporator atau kondensor ini yang menyebabkan AC tiba-tiba-tiba mati. Maka bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kebocoran tersebut.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!