📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Serba-serbi Penyakit Mobil Tua: Wajib Cek Agar Tak Berabe!

Serba-serbi Penyakit Mobil Tua

Siapa yang masih setia gunakan mobil tua kemana-mana? Meskipun mungkin memiliki nilai sentimental, mobilitas menjadi masalah utama ketika mobil tua mulai mengalami kerusakan. Salah satu hal yang paling umum terjadi pada mobil tua adalah masalah di bagian-bagian mesinnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh penyakit mobil tua yang sering terjadi pada bagian mesinnya yang dapat menghambat mobilitas Anda.

Berbagai Penyakit Mobil Tua

Penyakit mobil tua bisa cukup beragam, apalagi jika mobil tua ini tak dirawat dengan telaten. Bagi Anda para pemilik mobil tua yang seringkali kebingungan jika mobil tua Anda mulai ‘rewel’, berikut adalah beberapa penyakit mobil tua yang bisa Anda cek dan perhatikan:

  1. Overheating

Overheating adalah satu penyakit mobil tua yang sering terjadi. Hal ini disebabkan oleh kegagalan sistem pendingin yang menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Seringkali, hal ini disebabkan oleh kebocoran pada sistem pendingin atau kerusakan pada termostat. Overheating dapat mengganggu mobilitas Anda dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada mesin jika tidak segera ditangani.

Overheating dapat dikenali melalui indikator suhu yang naik di dashboard mobil atau dengan adanya asap yang keluar dari kap mesin. Jika Anda mengalami overheating, segera hentikan mobil Anda di tempat yang aman dan biarkan mesin mendingin sebelum memeriksanya. Periksa kebocoran pada sistem pendingin dan pastikan termostat berfungsi dengan baik. Jika perlu, tambahkan cairan pendingin yang sesuai atau bawa mobil Anda ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

  1. Masalah dengan Sistem Bahan Bakar

Penyakit mobil tua juga rentan mengalami masalah pada sistem bahan bakarnya. Salah satu masalah umum adalah kerusakan pompa bahan bakar, yang dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Selain itu, kebocoran pada saluran bahan bakar juga sering terjadi, yang dapat menyebabkan kehilangan bahan bakar dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Jika Anda mengalami masalah dengan sistem bahan bakar, seperti kesulitan menghidupkan mesin atau kehilangan tenaga saat berkendara, segera periksa pompa bahan bakar dan saluran bahan bakar. Pastikan tidak ada kebocoran yang dapat mengancam keamanan Anda. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

  1. Kerusakan pada Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang buruk adalah penyakit mobil tua lainnya yang sering terjadi. Komponen seperti busi, kabel pengapian, atau koil pengapian yang aus atau rusak dapat mengakibatkan mesin mobil berjalan tidak lancar atau bahkan mogok. Jika mobil Anda sulit menyala atau sering mati mendadak, masalah pada sistem pengapian mungkin menjadi penyebabnya.

Periksa secara teratur kondisi busi, kabel pengapian, dan koil pengapian. Ganti komponen yang sudah aus atau rusak untuk menjaga sistem pengapian tetap berfungsi dengan baik dan cegah penyakit mobil tua. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup, konsultasikan dengan mekanik profesional yang dapat membantu memeriksa dan memperbaiki sistem pengapian mobil Anda.

Baca Juga: Penyebab Pengapian Mobil Tidak Stabil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Keausan pada Sistem Pelumasan

Sistem pelumasan yang baik sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil. Namun, pada penyakit mobil tua, komponen seperti oli mesin, filter oli, atau pompa oli dapat mengalami keausan. Jika tidak diperhatikan dengan baik, keausan pada sistem pelumasan dapat menyebabkan kebocoran oli, peningkatan gesekan, dan bahkan kerusakan permanen pada mesin.

Lakukan perawatan rutin pada sistem pelumasan mobil Anda untuk atasi penyakit mobil tua. Ganti oli mesin dan filter oli sesuai dengan rekomendasi pabrik atau interval yang ditentukan. Perhatikan tanda-tanda kebocoran oli atau penurunan tekanan oli. Jika Anda mencurigai adanya masalah pada sistem pelumasan, segera periksakan ke bengkel untuk diperbaiki.

  1. Keausan pada Timing Belt atau Rantai Distribusi

Timing belt atau rantai distribusi adalah komponen yang mengendalikan gerakan katup pada mesin mobil. Pada penyakit mobil tua, keausan pada timing belt atau rantai distribusi sering terjadi. Jika komponen ini rusak atau putus, dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan mengganti timing belt secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Pastikan untuk memeriksa kondisi timing belt secara teratur. Periksa apakah ada retakan, keausan, atau ketegangan yang tidak memadai. Jika timing belt terlihat aus atau retak, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah risiko kerusakan mesin pada penyakit mobil tua yang lebih serius.

  1. Masalah pada Sistem Transmisi

Sistem transmisi yang buruk juga dapat menghambat mobilitas mobil tua. Transmisi otomatis yang tersendat atau sulit berpindah gigi, atau kopling manual yang aus, adalah penyakit mobil tua yang sering terjadi. Jika sistem transmisi tidak berfungsi dengan baik, mobil mungkin sulit untuk dipercepat atau kehilangan tenaga secara tiba-tiba.

Perhatikan tanda-tanda masalah pada sistem transmisi, seperti perpindahan gigi yang tidak lancar, suara aneh saat mengoperasikan transmisi, atau perubahan dalam respons kendaraan. Jika Anda mengalami masalah ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel yang dapat melakukan diagnosis dan perbaikan pada sistem transmisi.

  1. Kerusakan pada Sistem Rem

Sistem rem yang berfungsi dengan baik adalah hal yang sangat penting untuk keamanan dan mobilitas Anda. Pada penyakit mobil tua, komponen rem seperti kampas rem, cakram rem, atau silinder rem sering mengalami keausan atau kerusakan. Jika rem tidak berfungsi dengan baik, risiko kecelakaan meningkat secara signifikan.

Periksa keausan pada kampas rem dan kondisi cakram rem secara teratur. Jika Anda melihat tanda-tanda keausan berlebihan atau kerusakan pada sistem rem, segera ganti komponen yang rusak atau aus. Jangan menunda perbaikan pada sistem rem, karena keselamatan Anda sangat tergantung pada kinerja yang baik dari sistem ini.

  1. Keausan pada Sistem Suspensi

Sistem suspensi yang buruk dapat mengakibatkan kenyamanan berkendara yang buruk dan mengurangi kendali atas mobil. Pada penyakit mobil tua, komponen suspensi seperti per, shock absorber, atau bantalan karet sering mengalami keausan. Jika suspensi tidak berfungsi dengan baik, mobil dapat menjadi tidak stabil saat melaju atau menghadapi jalan yang tidak rata.

Periksa keausan pada komponen suspensi dan perhatikan tanda-tanda seperti getaran yang berlebihan, kebocoran, atau suara berisik saat melintasi jalan. Jika Anda mengalami masalah pada sistem suspensi, segera periksakan ke bengkel untuk mengganti komponen yang rusak dan menjaga kinerja suspensi yang optimal.

  1. Masalah pada Sistem Pengisian Aki

Sistem pengisian aki yang buruk adalah satu penyakit mobil tua yang jadi penyebab umum mobil mogok di jalan. Pada mobil tua, alternator yang rusak atau aki yang aus dapat menyebabkan aki tidak terisi dengan baik. Akibatnya, daya listrik yang dibutuhkan oleh mobil tidak dapat dipasok dengan cukup, dan mobil mungkin mati secara tiba-tiba.

Pastikan untuk memeriksa kondisi aki secara teratur. Perhatikan tanda-tanda aki yang lemah, seperti kesulitan menghidupkan mesin atau lampu yang redup. Periksa juga kabel-kabel penghubung dan pastikan tidak ada korosi atau koneksi yang longgar. Jika ada masalah pada sistem pengisian aki, segera periksakan dan perbaiki di bengkel yang terpercaya.

  1. Masalah Elektrik dan Sistem Kontrol

Kerusakan pada sistem elektrik dan sistem kontrol adalah penyakit mobil tua yang terakhir dalam daftar ini. Komponen seperti kabel penghubung, sensor, atau modul kontrol sering mengalami kerusakan atau kegagalan pada mobil tua. Masalah ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk mobil sulit untuk dinyalakan atau kinerja mesin yang tidak stabil.

Jika Anda mengalami masalah pada sistem elektrik atau sistem kontrol, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel yang dilengkapi dengan peralatan dan pengetahuan yang tepat untuk diagnosis dan perbaikan. Mekanik yang terlatih dapat membantu mengidentifikasi masalah elektrik dan memperbaikinya dengan menggunakan alat yang sesuai.

Solusi Menghadapi Masalah Mobil Tua

Meskipun mobil tua dapat mengalami berbagai penyakit pada bagian-bagian mesinnya, hal ini tidak berarti Anda harus menyerah begitu saja. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, banyak masalah dapat dihindari atau ditangani dengan cepat. Penting untuk mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh produsen mobil dan selalu memperhatikan tanda-tanda kerusakan atau ketidaknormalan pada mobil Anda.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup, konsultasikan dengan mekanik profesional yang dapat membantu memperbaiki masalah pada mobil tua Anda. Dengan perawatan yang tepat dan perbaikan yang diperlukan, Anda dapat memperpanjang masa pakai mobil tua Anda dan memastikan mobilitas yang lebih lancar.

Kesimpulan

Penyakit mobil tua pada bagian mesin seringkali menjadi hambatan dalam memenuhi kebutuhan mobilitas. Overheating, masalah dengan sistem bahan bakar, kerusakan pada sistem pengapian, keausan pada sistem pelumasan, keausan pada timing belt atau rantai distribusi, masalah pada sistem transmisi, kerusakan pada sistem rem, keausan pada sistem suspensi, masalah pada sistem pengisian aki, dan masalah elektrik serta sistem kontrol adalah beberapa masalah yang umum terjadi.

Penting bagi para pemilik mobil tua untuk memahami masalah-masalah ini dan mengambil tindakan yang tepat untuk merawat dan memperbaiki mobil mereka. Dengan perawatan yang baik dan perbaikan yang tepat waktu, mobil tua Anda dapat tetap berfungsi dengan baik dan menjaga mobilitas Anda yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form