📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Kompresor Listrik Mobil Bermasalah ? Begini Cara Pencegahannya

kompresor listrik mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Saat kompresor listrik mobil bermasalah, tentunya akan mengakibatkan sistem kerjanya menjadi kurang optimal bahkan tidak jarang menimbulkan beberapa dampak negatif lainnya. Sebelum melakukan penanganan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu macam-macam penyebabnya. Tujuannya yaitu agar dapat menemukan cara paling tepat dan mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.

Penyebab Kompresor Listrik Mobil Bermasalah

kompresor listrik mobil

Kompresor listrik mobil sendiri merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki peran cukup penting. Guna menghindari masalah berkepanjangan, sebaiknya rutin lakukan pemeriksaan di dokter mobil terpercaya salah satu rekomendasinya adalah dokter mobil Cirebon. Lalu sebenarnya apa saja bermasalah? Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  1. Usia Pemakaian

Meski bukan makhluk hidup, namun produk elektronik memiliki usia terbaik pemakaian jika tetap digunakan melebihi batas wajarnya biasanya akan memunculkan berbagai masalah mulai dari paling ringan hingga berat. Bagian ini juga akan sering bermasalah ketika tidak dilakukan perawatan sesuai prosedur dan standar yang berlaku.

Setiap komponen pada kendaraan memiliki batas maksimum penggunaan, untuk itu apabila sudah terlewat silahkan melakukan penggantian sesuai dengan jenis serta brand paling direkomendasikan untuk masing-masing jenis mobil. Tujuannya supaya mendapatkan performa maksimal layaknya ketika baru dibeli sehingga memberikan kenyamanan lebih tinggi dari sebelumnya.

  1. Komponen Seal Bocor

Sela merupakan lapisan berbahan dasar karet yang menjadi salah satu komponen penting pada kompresor listrik mobil. Saat bahagia ini telah lama digunakan, biasanya tingkat elastisitasnya akan menurun secara signifikan. Akibat paling umumnya adalah mengalami keretakan pada sisi-sisinya kemudian robek dan terlepas.

Komponen yang tidak terlihat cenderung sering terlewatkan dari perhatian pemilik. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk tujuan menghindari kerusakan lebih parah. Ketika lapisan seal rusak, akan sangat berpengaruh pada tugasnya pentingnya yaitu menyemprotkan gas freon karena tidak bisa maksimal bahkan tidak menutup kemungkinan akan mati sepenuhnya.

  1. Terputusnya Sekring

Sama halnya dengan sekring lampu, pada Kompresor Listrik Mobil sendiri juga bertugas untuk memutus aliran dayanya. Saat proses ini terjadi, maka semburan freon akan berhent sehingga udara menjadi tidak sejuk lagi bahkan cenderung penas. Penyebabnya terbilang beragam, salah satunya adalah terdapat kabel yang putus karena telah usang.

Aliran daya yang terputus akan menghentikan sistem kerja freon, akibatnya udara tidak terasa sejuk. Saat akan melakukan peregangan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu faktor penyebab munculnya masalah terkait. Tujuan utamanya adalah agar proses penanganannya lebih efektif dan dapat bisa jadi lebih cepat.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Terjadi penyumbatan

Ada banyak penyebab mengapa kebutuhan bisa terjadi, salah satunya yaitu jalan keluar udara tertutupi oleh debu atau benda halus lainnya. Akibatnya, menjadikan udara sejuk yang seharusnya dikeluarkan secara maksimal menjadi terhambat. Ketika masalah ini terjadi, pemompa freon mengemban tugas lebih berat.

Saluran yang terhambat membuat sebagian udara sejuk hanya berputar di dalam ruang pemrosesan saja. Jika kondisi ini terus berlanjut dalam jangka waktu lama, maka bisa memperbesar kemungkinan kompressor lebih cepat bermasalah. Guna mencegah kondisi serupa semakin memburuk, pastikan peka terhadap perubahan-perubahan pada kendaraan.

  1. Kipas AC Mati/ Lemah

Fungsi dari kipas AC terbilang penting karena akan membantu memaksimalkan kinerja sistem pada freon. Namun apabila mati, maka kemungkinan mengalami overheat semakin besar. Penyebabnya adalah saat komponen penyusunnya saling bekerja sama memproses udara dingin, akan menghasilkan energi panas untuk itu perlu pendingin khusus.

Baca Juga : Mengatasi Filter AC Mobil Tersumbat Dan Penyebabnya

Kipas AC yang melemah dapat memberikan pengaruh buruk pada kelangsungan pemrosesan udara dingin. Sangat tidak disarankan membiarkan kondisi demikian terlalu lama jika tidak ingin komponen terkait menjadi cepat rusak dan pada akhirnya menghambat pemaksimalan kinerjanya.

  1. Terlalu Banyak atau Kekurangan Gas Freon

Kelebihan atau kekurangan gas freon, dapat memberikan dampak negatif untuk kompresor listrik mobil. Pada kedua kondisi ini, membuat konsentrasi dari kompresor menjadi lebih tinggi. Saat kondisi seperti ini dialami oleh kendaraan yang kamu gunakan, penanganan sesegera mungkin dapat membantu mengembalikan pemaksimalan kinerjanya lebih cepat.

Komponen komponen yang dipaksa bekerja keras, lama-kelamaan akan memunculkan gejala tidak biasa bahkan tidak jarang tiba-tiba kehilangan fungsinya. Sebagai pemilik mobil, sudah seharusnya memperhatikan secara detail apakah kendaraan sedang dalam kondisi baik atau justru sebaliknya. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan penyedia jasa dokter mobil karena dikerjakan tenaga ahli.

Cara Pencegahan Kompresor Listrik Mobil Alami Kerusakan

Mengingat peran penting dari kompresor listrik mobil, tentu perlu dilakukan perawatan ekstra untuk membuatnya dapat bekerja sesuai dengan semestinya. Selain itu kamu juga perlu mengetahui terkait bagaimana cara untuk mencegah masalah-masalah yang telah dibahas di atas supaya tidak memberikan efek terlalu berat. Silahkan simak penjelasannya berikut:

  1. Bawa ke Dokter Mobil Terpercaya

Saat ini sudah ada banyak dokter mobil yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kualitas serta harga beragam, termasuk salah satunya dokter mobil Cirebon. Menariknya saat menggunakan jasa dari perusahaan tersebut, pelanggan akan mendapatkan free general check up. Dengan begitu kamu dapat menghemat pengeluaran dan memaksimalkannya pada perbaikan komponennya.

Dokter mobil Cirebon memiliki banyak layanan yang bisa dipilih pelanggannya sesuai dengan kebutuhan. Jika masih ragu, saat melihat review beserta informasi lengkapnya di platform resminya baik media sosial ataupun website. Kamu juga berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada CS yang bertugas pada jam kerja.

  1. Ganti Komponen yang Telah Berusia Tua

Kinerja sebuah komponen akan mengalami penurunan apabila usianya sudah mulai menua atau terlalu sering dioperasikan. Kerusakan akan semakin cepat apabila pemilik tidak melakukan perawatan secara berkelanjutan meskipun belum menunjukkan tanda-tandanya. Apabila ternyata komponen di dalamnya sudah usang, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Masalah pada kompresor listrik mobil dapat menyebabkan kenyamanan selama perjalanan menjadi berkurang akibat udara di sekitar terasa panas meskipun sebenarnya AC dalam keadaan menyala. Saat hal ini terjadi, tidak disarankan membiarkannya dalam jangka waktu lama karena dapat berakibat sangat fatal.

  1. Lapisi Anti Karat

Di dalam kompresor listrik mobil terdapat beberapa komponen berbahan besi dan baja yang rawan mengalami karatan. Di saat terkena cairan dengan kandungan tertentu atau terlalu lama berada di lingkungan lembab.

Solusinya adalah dengan mengaplikasikan lapisan anti karat dari penyedia jasa terpercaya untuk mendapatkan hasil maksimal serta perlindungannya bisa jangka panjang.

Sebenarnya sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu apakah perlu menjalankan kegiatan terkait. Pemilihan bahan pelapis menjadi faktor penentu apakah perlindungannya bisa maksimal atau hanya sebentar.

Baca Juga : Bengkel Jakarta Terbaik Dokter Mobil

Sebelum menjalankan prosesnya, terlebih dahulu cari tahu terkait dengan rekomendasi bahan dengan daya tahan lama serta tidak menimbulkan masalah lain.

Mengetahui penyebab kompresor listrik mobil bermasalah dan cara pencegahannya menjadi poin penting bagi para pemilik kendaraan sejenis. Hindari melakukan penanganan ketika kondisi komponen sudah parah. Sebab biasanya solusinya hanya bisa melakukan penggantian saja dan tentunya akan membutuhkan banyak biasanya apalagi pada komponen vital.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6432

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *