📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Cara Membersihkan Intercooler Mobil Bekas

cara membersihkan intercooler mobil bekas

Cara membersihkan intercooler mobil bekas. Sebagai pemilik mobil bekas, penting bagi Anda untuk menjaga performa kendaraan agar tetap optimal. Salah satu komponen yang berperan penting dalam sistem pembakaran pada mesin turbocharged adalah intercooler. Intercooler berfungsi untuk mendinginkan udara yang masuk ke mesin agar menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.

Mengoptimalkan Kinerja Intercooler Mobil Bekas

Namun, seiring waktu dan penggunaan, intercooler dapat terkumpul kotoran dan deposit yang dapat menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi mesin. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci cara membersihkan intercooler mobil bekas Anda untuk menjaga kinerja yang optimal. Simaklah langkah-langkah berikut ini:

1. Persiapan Peralatan dan Bahan

Sebelum Anda mulai cara membersihkan intercooler mobil bekas, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan. Beberapa peralatan yang Anda butuhkan antara lain kunci pas, tang, sikat sikat gigi bekas, selang air yang dapat terhubung ke keran, lap kain lembut, dan kompresor udara. Selain itu, pastikan Anda memiliki akses ke tempat yang cukup terang dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk memastikan kebersihan yang optimal.

2. Matikan Mesin dan Diamkan Mobil

Sebelum Anda mulai cara membersihkan intercooler mobil bekas, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan diamkan selama beberapa saat untuk mendinginkan suhu mesin. Ini penting untuk menjaga keselamatan Anda selama proses pembersihan dan juga untuk meminimalkan risiko cedera akibat suhu yang tinggi.

3. Temukan Lokasi Intercooler

Setiap mobil memiliki desain yang berbeda, jadi langkah pertama cara membersihkan intercooler mobil bekas yaitu, Anda perlu mencari lokasi intercooler pada mobil Anda. Biasanya, intercooler terletak di dekat radiator atau di depan mesin mobil. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda dapat merujuk pada buku panduan pemilik mobil Anda atau melakukan pencarian online untuk mengetahui lokasi intercooler pada model mobil tertentu.

4.Lepaskan Selang-Selang dan Pipa-Pipa yang Terhubung

Setelah Anda menemukan intercooler, langkah berikut cara membersihkan intercooler mobil bekas, adalah melepaskan selang-selang dan pipa-pipa yang terhubung ke intercooler. Ini dilakukan agar Anda dapat mengakses intercooler dengan lebih mudah dan membersihkannya secara menyeluruh. Gunakan kunci pas yang sesuai untuk membuka klem yang mengikat selang-selang tersebut dan pastikan Anda mengingat posisi awal selang-selang tersebut untuk memudahkan pemasangan kembali nantinya.

5. Bersihkan Intercooler dengan Kompresor Udara

Setelah intercooler terpisah dari selang-selang dan pipa-pipa, gunakan kompresor udara dengan tekanan rendah untuk membersihkan intercooler. Pastikan Anda memiliki kacamata pelindung dan perlindungan pernapasan saat menggunakan kompresor udara. Arahkan aliran udara kompresor secara langsung ke intercooler untuk menghilangkan kotoran, debu, dan deposit yang menempel. Usahakan untuk membersihkan intercooler dari arah yang berlawanan dengan arah aliran udara normal saat mesin menyala. Hal ini akan membantu dalam menghilangkan kotoran yang lebih dalam pada intercooler.

6. Sikat Bagian Luar dan Dalam Intercooler

Setelah membersihkan intercooler dengan kompresor udara, langkah selanjut cara membersihkan intercooler mobil bekas adalah menyikat bagian luar dan dalam intercooler. Gunakan sikat gigi bekas yang memiliki serat lembut untuk membersihkan permukaan luar intercooler dari debu dan kotoran. Sikatlah dengan lembut agar tidak merusak sirip-sirip pada intercooler.

Selanjutnya cara membersihkan intercooler mobil bekas, fokuslah pada bagian dalam intercooler. Gunakan sikat sikat gigi bekas yang panjang dan fleksibel untuk menyikat bagian dalam intercooler secara hati-hati. Sikat perlahan dan berulang-ulang hingga semua kotoran dan deposit terangkat. Pastikan Anda menyikat dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada sirip-sirip intercooler.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

7. Bilas Intercooler dengan Air Bersih

Setelah selesai menyikat intercooler, bilas intercooler dengan air bersih. Gunakan selang air yang terhubung ke keran untuk membilas intercooler dari dalam dan luar. Pastikan aliran air mencapai seluruh bagian intercooler untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan sabun. Lanjutkan membilas hingga air yang keluar dari intercooler bersih tanpa ada kotoran yang terlihat.

8.Keringkan Intercooler dan Pasang Kembali

Setelah intercooler dibersihkan dan dibilas, segera keringkan dengan menggunakan lap kain lembut atau udara kompresor dengan tekanan rendah. Pastikan intercooler benar-benar kering sebelum Anda memasangnya kembali ke mobil. Saat memasang kembali selang-selang dan pipa-pipa yang terhubung, pastikan posisi dan pengencangan yang tepat agar tidak ada kebocoran udara.

9. Uji Kinerja Setelah Membersihkan Intercooler

Setelah intercooler dipasang kembali, hidupkan mesin mobil dan uji kinerja kendaraan Anda. Perhatikan apakah ada perbedaan dalam respons mesin dan suhu udara yang masuk ke mesin. Jika Anda merasakan peningkatan dalam akselerasi atau performa mesin secara keseluruhan, itu menunjukkan bahwa membersihkan intercooler telah berhasil mengoptimalkan kinerja mobil Anda.

10. Rutin Periksa dan Bersihkan Intercooler

Terakhir cara membersihkan intercooler mobil bekas, penting untuk diingat bahwa membersihkan intercooler adalah proses yang harus dilakukan secara berkala. Penting bagi Anda untuk merutin melakukan pemeriksaan dan membersihkan intercooler mobil Anda sesuai dengan jadwal pemeliharaan yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Dengan melakukan pembersihan intercooler secara teratur, Anda dapat memastikan kinerja mesin yang optimal dan masa pakai yang lebih panjang untuk kendaraan.

Baca Juga: 10 Mobil Tua untuk Perjalanan Jauh, Kuat dan Andal!

Demikianlah cara membersihkan intercooler mobil bekas Anda untuk menjaga kinerja yang optimal. Ingatlah untuk selalu melakukannya dengan hati-hati dan teliti.

Dengan menjaga kebersihan intercooler, Anda akan dapat memaksimalkan kinerja kendaraan Anda dan memastikan bahwa mesin turbocharged mobil bekas Anda tetap berjalan dengan baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/