New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas

Penyebab Kompresor AC Mobil Cepat Panas

Penyebab Kompresor AC Mobil Cepat Panas- Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, saat terjadi kerusakan pada kompresor disebabkan oleh masalah tersembunyi dan tidak begitu terlihat yang menyebabkan sistem mendapat terlalu banyak tekanan.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Apakah pilihannya harus jual kompresor AC mobil lalu menggantinya karena harga jual kompresor AC bekas lebih murah?

Tidak harus selalu demikian.

Karena harga kompresor AC mobil yang tidak murah, penting bagi kita untuk mengetahui Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas  dan bisa rusak karena dua alasan berikut:

  • Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah yang tidak nampak tersebut, kita akan mencegah kegagalan pada kompresor AC
  • Jika kita hanya mengganti kompresor yang rusak tanpa memperbaiki masalah itu, kompresor yang baru kemungkinan akan mengalami kerusakan juga

Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas Dan Solusinya?

Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat PanasPenyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas

  1. Fan mati atau lemah

Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas  yang pertama adalah ketika fan ac maupun fan radiator mati / lemah akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan dan berpotensi membuat kompresor menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

  1.  Freon yang terlalu sedikit didalam sistem

Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freonnya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor memburuk.

  1. Terlalu banyak freon yang diisi

Apabila AC mobil kita ditangani oleh teknisi yang kualifikasinya kurang memadai lalu teknisi tersebut menambahkan terlalu banyak freon, atau bahkan menggunakan tipe freon yang salah, hal tersebut dapat berefek mematikan pada kompresor.

  1. Kebuntuan / mampet

pada dasarnya Sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus didalam sistem, apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus berkerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

  1. Oli pelumas yang tidak cukup

Anggaplah oli pelumas AC ini sebagai darah di tubuh manusia. Jika oli ini tidak cukup, sistem tidak dapat bekerja dengan benar dan segala jenis masalah dapat timbul, termasuk masalah kerusakan kompresor AC. Saat sistem terawat secara rutin oleh teknisi AC yang profesional, teknisi tersebut akan mengecek level oli dan kondisi pompa oli untuk mencegah masalah yang satu ini.

  1. Usia pemakaian

Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas  yang terakhir adalah Pengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part ac mobil anda khusus nya pada kompresor.

Solusinya ?

Solusi Penyebab Kompresor Ac Mobil Cepat Panas, coba cek apa penyebab naiknya temperatur mesin itu.

Penyebab temperatur mesin naik bisa disebabkan;

radiator mampet/bocor

– air radiator kurang

– water pump

– termostart radiator

– fan lemah

– compressor AC berat/tekanan freon terlampau tnggi

– dan faktor lainnya

Ketika AC on temperatur bisa naik belum tentu kesalahan terletak pada AC saja, malah faktor penyebabnya lebih banyak dari mesin loh…..

Lihat Juga;

Ini 5 Cara Mudah Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Rusak

Prinsipnya beban AC pada mesin itu memang besar, jadi apabila si mesin ada yang kurang sehat ditambah beban AC yang memang agak besar ini akan semakin terbebani.

Mungkin bisa kita analogikan seperti ini :

– AC mobil : beban tas 30 Kg – Mesin = orang

Apabila orang sedang sehat mungkin kalau disuruh bawa tas dengan beban 30 Kg, dan disuruh jalan 500 meter mungkin ok saja, tanpa keluhan. Namun apabila orang tersebut dalam kondisi kurang sehat, maka jika membawa tas dengan beban yang sama dan disuruh berjalan sejauh 500 meter, maka akan mengalami kesulitan.

Itulah ulasan terkait Penyebab Kompresor AC Mobil Cepat Panas. Sayangi Mobilmu Sobat DomoLovers 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 64985

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya