New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
lampu indikator mobil kedap kedip

Kenali! Lampu Indikator Mobil Kedap Kedip dan Solusinya

Kenali! Lampu Indikator Mobil Kedap Kedip dan Solusinya – Lampu indikator Mobil kedap-kedip seharusnya berfungsi jika dibutuhkan. Namun jika indikator berkedip bukan seperti dimaksud bagaimana ya. Anda perlu kenali terlebih dahulu beberapa lampu indikator apa saja yang berkedip lalu ketahui solusinya.

Jenis, Penyebab, dan Solusi Lampu Indikator Mobil Kedap kedip

  1. Lampu Indikator Pintu Berkedip

Lampu indikator Mobil kedap kedip, bisa saja menandakan pintu mobil anda tidak ditutup dengan benar. Jika memang hal itu terjadi segera tutup sampai tidak ada lagi indikator tersebut berkedip. Jika tidak ada pintu yang terbuka namun lampu indikator masih berkedip, cek bagian pintu bagasi. Karena biasanya yang sering terjadi adalah bagian ini. Bisa jadi karena posisi pendorong lock pintu yang terletak di bodi bagian bawah tidak tepat atau terjadi keausan.

Solusinya anda bisa melakukan pengecekan mandiri dengan membuka bagian penutup dalam pintu bagasi. Atau anda bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan.

  1. Lampu Indikator Sabuk Pengaman Berkedip

Lampu indikator mobil kedap kedip yang terletak pada instrument dashboard berbentuk orang menggunakan sabuk pengaman berwarna merah, memiliki fungsi memberi tahu anda untuk menggunakan sabuk pengaman saat anda mengemudi. Biasanya indikator ini dilengkapi dengan bunyi, terutama saat anda tidak menggunakan sabuk pengaman. Namun, jika anda sudah menggunakan sabuk pengaman lampu indikator sabuk pengaman tetap berkedip maka suda dipastikan ada masalah pada koneksi sabuk pengaman kursi ke dashboard.

Solusi Lampu Indikator Mobil Kedap Kedip, anda bisa memeriksa kabel dan konektor sabuk pengaman yang terletak di bagian bawah kursi pengemudi. Apakah ada kabel yang terkelupas atau terputus. Lakukan pengecekan juga pada bagian kursi penumpang, jika tidak ada masalah pada kursi pengemudi. Kemudian cek bagian gesperk sabuk pengaman pengemudi dimana terdapat saklar ketika sabuk pengaman dikencangkan dan dilepas

  1. Lampu Indikator Bahan Bakar Berkedip

Penyebab Lampu indikator mobil kedap kedip selanjutnya adalah,
bahan bakar mobil kedap-kedip sekarang kini sudah menyertakan berapa filter isi tangki dan jarak tempuhnya. Dengan teknologi ini sudah jarang mobil yang menunjukkan diagram atau jarum. Jika Lampu indikator mobil kedap kedip itu berarti bahan bakar pada mobil anda akan habis.

Namun berapa liter bahan bakar yang tersisa saat Lampu indikator mobil kedap kedip bahan bakar menyala pada instrument kluster? Jawabannya kurang lebih 5 liter, sehingga kemungkinan mobil masih bisa berjalan kurang lebih sampai 45 km.

Namun hal ini dipengaruhi oleh variable seperti kondisi jalanan macet atau lancar. Jika kondisi sangat macet disarankan untuk mencari pom bensin terdekat. Hal ini disebabkan agar tidak kehabisan bahan bakar dan kedua dapat membuat filter bahan bakar dan busi menjadi irit. Seperti yang seharusnya anda tahu, jika mesin sudah mulai tersendat.

Maka pompa bensin mengambil bahan bakar paling bawah pada tangki dimana akan terdapat banyak sekali timbale, sulfur dan kotoran lain. Sehingga bisa saja menyebabkan pompa bensin tersumbat kotoran dan busi membakar bahan bakar yang sudah dipenuhi kotoran sehingga pembakaran di ruang bakar kurang maksimal. Jika hal ini terus terjadi, maka akan mengakibatkan rusaknya pompa bensin dan kepala busi menjadi berkerak, sehingga bisa saja gas menjadi tidak stabil.

  1. Lampu Indikator Oli Berkedip

Mobil modern dengan teknologi ECU dan ABS umumnya sudah dibekali lampu peringatan oli pada instrument dasbor dengan lambang dengan gambar keran yang meneteskan air dengan warna merah. Fungsi dari lampu indikator ini adalah memberitahu tekanan oli di mesin berkurang atau menurun. Jika lampu indikator oli mobil kedap-kedip bisa jadi ada malfungsi pada pompa oli atau bisa jadi rendahnya volume oli di mesin.

Jadi, jika hal ini terjadi segera menepi dan matikan mobil, buka kap mesin lalu cari dipstick biasanya dengan pegangan berwarna merah, biru, hitam atau kuning. Kemudian pakai kain bersih atau tissue untuk menarik dipstick. Lalu masukkan kembali dipstick ke lubangnya sedalam mungkin. Tunggu beberapa detik lalu angkat lagi. Lihat tingkat ketinggian oli yang ada di ujung dipstick. Jika berada di garis maksimal, maka oli masih penuh.

Jika oli berada di tengah-tengah garis minimal dan maksimal maka volume oli masih cukup. Jika oli berada di bawah garis minimal maka volume oli sudah sedikit. Segeralah ke bengkel untuk melakukan ganti oli. Anda juga bisa melakukan ganti oli sendiri. Yang anda butuhkan hanya wadah pembuangan oli dan kunci. Disarankan anda juga mengganti filternya, terutama jika anda jarang servis ke bengkel.

Untuk mengganti oli secara mandiri, selain menyiapkan bahan yang tadi disebutkan, siapkan juga filter oli baru. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka tutup oli pada ruang mesin, kemudian lihat ke kolong lihat kea rah kiri sebelah filter oli.

Buka baut oli, siapkan wadah pembuangan oliĀ  dan tempatkan dimana oli akan jatuh. Sementara oli jatuh buka filter oli lalu ganti dengan yang baru. Jika oli sudah tidak tumpah bersihkan bagian yang terkena sisa tumpahan oli lalu tutup baut oli. Kemudian anda bisa mengisinya dengan oli baru. Untuk menjaga oli tetap berfungsi normal jika mobil jarang digunakan, panaskan mobil setiap hari.

  1. Lampu Indikator ABS Berkedip

Mobil dengan teknologi zaman sekarang sudah dilengkapi dengan sistem ABS atau Anti Lock Brake. Mobil dengan sistem ini sudah pasti memiliki indikator pada panel instrument dengan berbentuk huruf ABS yang diapit dua lengkungan. Jika Indikator ABS berkedip maka bisa dinyatakan ABS tidak berfungsi. Bukan berarti rem juga ikut tidak berfungsi ya. Jadi hanya sistem ABS yang mati, tapi anda masih bisa melakukan pengereman seperti biasa.

Indikator berkedip ini bisa disebabkan karena ada beberapa sensor ABS yang tidak bekerja optimal. Solusi yang direkomendasikan adalah membawanya ke bengkel. Karena dibutuhkan scanning keseluruhan mengenai indikator yang satu ini.

Selain itu, Lampu indikator mobil kedap kedip juga bisa terjadi karena penyimpangan. Hal ini sering terjadi saat kunci kontak dalam posisi ON indikator ABS tidak menyala. Pada manual book juga tertera apa penyebab lampu indikator ini berkedip dan dapat diketahui berdasarkan jumlah kedipannya.

Manual Book Penjelasan Lampu Indikator Berkedip

  • Jika Indikator tidak nyala atau Lampu indikator mobil kedap kedip : Cek saluran imput tegangan modulator ABS
  • Jika Indikator menyala terus : Cek kabel yang berhubungan dengan indikator, cek meter kombinasi, cek modulator ABS, cek Sekring utama
  • 1-1 : Rangkaian sensor kecepatan roda depan tidak berfungsi hubungan arus terbuka,cekĀ  Sensor kecepatan roda atau kabel yang ada hubungannya
  • 1-2 : Sensor kecepatan roda depan tidak berfungsi, cek sensor kecepatan roda atau ring pulser, adanya gangguan elektromagnetik
  • 1-3 : Sensor kecepatan roda belakang tidak berfungsi, lakukan cek sensor kecepatan dan kabel
  • 1-4 : Sensor kecepatan roda belakang tidak berfungsi, cek sensor kecepatan roda, ring pulser dan kabel, adanya gangguan elektromagnetik
  • 1-5 : Rangkaian sensor kecepatan roda depan atau belakang tidak berfungsi, kemungkinan adanya hubungan arus pendek. Cek sensor kecepatan roda dan kabel
  • 2-1 : cek ring pulser depan dan kabel yang berhubungan
  • 2-3 : cek ring pulser belakang dan kabel yang berhubungan
  • 3-1 sampai 3-8 : Katup solenoid tidak berfungsi, cek modulator ABS
  • 4-1 sampai 4-2 : Roda depan mengunci, cek kondisi pengendaraan
  • 4-3 : Roda belakang mengunci, cek kondisi pengendaraan
  • 5-1 : Motor pompa mengunci, cek motor pompa beserta modulator ABS dan kabelnya. Cek Sekring utama ABS
  • 5-4 : Relay Suplai daya tidak berfungsi. Cek relay power supply, modulator ABS dan kabelnya. Cek Sekring utama ABS
  • 6-1 : Rangkaian daya kurang tegangan. Tegangan input terlalu rendah. Cek sekring utama ABS
  • 6-2 : Rangkaian daya kelebihan tegangan. Tegangan imput terlalu tinggi.
  • 7-1 : Ban tidak berfungsi. Cek ukuran ban
  • 8-1 : Unit control ABS tidak berfungsi. Cek modulator ABS.

Setelah mengetahui Lampu indikator mobil kedap kedip, selanjutnya yaiyu mencari solusinya.

Cara Mereset Lampu indikator mobil kedap kedip

Anda memang tidak dapat mereset sistem ABS secara mandiri karena sistem ABS yang bermasalah Lampu indikator mobil kedap kedip harus melalui proses scanning dan pemeriksaan besar. Namun bukan berarti anda tidak boleh tahu prosesnya. Berikut ini proses mereset ABS.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Setelah bengkel melakukan perbaikan pada perangkat ABS yang mengalami masalah. Proses reset dilakukan guna menghapus penyimpangan kerusakan ECU ABS. Proses mereset ECU ABS ini dimulai dengan posisi kunci kontak OFF. Kabel DLC dimasukkan ke konektor untuk mereset ECU ABS. Tuas rem kanan ditarik dan kunci kontak pada posisi ON. Indikator akan menyala kurang lebih 2 detik dan mati kemudian tuas rem dilepas. Tarik kembali tuas rem setelah indikator ABS menyala. Lalu inidkator ABS akan mati, lepaskan segera tuas rem setelah indikator ABS mati.

Nah itulah penjelasan mengenai Kenali! Lampu Indikator Mobil Kedap Kedip dan Solusinya, Semoga membantu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8897

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda