New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
harga service AC mobil

Mengetahui Fungsi dan Cara Kerja Kondensor AC Avanza

Kondensor AC Avanza merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan memiliki banyak kegunaan. Nah, keberadaan kondensor akan mendukung kinerja AC mobil Avanza bisa lebih maksimal.

AC menjadi bagian yang sangat penting untuk kenyaman para pengguna mobil sata berkendara. Air Conditioner pada mobil memiliki banyak komponen salah satunya kondensor. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara kerja kondensor AC Avanza.

Jadi kinerja AC mobil akan dimulai dari proses kompresi freon sampai menjadi gas. Nah, proses pengubahan freon menjadi gas yang memiliki suhu dingin dan bertekanan tinggi ini dilakukan oleh komponen kompresor. Langkah selanjutnya yaitu melakukan penyerapan panas freon yang dilakukan oleh kondensor ac avanza.

Nah, ketika proses penyerapan panas sudah dilakukan maka freon yang diserap akan menjadi cair. Agar proses penyerapan freon ini lebih maksimal maka dilakukan dengan menggunakan bantuan kipas. Melalui sirip-sirip dan receiver dryer freon akan dihembuskan. Jadi selama AC mobil dinyalakan sistem akan bekerja sampai freon dihembuskan ke luar menjadi udara dingin.

Mengenal Fungsi Kondensor Pada AC Mobil Avanza

kondensor ac avanzaPerlu anda ketahui bahwa kondensor pada AC mobil ini memiliki fungsi yang cukup banyak. Keberadaan kondensor AC Avanza sangat penting agar kinerja AC semakin baik dan maksimal. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa fungsi kondensor pada AC mobil. Selengkapnya berikut ini penjelasannya :

  • Sebagai penukar panas 

Kondensor AC Avanza mobil ini berfungsi sebagai penukar panas. Jadi awalnya panas yang berupa gas nantinya akan dibentuk cairan dengan menggunakan komponen refrigerant. Media yang digunakan untuk mengubah panas ini yaitu udara. Jadi udara ini digunakan untuk media proses pendinginan. Selain itu ada juga kipas yang berfungsi sebagai pelepasan panas.

Hubungan antar semua komponen ini dilakukan agar panas bisa diproses dengan baik. Jadi kalau komponen dalam AC bisa bekerja secara maksimal maka udaranya akan menjadi dingin. Nah, dengan AC yang bagus pastinya akan membuat pengendara dalam mobil akan semakin nyaman.

  • Mengubah gas 

Fungsi kondensor AC selanjutnya adalah untuk mengubah gas menjadi cairan freon. Kondensor akan melakukan penyerapan gas di freon dengan bantuan udara. Jadi panas yang dilepaskan ini akan sama dengan tingkat kesejukan udara yang dilepaskan AC.

  • Membuang panas 

Kondensor AC berfungsi untuk membuang panas yang bertujuan untuk merubah freon yang dari gas menjadi cair. freon sendiri berasal dari kompresor dan berkesinambungan dengan kipas pendingin.

Jadi ketika AC mobil Avanza tidak dingin maka membuat tingkat kenyamanan pengendara menjadi berkurang. Ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin.

  1. Fan belt terputus 

Ketika fan belt AC terputus akan menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Fan belt ini berperan sebagai penyalur mesin menuju kompresor. Nah, kalau terganggu menyebabkan aliran menuju kompresor menjadi terganggu dan freon tidak bisa bekerja dengan baik.

  1. Kerusakan pada kompresor 

Kerusakan pada kompresor ini bisa terjadi dengan ditandai warna hitam. Nah, kalau sudah demikian akan membuat kinerja AC menjadi melambat dan udara yang dihasilkan tidak dingin.

  1. Kondensor kotor 

Ketika AC mobil sudah tidak dingin ini terjadi karena kondisi kondensor yang kotor. Ketika kondensor ini sudah kotor maka kinerjanya menjadi lambat dan bahkan hasilnya tidak maksimal.

Cara merawat AC mobil Avanza agar tetap sejuk 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat AC mobil bisa tetap sejuk dan nyaman saat berkendara. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Tidak membuka jendela mobil ketika AC sedang menyala 

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah jangan melakukan kebiasaan buruk seperti membuka jendela saat AC mobil masih menyala. Ketika jendela mobil dibuka, maka udara dingin yang keluar dari AC akan sia-sia. Selain itu akan membuat kinerja AC akan semakin berat.

  1. Membersihkan kondensor secara rutin 

Agar AC mobil tetap bekerja dengan baik maka silahkan untuk melakukan pembersihan kondensor AC Avanza secara rutin. Melakukan pembersihan secara rutin ini dilakukan agar AC mobil tidak berkarat dan mengeluarkan udara dingin secara maksimal. Jangan sampai kondensor terlalu kotor karena tertumpuk debu dan berbagai kotoran lainnya.

  1. Jangan mematikan AC dalam waktu lama 

Pastinya anda menganggap kalau mematikan AC bisa membuat AC tetap baik dan tahan lama. Hal tersebut justru salah karena mematikan AC mobil terlalu lama akan membuatnya cepat rusak. Mengapa bisa demikian? Kalau terlalu lama dimatikan akan membuat fan belt akan mengering. Hal inilah yang akhirnya AC mobil tidak bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga : Mengenal Penyebab AC Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya

Rekomendasi Bengkel AC Dokter Mobil

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja kondensor AC mobil. Jadi pastikan melakukan service AC secara berkala di bengkel Dokter Mobil agar komponen AC dan kondensor ac avanza aman, dan bersih, termasuk kondensor AC Avanza. Dokter Mobil juga bisa ganti kondensor AC dengan merk original. Pastinya tidak mengecewakan para konsumen.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!