New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Alami Mesin Mobil Panas Saat AC Dihidupkan? Ini Sebabnya !

Alami Mesin Mobil Panas Saat AC Dihidupkan? Sobat harus tahu ini. Ketika AC menyala, beban kerja mesin mobil pun mengalami peningkatan. Agar mesin bisa terus memberikan tenaga, pembakaran bahan bakar pun terus dilakukan. Hal ini menyebabkan suhu di ruang mesin pun menjadi cepat naik.
Untungnya, tiap mobil sudah dilengkapi dengan sistem pendingin khusus untuk mejaga suhu di ruang mesin. Nah, apabila suhu mesin terus-menerus naik dengan cepat, itu berarti ada masalah yang terjadi.

Sudah tahu penyebabnya?

Penyebab Alami Mesin Mobil Panas Saat AC Dihidupkan

Beberapa penyebabnya yang wajib Sobat tahu, simak dibawah ini:

#1: Masalah pada Kompresor

Kompresor memegang peranan penting dalam sistem kerja AC mobil. Saat AC dinyalakan, maka kompresor yang letaknya berada di ruang mesin pun ikut berjalan. Mesin ini pun kemudian menghasilkan panas yang memengaruhi naik suhu.
Bila jenis kompresor yang digunakan tepat dengan spesfikasi jenis mobil, tentu tidak akan ada masalah yang terjadi. Namun apabila kompresor telah diganti atau dimodifikasi, maka beban kerjanya akan semakin berat dan panas yang dihasilkan pun dapat meningkat.
Pastikan kompresor bekerja dengan normal dan sesuai dengan spesifikasi jenis mobil.

#2: Extra Fan Kurang Baik

Suhu panas pada mesin dapat sedikit terkontrol karena adanya pertukaran suhu dari dalam ke luar dan sebaliknya. Proses ini dapat berjalan lebih cepat berkat kehadiran kipas tambahan mobil atau sering disebut sebagai extra fan.
Dengan kata lain, extra fan berfungsi untuk menjaga suhu mesin yang panas. Bila extra fantidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka hembusan angin malah akan membuat suhu mesin menjadi lebih panas. Hal ini tentu malah akan memperburuk keadaan.
Perlu Anda ketahui, freon pada AC mobil sendiri mengeluarkan panas yang dapat memengaruhi suhu mesin. Panas yang dihasilkannya pun harus disirkulasikan agar kondisi di dalam ruang mesin tetap terjaga.

#3: Kisi-Kisi Radiator Kotor

Saat extra fan tidak menjalankan tugasnya, memang masih ada radiator yang dapat membantu menurunkan suhu pada mesin mobil. Namun bila kisi-kisi radiator serta kondesor mobil dalam keadaan kotor seperti akibat debu yang menumpuk atau tertutup lumpur, maka keluar masuk udara pun jadi terhambat. Suhu pada mesin mobil pun jadi makin cepat meningkat.

Penyebab itulah yang menjadikan Mesin Mobil Panas Saat AC Dihidupkan

Bagaimana Mengatasinya?

Berikut beberapa tips yang dapat Sobat lakukan untuk mengatasi Mesin Mobil Panas Saat AC Dihidupkan, simak dibawah ini;

Periksa kondisi radiator mobil

Cek apakah air radiator ada dalam kondisi penuh.
Segera tambah apabila air di dalam radiator kurang, periksa pula kisi-kisi dan tutup radiator pastikan tidak ada kebocoran, jangan lupa juga memeriksa slang radiator mobil Anda.
Pastikan ia jauh dari kemungkinan adanya klem yang kurang kencang atau adanya pecah.

Kedua hal ini akan membuat kondisi temperatur mobil Anda panas pada saat AC dinyalakan.

Periksa apabila AC mobil hidup temperatur naik adalah tank radiator

Cadangan air di penampungan radiator harus selalu cukup dan tidak kotor. Perlu mempertimbangkan untuk menambah Long Life Cooland pada tank radiator Sobat.

Periksa Water Pump Mobil

Jangan lewatkan juga memeriksa water pump mobil Anda apabila Anda mengalami AC mobil hidup temperatur naik, pengecekan water pump dilakukan dengan cara melihat dari bawah kendaraan. Apabila memungkinkan, naikkan kendaraan anda dan periksa dari bawah apakah ada lubang angin di bawah pada bagian water pump. Apabila Anda menemukan kebocoran atau air keluar dari lobang tersebut segera ganti dengan water pump yang baru.

Perhatikan Extra Fan mobil

Fungsi extra fan adalah untuk mendinginkan kondensor AC pada mobil anda sehingga membantu agar temperatur tidak naik pada saat AC dihidupkan. Posisi extra fan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda mendinginkan dan membuang panas kondensor, jika meletakkan extra fan di depan kondensor AC mobil

Ia akan meniupkan angin dingin dari arah depan ke kondensor, jika meletakkan extre fan di belakang, extra fan dan radiator akan berdampingan membuang panas radiator dan kondensor.

ada juga jenis mobil yang menggunakan lebih dari satu kodensor atau mobil yang menggunakan motor cooling fan yang bekerja ekstra.

Baca Juga; Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Ac Hidup

Kesimpulannya?

Temperatur yang naik pada saat Anda menyalakan AC mobil Anda dapat disebabkan oleh beberapa hal dan penanganannya dapat dilakukan melalui beberapa hal juga, temukan penyebab dan solusi AC mobil hidup temperatur naik yang paling tepat bagi Sobat DomoLovers.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap