📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power

Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power

Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power dapat dijumpai dengan jelas pada RON. Yang mana RON ini menjadi dasar dari perbedaan kedua jenis bahan bakar ini. Anda bisa membandingkan kedua bahan bakar ini dengan mudah melalui RON.

Sebenarnya perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power sudah dapat dilihat dari produsennya yang sudah berbeda yaitu dari Pertamina dan Shell.

Yang mana setiap produsen itu pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Adapun perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power ini dapat Anda lihat dalam penjelasan berikut.

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah produk bahan bakar yang menjadi unggulan Pertamina yang mana bahan bakar ini memiliki RON yang sangat tinggi hingga mencapai 98.

Sehingga bahan bakar ini cukup untuk memenuhi kebutuhan dari kendaraan bermesin bensin dengan teknologi tinggi seperti mobil balap.

Bahan bakar ini juga dapat meningkatkan kemampuan kelincahan kendaraan menjadi lebih baik.

Menggunakan bahan bakar ini juga dapat membuat mesin menjadi lebih bertenaga dan awet karena kualitas dari bahan bakar ini yang sangat bagus.

Selain itu dengan menggunakan Pertamax Turbo maka akan berdampak baik pada mesin Anda yang mana mesin tersebut akan lebih awet.

Pertamax Turbo ini sendiri memiliki nilai RON sebesar 98 dan kandungan sulfur yang dimiliki oleh Pertamax Turbo ini dibawah 50 ppm.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selain itu bahan bakar jenis Pertamax Turbo ini juga memiliki kelebihan untuk menjaga mesin dari karet.

Bahan bakar jenis ini juga dapat membuat performa mesin menjadi lebih maksimal. Maka dari itu banyak sekali kendaraan balap yang menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo ini.

Shell V Power

Shell V Power adalah bahan bakar yang memiliki kandungan nilai oktan sebanyak 95. Bahan bakar ini sudah dilengkapi dengan teknologi dynaflex.

teknologi ini dapat meningkatkan kondisi mesin juga membantu memaksimalkan energi dari bahan bakar.

Bahan bakar ini juga membantu mengurangi 80% endapan serta mendorong performa mesin kendaraan.

Sisi Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power

Sisi Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power

Meski sama-sama bahan bakar, bukan berarti jenis Pertamax Turbo dan Shell V Power itu sama.

Ada perbedaan tertentu yang membedakan kedua jenis bahan bakar yang disediakan oleh perusahaan penyedia bahan bakar terbesar ini, diantaranya:

Oktan di Dalam BBM

Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power yang pertama yaitu terletak pada nilai oktan.

Pertamax Turbo ini memiliki nilai oktan angka RON sebanyak 98, yang mana nilai oktan inilebih tinggi daripada nilai oktan Shell V yang memiliki nilai oktan atau angka RON senilai 95.

Hal tersebut tentu berpengaruh pada mesin terutama pada proses pembakaran untuk menghasilkan energi yang terjadi. Sehingga nilai oktan ini dapat disimpulkan sangat mempengaruhi performa mesin kendaraan.

Kesimpulan pada nilai oktan ini adalah semakin tinggi nilai oktan maka akan semakin besar pula performa mesin yang dihasilkan oleh sebuah kendaraan.

Maka dari itu jika Anda mencari bahan bakar yang memiliki nilai oktan lebih tinggi maka Pertamax Turbo lah jawabannya.

Baca Juga: Nilai Oktan, Hal yang Perlu Diperhatikan dari Bahan Bakar

Performa yang Dimiliki

Seperti yang Anda tahu bahwa setiap performa mesin itu pasti bergantung pada bahan bakar yang dipakai.

Semakin tinggi nilai oktan dari bahan bakar tersebut maka akan semakin tinggi pula performa mesin yang dihasilkan.

Selain itu dengan nilai oktan yang lebih tinggi maka pembakaran terhadap bahan bakar tersebut menjadi lebih bersih sehingga tidak menghasilkan residu yang akan mengganggu performa mesin tersebut.

Diantara Pertamax Turbo dan Shell V Power ini, Pertamax Turbo memiliki nilai oktan lebih tinggi dibandingkan dengan Shell V Power yang mana Pertamax Turbo memiliki nilai oktan sebesar 98 sedangkan Shell V Power ini memiliki nilai oktan sebesar 95.

Maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo maka pembakaran terhadap bahan bakar tersebut akan menjadi lebih optimal.

Selain itu, dengan menggunakan Pertamax Turbo yang memiliki nilai oktan lebih tinggi maka mesin akan lebih responsif dan kendaraan juga akan lebih menghasilkan tenaga yang optimal.

Namun terlepas dari performa yang dimiliki oleh tiap-tiap bahan bakar, Pertamax Turbo ini memiliki konsumsi yang lebih besar dibandingkan dengan Shell V Power.

Menggunakan bahan bakar ini maka Anda bisa lebih hemat BBM dibandingkan dengan menggunakan Pertamax Turbo.

Zat Aditif yang Terkandung

Selain nilai oktan bahan bakar juga memiliki zat aditif yang terkandung di dalamnya. Termasuk pada Pertamax Turbo dan Shell V Power yang memiliki zat aditif yang ada di dalam bahan bakar tersebut.

Maka Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power yang selanjutnya dapat dilihat dari zat aditif yang terkandung.

Zat aditif ini sendiri merupakan zat yang mampu membantu membersihkan mesin dan dapat mengurangi gesekan yang terjadi di antara mesin yang satu dengan mesin yang lain.

Sehingga mesin kendaraan akan senantiasa bersih tanpa adanya endapan. Dalam hal ini Shell V Power akan lebih unggul karena bahan bakar ini memiliki teknologi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Pertamax Turbo.

Sehingga untuk proses pembersihan dan tanpa adanya endapan ini akan lebih bersih jika menggunakan bahan bakar jenis Shell V Power.

Produsen dan Cakupan yang Dimiliki Produk

Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power yang selanjutnya yaitu terletak pada produsen yang memproduksi bahan bakar ini dan cakupan produk antara Pertamax Turbo dan Shell V Power.

Untuk produsen ini sendiri Pertamax Turbo diproduksi oleh Pertamina yang mana Pertamina ini sangat familiar di telinga masyarakat sehingga pasti banyak yang lebih tahu tentang pertama dibandingkan dengan Shell V Power.

Sedangkan bahan bakar Shell V Power ini diproduksi oleh produsen Shell yang mana untuk orang-orang apa pasti jarang sekali yang mengetahui produsen tersebut.

Sedangkan untuk cakupan yang dimiliki tergantung pada SPBU yang tersebar di Indonesia. Dapat dilihat bahwa SPBU milik Pertamina ini jauh lebih unggul.

Karena ada pada hampir seluruh wilayah Indonesia. Sangat jauh perbandingannya dengan SPBU Shell yang mana hanya tersedia sedikit.

Dan pasti orang-orang akan sangat jarang tahu, dan membuat pemasaran dari barang produksinya pun akan semakin sulit dibandingkan dengan barang produksi.

Dari barang produksinya pun akan semakin sulit dibandingkan dengan barang produksi dari Pertamina seperti Pertamax Turbo.

Sehingga dapat disimpulkan perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power yang selanjutnya yaitu terletak pada produsen yang berbeda.

Pertamax Turbo diproduksi oleh Pertamina sedangkan Shell V Power diproduksi oleh Shell. Selain itu Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power yang lain yaitu pada cakupan produk yang dimiliki oleh kedua bahan bakar ini.

Produk dari Pertamina yakni Pertamax Turbo memiliki cakupan produk yang lebih luas dibandingkan dengan Shell V Power.

Selain karena banyaknya SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia, Pertamax Turbo ini juga lebih dikenal oleh masyarakat karena merupakan produksi dari dikenal oleh masyarakat karena merupakan produksi dari Pertamina.

Hal-hal di atas merupakan sedikit penjelasan mengenai perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power.

Sehingga dari penjelasan mengenai perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power ini Anda bisa mengetahui mana keunggulan dan kekurangan dari keduanya.

Sehingga perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membeli bahan bakar.

Perbedaan Pertamax Turbo dan Shell V Power:

1. Perbedaan Selain Nilai Oktan:

  • Kandungan deterjen: Pertamax Turbo memiliki kandungan deterjen yang lebih tinggi (4500 ppm) dibandingkan Shell V Power (3000 ppm). Deterjen ini membantu membersihkan kotoran pada mesin dan menjaga performa mesin.
  • Aditif: Shell V Power memiliki aditif Dynaflex yang diklaim dapat meningkatkan performa mesin. Pertamax Turbo tidak memiliki aditif khusus seperti Dynaflex.
  • Kadar sulfur: Pertamax Turbo memiliki kadar sulfur yang lebih rendah (50 ppm) dibandingkan Shell V Power (50-150 ppm). Kadar sulfur yang rendah lebih ramah lingkungan.

2. Pengaruh Teknologi Dynaflex:

Teknologi Dynaflex pada Shell V Power diklaim dapat:

  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar
  • Meningkatkan tenaga dan akselerasi
  • Membersihkan dan melindungi mesin

Teknologi ini bekerja dengan cara memodifikasi struktur molekul bahan bakar, sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih optimal.

3. Perbedaan Harga:

Harga Pertamax Turbo dan Shell V Power di SPBU berbeda-beda, tergantung wilayahnya. Pada umumnya, harga Shell V Power sedikit lebih mahal daripada Pertamax Turbo.

Kesimpulan:

Pertamax Turbo dan Shell V Power memiliki beberapa perbedaan, seperti nilai oktan, kandungan deterjen, aditif, dan kadar sulfur. Shell V Power memiliki teknologi Dynaflex yang diklaim dapat meningkatkan performa mesin. Harga Shell V Power umumnya sedikit lebih mahal daripada Pertamax Turbo.

Pilihan bahan bakar terbaik tergantung pada kebutuhan dan kondisi mesin kendaraan Anda.

Referensi:

https://www.gridoto.com/read/223113444/uji-bahan-bakar-oktan-98-di-lab-resmi-mana-yang-terbaik

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Ganti Oli Mobil Beda Merek

Apakah Boleh Ganti Oli Mobil Beda Merek?

Seringkali banyak ditanyakan, apakah boleh ganti oli mobil beda merek? Nah, artikel ini punya jawabannya untuk Anda! Meski terlihat sepele, keputusan ini mungkin akan berdampak

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/