💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Inilah Mengapa Servis Rutin AC Mobil Perlu Dilakukan

Melakukan servis rutin untuk mobil adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Melalukan servis ini bukan hanya pada bagian mesin mobil, AC mobil juga tak boleh luput dari perhatian untuk dilakukan peremajaan atau servis rutin. Hal ini karena AC memiliki sebuah peran yang sangat penting di dalam mobil. Bukan hanya sekedar memberikan hawa sejuk, AC mobil juga mampu untuk menghilangkan embun di kaca pada saat mengemudi di kala hujan. Bahkan saat ini AC juga sudah menjadi fitur standar yang harus dan juga wajib dimiliki di setiap mobil keluaran terbaru.

Alasan Mengapa Servis Rutin pada AC Mobil Perlu Dilakukan

Alasan Mengapa Servis Rutin pada AC Mobil Perlu Dilakukan

Meskipun AC terbilang sangat penting di dalam sebuah mobil, sayangnya masih banyak orang yang belum mengerti cara untuk melakukan perawatan AC mobil dan sering mengabaikannya. Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan mengenai apa sebenarnya alasan AC mobil haruslah dirawat secara rutin.

  1. Untuk Menjaga Performa Mesin AC Mobil

Alasan yang pertama kenapa AC mobil haruslah rajin di servis adalah untuk menjaga performanya. Sama halnya seperti pada mesin mobil, mesin mobil harus selalu dilakukan servis secara berkala untuk menjaga performa dari mobil tersebut. Hal ini juga berlaku untuk AC mobil, perawatan AC mobil secara rutin akan bisa membuat performa dari mesin AC selalu prima. Sehingga, dengan begitu AC mobil juga akan bisa lebih awet dan juga tidak gampang rusak.

Mobil yang selalu digunakan secara rutin, akan bisa menyebabkan komponen yang ada didalam mesin menjadi lebih cepat aus. Salah satunya adalah pada komponen seperti AC mobil. Yang mana, di dalam mesin AC mobil ini terdapat banyak sekali bagian, misalnya filter, oli AC, dan juga kondensor serta lainnya. Dengan Anda melakukan service AC mobil secara rutin.

Maka, akan secara otomatis membuat setiap bagian dari mesin AC tersebut akan di bersihkan dan juga di isi ulang oleh teknisi. Hal ini tentunya akan bisa bermanfaat untuk menjaga performa mesin AC mobil kita. Sehingga, AC bisa selalu bekerja dengan maksimal dalam mendinginkan kabin.

Baca Juga: 6 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

  1. Agar Dapat Mengetahui Kondisi Mesin AC Mobil

Alasan selanjutnya kenapa AC mobil haruslah rajin di servis, tentu saja untuk mengetahui kondisi dari mesin AC tersebut. Seperti yang diketahui, AC mobil memiliki fungsi utama untuk mendinginkan mobil pada saat kita berkendara di cuaca yang panas. Dengan adanya AC mobil ini, maka para pengendara di dalam mobil akan bisa tetap nyaman pada saat bepergian. Hal ini juga menunjukkan bahwa AC mobil memiliki peran yang penting untuk kenyamanan para penumpang.

Oleh karenanya, menjaga AC agar bisa tetap bekerja dengan baik dan tidak rusak jelas hal yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan servis ini. Dimana dengan kita melakukan servis secara rutin, kita juga akan bisa mengetahui tentang kondisi mesin dari AC tersebut. Service AC mobil yang dilakukan secara rutin ini juga berfungsi untuk bisa mengetahui kerusakan yang terjadi pada AC sejak dini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Sehingga, dengan kita mengetahui kerusakan yang ada meskipun sangat kecil. Kita akan bisa dengan cepat memperbaikinya. Dengan begitu kerusakan pada komponen yang bermasalah tersebut bisa segera diperbaiki dan tidak akan mengganggu kinerja komponen lainnya. Terlebih, sampai menimbulkan kerusakan lain yang jauh lebih parah pada mesin.

  1. Untuk Menghindari Bau pada AC Mobil

Salah satu fungsi dari melalukan servis AC secara rutin selanjutnya adalah untuk menghindari munculnya bau pada AC. Mungkin, beberapa dari Anda pernah mengalami mencium bau tidak menyenangkan saat berkendara. Dimana, bau tersebut sangat menggangu dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Bau yang muncul pada AC mobil ini, dapat disebabkan karena filter AC mobil yang sudah kotor dan tidak pernah diganti.

Di dalam service AC mobil yang dilakukan secara berkala. Penggantian dari filter AC ini sangat dianjurkan, karena mengingat dari fungsi filter itu sendiri. Dimana filter AC berguna untuk menyaring bakteri dan juga debu yang masuk melalui udara. Sehingga dengan adanya filter ini, udara yang keluar dari AC akan bisa jauh lebih bersih.

Tetapi, apabila AC mobil Anda tidak pernah dilakukan servis rutin. Maka, filter AC ini tentunya akan menjadi sangat kotor dan karena kotoran serta bakteri itulah yang menimbulkan adanya bau yang tidak sedap. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk melakukan servis dan ganti filter AC untuk menghindari munculnya bau mengganggu dari AC. Selain dengan itu, service AC mobil yang dilakukan secara rutin ini juga sangat direkomendasikan.

Karena, servis ini juga berguna untuk membersihkan bagian pada AC seperti kondensor, evaporator, dan juga blower. Dimana pada bagian tersebut, apabila mereka tersumbat juga akan mengakibatkan munculnya bau yang tidak sedap pada saat AC dinyalakan.

Baca Juga: Faktor Utama Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

  1. Menghindari AC Mati Secara Tiba-tiba

Manfaat selanjutnya dari rajin melakukan servis rutin pada AC adalah untuk menghindari AC mati secara mendadak. Apakah Anda pernah mengalami AC mobil yang mati secara mendadak? Biasanya ini terjadi pada saat Anda sedang melaju di jalan. Dimana hal ini tentunya akan sangat menjengkelkan bagi Anda.

Terlebih lagi, jika posisi saat Anda sedang berkendara tersebut di siang hari yang terik. Pastinya, dengan AC mobil yang mati Anda akan merasa sangat kepanasan dan juga tidak nyaman. Oleh karena itu, untuk menghindarinya sebaiknya Anda melakukan servis AC dengan rutin. Seperti yang diketahui, bahwa kegagalan yang terjadi pada sistem mesin AC mobil dapat diakibatkan karena adanya kelalaian dalam melakukan service berkala.

Sehingga, apabila kendaraan Anda rajin dilakukan perawatan secara rutin dan berkala. Hal yang seperti ini, tentunya akan dapat terhindar. Sebabn, dengan melakukan servis secara rutin, setiap kerusakan kecil dan permasalah yang ada akan bisa terdeteksi lebih awal, sehingga resiko seperti AC mobil mogok akan dapat dikurangi.

  1. Dapat Memperpanjang Usia Pakai AC Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa melakukan servis rutin untuk AC mobil sangatlah penting. Karena dengan melakukan servis rutin, kita bukan hanya bisa menjaga performa mesin. Tetapi juga dapat mendeteksi kerusakan yang terjadi lebih awal sekecil apapun. Dengan manfaat melalukan servis rutin yang seperti itu, maka ini juga berarti bisa membuat usia pakai AC menjadi lebih lama dan awet.

AC mobil yang selalu dilakukan servis rutin akan lebih jarang mengalami masalah. AC juga akan cenderung lebih terhindar dari kerusakan baik kecil ataupun besar. Sehingga, hal ini akan bisa membuat AC mobil menjadi lebih panjang umur. Sebab, dengan melakukan servis, maka kerusakan sekecil apapun akan bisa lebih cepat untuk ditangani guna menghindari resiko kerusakan yang jauh lebih parah.

Pentingnya Melakukan Servis Rutin AC Mobil di Bengkel Terpercaya

Setelah mengetahui tentang pentingnya melakukan servis rutin terhadap AC, Anda juga harus tahu tempat melakukan servis rutin AC mobil yang terpercaya. Tempat servis AC mobil yang terpercaya dan profesional yang bisa Anda tuju adalah Dokter Mobil.

Sudah sejak lama dikenal sebagai bengkel spesialis AC mobil, Dokter Mobil melayani berbagai permasalahan seputar AC mobil, mulai dari AC mobil yang tak dingin hingga pembersihan untuk evaporator yang kotor. Menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi serta ditangani oleh teknisi yang ahli, Dokter Mobil juga mengantongi sertifikasi standar ISO 9001:2015 Quality Management System sebagai ‘penjamin’ kualitas mutunya dalam melayani berbagai permasalahan pengguna mobil seputar AC mobilnya.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Tertarik untuk lakukan servis rutin AC mobil Anda di Dokter Mobil? Reservasi layanannya sekarang melalui WhatsApp (klik di sini) atau mengisi formulir reservasi online (klik di sini). Lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah, customer service Dokter Mobil akan mencatat reservasi Anda dan Anda pun bisa langsung menuju cabang Dokter Mobil yang dituju untuk lakukan servis AC mobil tanpa harus antre layaknya bengkel biasa.

Dokter Mobil juga menyediakan Free General Checkup hingga di 32 titik untuk setiap reservasi layanan service AC mobil, sehingga Anda bisa lebih paham mana komponen mobil yang berpotensi alami kerusakan untuk segera dilakukan tindakan pencegahan.

Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda untuk lakukan servis rutin AC mobil Anda. Karena servis rutin untuk AC mobil di Dokter Mobil, pasti beres!

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4574

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya