📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Cara Merawat Kisi AC Mobil Bekas, Agar Sejuknya Selalu Luar Biasa

Cara Merawat Kisi AC Mobil Bekas

Mengendarai mobil yang nyaman di musim panas adalah impian setiap orang. Dan salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mobil adalah kisi AC. Terlepas dari usia dan bahkan pakai mobil bekas yang Anda miliki, perawatan yang tepat pada kisi AC mobil bekas dapat memastikan kenyamanan dan kinerja optimal. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara merawat kisi AC mobil bekas agar tetap bagus dan luar biasa. Jadi, mari kita mulai!

Tips Perawatan Kisi AC Mobil Bekas

Merawat Kisi AC mobil bekas sejatinya hampir sama dengan merawat kisi AC mobil baru. Hanya saja jelas kisi AC mobil bekas memiliki kondisi yang tak bisa diprediksi Bisa jadi kisi AC mobil bekas yang Anda dapatkan kualitasnya prima, atau bahkan sebaliknya. Agar tak salah dalam lakukan perawatan, berikut ini adalah beberapa cara merawat kisi AC mobil bekas:

  1. Bersihkan Kisi AC Secara Rutin

Membersihkan kisi AC secara rutin adalah langkah penting dalam merawat kisi AC mobil bekas. Debu, serbuk sari, dan kotoran lainnya dapat menumpuk di kisi AC dan menyumbat saluran udara. Kotoran yang menumpuk dapat menghambat aliran udara yang sehat dan mengurangi efisiensi pendinginan. Untuk membersihkan kisi AC, Anda dapat menggunakan sikat halus atau kuas untuk mengangkat debu dan kotoran.

Pastikan untuk membersihkan setiap sudut dengan hati-hati. Jika ada kotoran yang sulit dijangkau, Anda dapat menggunakan kompresor udara atau blower untuk membersihkannya.

  1. Ganti Filter Udara secara Berkala

Filter udara dalam kisi AC berfungsi untuk menyaring udara luar dari kotoran dan debu sebelum masuk ke dalam sistem pendinginan mobil. Filter yang kotor akan mengurangi aliran udara yang sehat dan membuat kinerja AC menurun.

Oleh karena itu, penting untuk mengganti filter udara secara berkala. Pastikan untuk mengikuti panduan pabrik atau setidaknya mengganti filter udara setiap 6 bulan sekali. Dengan mengganti filter secara teratur, Anda akan menjaga kualitas udara yang masuk ke dalam mobil dan meningkatkan kinerja kisi AC.

  1. Periksa dan Bersihkan Saluran Udara

Saluran udara yang tersumbat akan menyebabkan aliran udara yang buruk pada kisi AC. Untuk menjaga kinerja kisi AC, periksa dan bersihkan saluran udara secara teratur. Anda dapat menggunakan sikat kawat yang lentur atau semprotan udara bertekanan rendah untuk membersihkan saluran udara. Pastikan tidak ada hambatan yang menghalangi aliran udara.

Perhatikan juga adanya keretakan atau kebocoran pada saluran udara. Jika Anda menemukan masalah yang mencurigakan, segera periksakan mobil ke bengkel terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Perhatikan Kondisi Kompresor

Kompresor AC merupakan komponen penting dalam sistem pendinginan mobil. Kondisi yang baik dari kompresor AC akan memastikan kisi AC bekerja dengan efisien. Lakukan pemeriksaan rutin pada kompresor untuk memastikan tidak ada suara tidak normal atau kebocoran pada selang AC.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika Anda mendengar suara yang mencurigakan atau melihat tanda-tanda kebocoran, segera periksakan mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan yang tepat. Memperhatikan kondisi kompresor secara rutin akan memperpanjang umur kisi AC dan menjaga kinerjanya yang optimal.

  1. Jaga Tingkat Refrigeran yang Tepat

Refrigeran adalah zat yang mengatur suhu pada kisi AC. Pastikan tingkat refrigeran dalam kisi AC tetap sesuai dengan rekomendasi pabrik. Jika refrigeran terlalu rendah, kinerja pendinginan akan menurun, dan jika terlalu tinggi, bisa merusak komponen kisi AC.

Penting untuk berkonsultasi dengan teknisi AC yang berpengalaman untuk mengisi ulang refrigeran jika diperlukan. Jangan mencoba mengisi ulang refrigeran sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau peralatan yang diperlukan.

  1. Lindungi Kisi AC dari Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung dapat merusak kisi AC mobil bekas. Radiasi UV yang kuat dapat menyebabkan penuaan dan kerusakan pada kisi AC. Jika memungkinkan, parkirkan mobil di tempat yang teduh atau gunakan penutup jendela saat mobil tidak digunakan. Langkah ini akan membantu melindungi kisi AC dari kerusakan akibat sinar matahari langsung.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan penutup jendela atau sunshade saat mengemudi untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke kisi AC.

  1. Gunakan Kisi AC Secara Teratur

Penggunaan kisi AC secara teratur adalah langkah penting dalam merawat kisi AC mobil bekas. Menghidupkan kisi AC secara rutin membantu menjaga komponen internal tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, ini juga mencegah terjadinya kelembaban yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bau yang tidak sedap.

Meskipun cuaca tidak terlalu panas, sebaiknya hidupkan kisi AC minimal selama 10-15 menit setiap minggu untuk menjaga kebersihan dan kelancaran aliran udara.

  1. Hindari Penggunaan Kisi AC dalam Keadaan Basah

Sebelum menghidupkan kisi AC mobil bekas, pastikan saluran udara dalam kondisi kering. Menggunakan kisi AC dalam keadaan basah dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang merugikan kesehatan Anda. Pastikan area sekitar saluran udara kering atau gunakan mode sirkulasi udara terlebih dahulu untuk mengeringkannya.

Jika Anda pergi ke tempat dengan kelembaban tinggi atau setelah mencuci mobil, pastikan untuk mengeringkan saluran udara sebelum menggunakan kisi AC.

  1. Perhatikan Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap yang keluar dari kisi AC mobil bekas Anda bisa menjadi tanda adanya masalah dalam sistem pendinginan. Bau yang tidak sedap dapat disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di saluran udara atau bahkan adanya kebocoran pada sistem AC.

Jika Anda mencium bau yang tidak biasa, segera periksakan mobil ke bengkel untuk mendapatkan diagnosis dan perbaikan. Jangan mengabaikan bau yang tidak sedap karena bisa menjadi indikasi masalah yang lebih serius.

Baca Juga: AC Mobil Bau Saat Baru Dinyalakan? Ternyata Ini Penyebabnya

  1. Lakukan Perawatan Rutin oleh Teknisi Berpengalaman

Terakhir, namun tidak kalah penting, lakukan perawatan rutin oleh teknisi AC mobil berpengalaman. Perawatan yang terjadwal secara berkala dapat mengidentifikasi masalah sejak dini dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada kisi AC. Pastikan untuk mengikuti panduan perawatan yang direkomendasikan oleh pabrik dan konsultasikan dengan teknisi yang kompeten.

Teknisi yang berpengalaman akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem AC, termasuk kisi AC, dan melakukan perbaikan jika diperlukan. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan kisi AC mobil bekas tetap dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan optimal.

Penutup

Merawat kisi AC mobil bekas dengan baik adalah investasi penting untuk menjaga kenyamanan dan kinerja sistem pendinginan mobil. Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan yang disebutkan di atas, Anda dapat memastikan kisi AC tetap dalam kondisi yang baik dan berfungsi secara optimal.

Jangan lupa untuk membersihkan kisi AC secara rutin, mengganti filter udara, memeriksa saluran udara, menjaga kondisi kompresor, memperhatikan tingkat refrigeran, melindungi kisi AC dari sinar matahari langsung, menggunakan kisi AC secara teratur, menghindari penggunaan dalam keadaan basah, memperhatikan bau tidak sedap, dan melakukan perawatan rutin oleh teknisi berpengalaman.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form