📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ingin Mendeteksi Kebocoran Freon AC Mobil? Ini Caranya!

Mendeteksi Kebocoran Freon AC Mobil

AC mobil tidak dingin biasanya karena adanya keboocoran freon AC mobil. Tapi bagaimana cara mendeteksi kebocoran freon AC? Artikel ini punya jawabannya!

Pada musim panas ini sangat menjadi momok bagi pengguna mobil jika mengalami masalah AC kurang dingin seperti biasanya. Sudah tahu apa penyebabnya?

Ya, freon merupakan komponen terpenting AC. Karena freon lah yang berperan memberikan kesejukan bagi pengguna mobil. Lalu, bagaimana jika cara mendeteksi kebocoran freon AC? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Cara Mendeteksi Kebocoran Freon AC Mobil

Mendeteksi kebocoran freon AC mobil sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan, selama paham caranya dan ada alat yang bisa digunakan.

Berikut ini adalah cara mendeteksi kebocoran freon AC mobil:

  1. Cek Tekanan Freon

Penting bagi Anda untuk menjalankan langkah-langkah perawatan yang tepat terhadap kendaraan bermotor Anda, dan salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan adalah memeriksa tekanan freon AC mobil Anda.

Penurunan tekanan freon bisa menjadi isyarat akan masalah yang memerlukan perhatian serius, dan terdapat dua faktor utama yang mungkin menjadi penyebabnya.

Faktor pertama adalah usia kendaraan.

Seiring berjalannya waktu, unsur-unsur dalam sistem pendingin AC dapat mengalami penurunan kualitas dan efisiensi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Oleh karena itu, bila kendaraan Anda sudah melayani Anda dengan setia selama bertahun-tahun, kemungkinan besar terjadi penurunan tekanan freon yang perlu Anda perhatikan.

Faktor kedua adalah perawatan yang tidak memadai.

Jarangnya melaksanakan perawatan rutin dapat berdampak serius terhadap kondisi sistem pendingin AC.

Komponen yang tidak dirawat secara teratur dapat mengalami kerusakan, dan kerusakan ini bisa menyebabkan kebocoran yang pada akhirnya memengaruhi tingkat tekanan freon.

Anda wajib datang ke bengkel Dokter Mobil. Sebab ada alat khusus yang dapat mendeteksi kebocoran freon AC mobil Anda. Apa nama alatnya?

Technco Tools

Apa fungsi dari Techno Tools ini?

Nah, alat canggih ini ditempatkan dijalur angin AC untuk mendeteksi  atau mencium bau freon didalam mobill dengan skala dari angka 1 hingga 9.

Angka 1 menerangkan bahwa masih bocor sedikit, sedangkan angka 9 sudah gejala warning untuk segera ditangani atau diperbaiki langsung.

Bagaimana jika tidak muncul angka sama sekali?

Berarti freon AC mobil Anda tidak mengalami kebocoran. Teknisi kami akan cek ke bagian selang AC dan komponen lainnya untuk mencari tahu lebih detail dan akurat penyebabnya.

Baca Juga: 27+ Tempat Service & Cuci AC Mobil Terdekat di Kota Anda

  1. Cek Oli

Tak hanya freon AC yang perlu diperhatikan, Anda juga harus mengingat peran penting oli dalam kesehatan kendaraan Anda serta sebagai cara mendeteksi kebocoran freon AC mobil Anda.

Melalui bengkel Dokter Mobil, pemeriksaan oli dilakukan dengan menggunakan alat Oli Checker.

Alat ini membantu Anda untuk memastikan bahwa baik oli maupun freon dalam kondisi yang optimal. Keduanya memiliki peran krusial dalam menjaga performa mobil Anda.

Oli Checker merupakan perangkat yang memberikan Anda keuntungan untuk memahami lebih dalam tentang kualitas oli dan freon yang digunakan oleh kendaraan Anda.

Dengan alat ini, Anda bisa melihat perbandingan secara langsung antara kualitas oli dan freon yang terpasang pada mobil Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi apakah keduanya bekerja secara presisi atau ada ketidaksesuaian yang perlu segera diatasi.

Mengapa perbandingan antara kualitas oli dan freon begitu penting? Oli memiliki peran vital dalam menjaga mesin kendaraan tetap berfungsi dengan baik.

Oli berfungsi sebagai pelumas untuk bagian-bagian mesin yang bergerak, mencegah gesekan berlebihan yang bisa merusak komponen.

Selain itu, oli juga membantu dalam mengatur suhu mesin dengan menyerap panas yang dihasilkan oleh gesekan.

Jika kualitas oli buruk atau jumlahnya tidak mencukupi, bisa berdampak pada performa mesin yang menurun, bahkan potensi kerusakan yang lebih serius.

Sementara itu, freon dalam sistem AC juga memiliki peran yang tak kalah penting. Freon adalah zat pendingin yang membuat udara dalam kabin kendaraan tetap dingin dan nyaman.

Namun, freon yang bocor atau jumlahnya tidak mencukupi dapat mengakibatkan penurunan kinerja AC. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa baik oli maupun freon memiliki kualitas yang memadai.

Dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat Oli Checker, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah perlu dilakukan penggantian oli atau penanganan lebih lanjut terhadap sistem AC.

Hal ini merupakan langkah preventif yang dapat menghindarkan Anda dari potensi masalah yang lebih besar dan biaya perbaikan yang lebih tinggi di masa depan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form