💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

8 Penyebab Knalpot Mobil Nembak

8 Penyebab Knalpot Mobil Nembak

Knalpot mobil nembak merupakan masalah yang banyak ditemui oleh pemilik mobil. Biasanya, knalpot mobil yang nembak dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara. Namun, banyak orang tidak mengetahui penyebabnya.

Penyebab knalpot mobil nembak adalah masalah yang kompleks dan kompleks yang membutuhkan pengetahuan yang luas mengenai sistem knalpot. Beberapa faktor bisa menyebabkan knalpot mobil nembak, dan memahami penyebabnya penting untuk membantu memperbaiki masalah ini. Melalui artikel ini, akan dijelaskan penyebab utama knalpot mobil nembak dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Knalpot Mobil Nembak

Penyebab knalpot mobil nembak adalah masalah yang dapat menimbulkan banyak masalah bagi pemilik mobil. Ketika masalah ini terjadi, maka knalpot mobil akan mengeluarkan suara berisik dan menimbulkan kebisingan yang mengganggu. Selain itu, masalah ini juga dapat menyebabkan knalpot mobil lebih cepat mengalami kerusakan dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi knalpot mobil secara berkala dan melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

  1. Campuran Bahan Bakar dan Udara Tidak Sempurna

Campuran bahan bakar yang tidak sempurna dapat menyebabkan knalpot mobil nembak. Knalpot nembak terjadi ketika campuran bahan bakar dan udara yang tidak optimal menimbulkan perbedaan tekanan di sekitar ruang bakar. Ini dapat menyebabkan serangkaian kejadian yang membuat mesin kurang efisien, seperti pembakaran yang tidak sempurna atau kebocoran bahan bakar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Combustion Science and Technology menunjukkan bahwa campuran bahan bakar yang tidak sempurna dapat mempengaruhi kinerja mesin. Penelitian ini menemukan bahwa campuran yang tidak optimal menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, yang menyebabkan tekanan yang lebih tinggi di dalam ruang bakar, yang pada gilirannya dapat menyebabkan knalpot mobil nembak.

Penelitian ini juga menemukan bahwa campuran bahan bakar yang tidak sempurna dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, seperti katup, knalpot, dan bodi mesin. Jika tidak segera diperbaiki, kerusakan ini dapat mengakibatkan masalah yang lebih serius, seperti kerusakan mesin dan biaya perbaikan yang tinggi.

  1. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan knalpot mobil nembak dalam beberapa cara. Misalnya, jika bahan bakar tersebut mengandung banyak kotoran, hal ini dapat menyumbat saluran knalpot dan menyebabkan pembakaran terhambat. Jika bahan bakar yang tidak sesuai digunakan dalam jumlah yang berlebihan, hal ini juga dapat menyebabkan pembakaran berlebihan, yang berakibat pada asap beracun yang keluar melalui knalpot.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Universitas Tufts menunjukkan bahwa bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan knalpot mobil nembak. Penelitian ini menggunakan mesin bensin standar yang diisi dengan bahan bakar yang berbeda-beda. Hasilnya, mesin yang diisi dengan bahan bakar yang berbeda-beda menghasilkan asap yang berbeda. Pada saat yang sama, bahan bakar yang tidak sesuai menghasilkan asap yang lebih beracun daripada bahan bakar yang sesuai. Hasil dari penelitian ini menguatkan bahwa bahan bakar yang tidak sesuai dapat menyebabkan knalpot mobil nembak.

  1. Kondisi Knalpot Mobil Tidak Prima

Komponen knalpot mobil yang rusak atau usang dapat menyebabkan nembakan pada knalpot. Komponen yang rusak atau usang dapat mengurangi aliran udara yang dibutuhkan untuk proses pembakaran, sehingga menyebabkan mesin tidak bisa membakar bahan bakar secara optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Knalpot yang berdebu atau kotor juga dapat menyebabkan knalpot mobil nembak. Hal ini disebabkan oleh debu atau kotoran yang menutupi lubang knalpot, sehingga mengurangi aliran udara yang dibutuhkan untuk membakar bahan bakar secara efisien.

  1. Kinerja Sistem Pendingin Bermasalah

Jika sistem pendinginan knalpot mobil tidak bekerja dengan baik, maka knalpot mobil akan mengalami nembakan. Hal ini dikarenakan sistem pendinginan yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin panas dan tidak bisa membakar bahan bakar dengan efisien.

  1. Ada Masalah di Sistem Pembuangan

Jika sistem pembuangan mobil tidak bekerja dengan baik, maka knalpot mobil dapat mengalami nembakan. Hal ini dikarenakan sistem pembuangan yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengurangi aliran udara yang dibutuhkan untuk membakar bahan bakar dengan efisien. Akibatnya, mesin tidak bisa membakar bahan bakar dengan efisien dan menyebabkan ‘tembakan’ pada knalpot.

Baca Juga: 3 Cara Atasi Knalpot Keluar Asap Hitam yang Jarang Diketahui

  1. Memodifikasi Knalpot dan Mesin Mobil secara Tidak Bertanggungjawab

Modifikasi mesin dan knalpot mobil secara berlebihan dapat menyebabkan knalpot mobil nembak. Hal ini terjadi karena konfigurasi yang tidak benar dari sistem knalpot. Jika mesin dan knalpot mobil telah dimodifikasi dengan cara yang salah, maka dapat menyebabkan knalpot nembak. Hal ini terjadi karena aliran udara ke sistem knalpot tidak seimbang, menyebabkan kendaraan yang berlebihan. Ini dapat menyebabkan gas buang yang berlebihan dan suara berlebihan yang disebabkan oleh suara nembak.

Studi oleh Po et al. menjelaskan bahwa tingkat emisi yang berlebihan dari knalpot yang dimodifikasi secara berlebihan dapat menyebabkan efek lingkungan yang tidak diinginkan. Studi ini menunjukkan bahwa peningkatan suara nembak dapat menyebabkan knalpot mobil tidak berfungsi dengan benar. Studi ini juga mengungkapkan bahwa mesin yang dimodifikasi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan emisi yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

  1. Karburator Mobil Kotor

Ketika karburator kotor, hal ini menyebabkan terjadinya tabrakan antara bahan bakar dan udara. Ini menyebabkan adanya kelebihan bahan bakar di dalam sistem. Akibatnya, kumparan tumpah, kotoran dan karbon berlebihan menumpuk di dalam knalpot, yang menghasilkan bunyi nembak. Menurut sebuah jurnal penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Engineering and Technology (IJET), ‘nembak’ yang dihasilkan dari knalpot mobil karena bahan bakar berlebih menjadi lebih parah ketika karburator kotor. Jurnal ini menyimpulkan bahwa nembak dari knalpot mobil merupakan akibat dari karburator yang kotor.

  1. Sistem Pengapian yang Kurang Bagus

Pengapian yang tidak sempurna dapat menyebabkan knalpot mobil nembak karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. Ini menyebabkan knalpot menyimpan bahan bakar dan udara yang tidak terbakar, yang menyebabkan ledakan gas yang berlebihan. Ketika gas terlalu banyak yang terkumpul dalam knalpot, gas tersebut dapat meledak, yang akan menyebabkan knalpot untuk memberikan suara nembak.

Studi kasus yang dilakukan oleh National Institute for Automotive Service Excellence (ASE) telah menyimpulkan bahwa pengapian yang tidak sempurna adalah penyebab utama knalpot nembak. ASE menemukan bahwa kendaraan yang memiliki kinerja pengapian yang buruk lebih mungkin untuk mengalami masalah knalpot nembak, dibandingkan dengan kendaraan yang memiliki kinerja pengapian yang baik.

Perawatan Jet Clean dari Dokter Mobil, Solusi Atasi Knalpot Mobil yang Nembak

Dari beberapa penyebab knalpot mobil nembak di atas, sebagian besar disebabkan oleh menumpuknya kerak karbon dan kotoran hingga menghambat kinerja pembakaran dalam mesin. Satu-satunya cara agar masalah ini bisa diatasi adalah dengan dilakukan pembersihan secara khusus, salah satunya dengan layanan Jet Clean dari Dokter Mobil.

Dengan layanan ini, kerak-kerak karbon yang menumpuk akan luruh hingga tuntas. Performa mobil pun jadi maksimal dan kebutuhan mobilitas pun jadi dimudahkan dengan sangat optimal. Hadir dengan dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate, yang bertujuan untuk membersihkan komponen-komponen mesin. Pada varian Jet Clean Ultimate, mobil juga akan diperiksa dan diatur kembali pengaturan standar ECU nya.

Reservasi Jet Clean pun sangat mudah, cukup hubungi via WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau klik di sini) dan Anda pun bisa menikmati fitur-fitur tambahan dari layanan ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan performa mobil Anda dan pastikan untuk mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk mencoba layanan Jet Clean yang bisa membuat mobil kesayangan Anda selalu dalam kondisi prima.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Penutup

Kesimpulannya, ada banyak penyebab knalpot mobil nembak. Hal ini penting untuk diingat bahwa mobil Anda hanya akan berjalan dengan baik jika semuanya terpasang dengan benar dan dalam kondisi baik. Karena itu, pastikan untuk melakukan pemeliharaan teratur dan melakukan pengecekan rutin dengan layanan Jet Clean dari Dokter Mobil. Dengan menjaga kendaraan Anda, Anda dapat menjaga performa dan kinerjanya, serta menghindari kejadian-kejadian tak terduga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3427

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya