📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Cara Mengatasi Kelistrikan Mobil Mati Total 

kelistrikan mobil mati

Kerusakan pada sistem kelistrikan mobil menjadi salah satu masalah yang paling menyebalkan bagi para pemilik mobil. Salah satu dampak dari permasalahan tersebut adalah kelistrikan mobil mati total. Sangat wajar di saat merasa kesal, karena adanya kelistrikan mobil yang mati dan memberikan dampak terhadap beberapa fungsi komponen, lampu, AC, starter dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, untuk para pemilik mobil harus melakukan perbaikan di beberapa komponen supaya semua bisa berjalan sesuai dengan fungsi normalnya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi kelistrikan mobil mati total. Bagi Anda yang mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total

kelistrikan mobil mati

Sebagai pemilik mobil, tentunya harus mengerti beberapa komponen pada beberapa komponen kelistrikan. Untuk beberapa komponen listrik mobil yang harus diketahui oleh para pemilik kendaraan roda 4 adalah:

  1. Bagian Aki Mobil Aus dan Kabel Berkarat

Penyebab kelistrikan mobil mati yang pertama ketika membicarakan perihal tentang aki mobil, maka untuk komponen yang satu ini mempunyai peran yang sangat vital. Selain itu, pada komponen yang satu ini juga dijadikan sebagai sumber dan pemasok aliran listrik pada kendaraan tersebut.

Karena dijadikan sebagai pemasok, maka disaat aki mobil bermasalah pastinya untuk beberapa bagian lain juga ikutan bermasalah. Untuk kerusakan yang umum dan sering terjadi adalah aki sudah aus, karena jarang sekali melakukan pergantian atau melakukan pengisian air aki.

Para pemilik mobil bisa selalu melakukan pengecekan bagian komponen aki. Proses pengecekan aki juga tidak sulit dan sangatlah mudah. Maka dari itu, jangan sampai Anda abai karena bisa menyebabkan terjadinya korsleting listrik.

Proses pengecekan air aki, Anda bisa langsung saja melihat pada lampu indikator pada bagian dashboard mobil. Ketika aki mobil masih normal, maka untuk lampu menunjukkan warna biru.

Sedangkan, untuk lampu yang sudah menunjukkan warna merah tandanya ada masalah di bagian aki mobil. Permasalahan pada aki yang selanjutnya adalah kabel aki mengalami karatan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Dengan kondisi kabel karatan ini bisa membuat terjadinya korosi. Sehingga, dengan hal tersebut juga bisa menyebabkan aliran listrik bisa terganggu dan beberapa komponen yang dialiri juga tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi permasalahan bukan menjadi salah satu hal yang sangat sulit. Satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pembersihan pada bagian terminal aki. Ketika terjadi korosi yang sangat parah, Anda bisa melakukan pergantian guna menghindari terjadinya korsleting listrik.

  1. Alternator Bermasalah

Penyebab kelistrikan mobil mati kedua dari konslet mobil adalah bagian komponen alternator sedang mengalami permasalahan. Seringkali, untuk permasalahan yang satu ini banyak diabaikan oleh kalangan para pemilik mobil.

Tanpa disadari, untuk permasalahan yang satu ini juga sangat fatal dan bisa membuat mobil menjadi mogol dan mati total. Ciri-ciri dari penyebab terjadinya konslet mobil di permasalahan yang satu ini adalah:

  • Tercium bau terbakar.
  • Menimbulkan suara yang bising.
  • Lampu sorot mengalami peredupan.
  • Salah satu lampu indikator pada dashboard mobil menyala.
  • Kondisi baterai rusak yang disebabkan, karena dinamo ampere sedang bermasalah.
  • Mempunyai muatan listrik yang berlebihan.
  1. Gulungan Kawat tembaga Putus

Penyebab kelistrikan mobil mati pada bagian gulungan kawat tembaga yang putus menjadi salah satu permasalahan yang sangat sulit untuk dideteksi. Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan pada penyebab kali ini harus menggunakan bantuan alat khusus.

Untuk gejala kerusakan pada komponen mobil kali ini juga bisa memberikan pengaruh terhadap beberapa piranti. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat mobil mengalami konslet.

Dibaca Juga: Para Pemilik Kendaraan Wajib Tahu! Inilah Cara Mengecek Kebocoran Arus Listrik Mobil

Cara Mengatasi Kelistrikan Mobil Mati Total

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai beberapa penyebab korsleting listrik mobil. Maka dari itu, untuk pembahasan yang selanjutnya adalah cara mengatasi permasalahan pada konslet mobil yaitu:

  1. Memeriksa Kondisi Aki Mobil

Cara pertama mengatasi kelistrikan mobil mati, untuk mengatasi permasalahan konslet mobil adalah memeriksa kondisi aki terlebih dahulu. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka bagian kap mobil. Perhatikan juga pada beberapa baut yang longgar di bagian komponen mobil tersebut.

Ketika ada beberapa bagian baut yang longgar, Anda bisa mengencangkan pada setiap bagiannya. Selain itu, di saat Anda melihat kotoran seperti karat atau serbuk putih pada bagian kutub aki segera dibersihkan.

Setelah dibersihkan, Anda harus segera memasang kembali. Pada saat proses pemasangan jangan takut kesetrum, karena aki mobil mempunyai arus direct current atau DC.

  1. Memeriksa Bagian Sekring

Untuk cara mengatasi kelistrikan mobil mati kedua mengatasi permasalahan korsleting listrik adalah memeriksa bagian sekring. Letak dari penyebutan lampu check engine pada setiap mobil sangat beragam dan bervariasi.

Pada saat lampu mobil yang Anda gunakan mati total, maka segera periksa apa penyebab dari lampu indikator mati tersebut. Ketika sekring bermasalah dan ternyata Anda tidak punyai Engine Control Unit, jangan ragu untuk meminjamkan aki dari mobil lainnya.

Fungsi dari peminjaman aki pada jenis mobil lainnya bertujuan untuk memastikan apakah check engine masih bisa menyala atau tidak. Ketika sudah tidak bisa menyala, maka Anda bisa sesegera mungkin melakukan perbaikan pada bengkel mobil.

  1. Memeriksa Semua Bagian Kabel

Mobil mempunyai banyak kabel yang harus dirawat oleh para penggunanya. Selain itu, kabel mobil juga mempunyai peran dan fungsi masing- Ketika terjadi kesalahan pada kabel mobil sangatlah berbahaya.

Bahkan, dengan terjadinya permasalahan pada mobil juga bisa mengakibatkan terjadinya konslet listrik. Untuk kondisi kabel yang sudah jelek dan putus bisa mengganggu dalam suplai arus listrik.

Sedangkan, untuk Anda yang belum banyak tahu perihal seluk beluk dari bagian kabel kelistrikan pada mobil akan lebih baiknya untuk meminta bantuan pada bengkel terdekat. Akan tetapi, untuk memilih bengkel mobil juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Apalagi, permasalahan yang dialami perihal arus listrik harus benar-benar memastikan bengkel mempunyai orang ahli di dalam bidangnya masing-masing. Mungkin, untuk di beberapa kota besar sudah banyak bengkel mobil yang dapat dipilih oleh kalangan masyarakat.

Ada salah satu bengkel mobil yang bisa Anda pilih yaitu Bengkel Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil adalah salah satu bengkel yang mempunyai layanan dalam perbaikan kelistrikan mobil mati.

Semua orang yang ada di dalam Bengkel Dokter Mobil sudah ahli di dalam bidangnya masing-masing. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat kalangan pengguna atau konsumen merasa lebih nyaman dan aman.

Apalagi, untuk di Bengkel Dokter Mobil juga memberikan fitur masa garansi. Adanya fitur garansi inilah yang membuat kalangan konsumen merasa lebih senang dan tidak ragu lagi di saat melakukan perbaikan pada Bengkel Dokter Mobil.

Waktu masa perbaikan yang dilakukan oleh Bengkel Dokter Mobil juga tidak terlalu lama dan selalu tepat. Tanpa disadari dengan hal tersebut juga membuat kalangan konsumen bisa melakukan estimasi perbaikan mobil kesayangannya.

Perlu diingat lagi Anda tidak disarankan untuk memilih bengkel mobil. Di saat Anda ingin melakukan perbaikan mengenai komponen listrik bisa langsung saka berkunjung pada Bengkel Dokter Mobil terdekat.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal kelistrikan mobil mati total. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang sedang mengalami permasalahan kelistrikan pada mobil. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil untuk melakukan pengecekan kelistrikan mobil mati secara gratis dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️