📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Seringkali Terabaikan, Perhatikan Ini saat ke Bengkel Servis AC Mobil

Seringkali Terabaikan, Perhatikan Ini saat ke Bengkel Servis AC Mobil

Membawa mobil ke bengkel untuk lakukan servis AC tentu adalah pilihan yang tepat. Mengingat ada banyak komponen yang tersusun dalam AC mobil, sehingga perlu penanganan yang ekstra hati-hati saat melakukan perawatan dan perbaikan AC mobil. Anda perlu perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil.

Tak hanya memerlukan kecermatan dalam memilih bengkel servis AC mobil, tapi juga ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil. Karena seringkali penggunaan yang salah pada mobil Anda pribadi pun bisa turut berdampak pada kerusakan AC mobil. 

Perhatikan Ini saat ke Bengkel Service AC Mobil

Perhatikan Ini saat ke Bengkel Service AC Mobil

AC yang mudah rusak biasanya akibat dari kurangnya perawatan yang rutin dari pengendara. Oleh karena itu, penggunaannya juga sebaiknya diperhatikan. Maka perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil  untuk dapat membantu Anda sebelum kondisi AC harus dibawa ke bengkel AC mobil.

  1. Perhatikan Kondisi Kondensor AC Mobil

Pada saat mencuci mobil, buka kap mesin dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC (bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator). Apabila kotoran atau debu yang menempel dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga pada bagian kondensor menjadi bocor.

  1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil, Agar AC Mobil Selalu Prima

Jagalah selalu kebersihan kabin mobil dari debu dan kotoran, terutama pada lembar karpet yang terletak di bagian depan. Karena debu dan kotoran yang hinggap di bagian ini mudah tersedot ke dalam evaporator, sehingga terjadi jamur dan spora yang akan berdampak buruk pada kesehatan dan pernafasan. 

Selain itu, jamur dan spora yang tumbuh akibat debu dan kotoran yang terhisap ke dalam evaporator ini menimbulkan bau yang tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan. Maka dari itu, bersihkan lembar karpet pada mobil Anda secara teratur agar terbebas dari debu dan kotoran yang menyebabkan jamur pada AC mobil.

Baca Juga: Cara Merawat Kabin Mobil Tetap Bersih

  1. Memperhatikan Kondisi Extra Fan

Setiap kondisi AC mobil perlu diperhatikan dengan cermat agar terhindar dari kerusakan yang semakin parah, termasuk dengan kondisi extra fan pada AC mobil Anda. 

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Periksalah extra fan atau kipas yang ada di depan kondensor pada saat AC dihidupkan. Bila tidak menyala sebaiknya segera ganti. Penting untuk perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil karena akan mengakibatkan kompresor rusak atau selang high press bisa meledak.

  1. Hidupkan AC Mobil saat Mesin sudah Stabil

Sebelum menghidupkan mesin mobil, sebaiknya AC mobil jangan dulu dinyalakan. Sesudah mesin stabil, baru hidupkan AC. Begitu juga sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila hendak mematikan mesin. Jangan memaksimalkan beban AC terutama saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

Dengan perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil, tentu dapat membuat masa pakai AC Anda jadi lebih lama. 

  1. Memarkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

Pilih tempat parkir yang lebih teduh saat parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil, karena saat di bengkel seringkali kita hanya memarkirkan di mana saja mengingat pengguna mobil lebih terfokus pada penyelesaian permasalahan mobilnya. Padahal hal ini juga turut memperparah masalah AC mobil yang ada, lho. 

Jika di tempat panas biasanya ketika pengemudi masuk, ruang di dalam cukup panas dan mengakibatkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari

  1. Hindari Merokok di dalam Mobil

Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator, kandungan nikotinnya lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tidak sedap dan susah hilang.

Apabila ingin merokok, sebaiknya menepi di suatu tempat terbuka dan lakukan saat berada di luar mobil. Penting bagi Anda untuk perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil, karena banyak pengguna mobil yang mengeluhkan AC mobilnya bermasalah dan saat diperiksa hal ini disebabkan oleh asap rokok yang tersedot ke dalam AC mobil. 

  1. Tidak Menggunakan Parfum AC Mobil dengan Kualitas yang Buruk

Jangan menggunakan pengharum mobil yang tidak jelas mutunya, sebab akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Jangan pula memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah.

Selain itu, hindari pula untuk menggunakan parfum cair untuk AC mobil. Anda perlu perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil, karena banyak AC mobil yang bermasalah akibat uap parfum mobil yang tersedot ke dalam AC mobil dan mengendap di bagian kondensor. 

Pentingnya Melakukan Perawatan AC Mobil Rutin di Bengkel Spesialis AC Mobil yang Terpercaya

Setelah memahami hal-hal yang perlu dilakukan perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil. Ini menjadi penanda betapa pentingnya melakukan perawatan AC mobil secara rutin, karena dari kesalahan pengguna mobil pada AC mobil saja bisa berdampak pada kerusakan di bagian AC mobil. 

Penting pula untuk melakukan perawatan AC mobil di bengkel spesialis AC mobil terpercaya, seperti Dokter Mobil. Sudah dikenal luas sebagai bengkel spesialis AC mobil, Dokter Mobil menyediakan layanan perawatan dan perbaikan AC mobil yang kualitasnya sudah sangat terjamin. 

Setiap pelayanan yang ada di servis AC mobil Dokter Mobil hanya menggunakan peralatan berteknologi canggih serta ditangani langsung oleh teknisi yang berpengalaman andal dan ahli, sehingga potensi kerusakan sangat minim terjadi. 

Selain itu, Dokter Mobil juga sudah mengantongi sertifikasi internasional standar ISO 9001:2015 Quality Management System. Hal ini membuat kualitas layanan di Dokter Mobil sudah sesuai dengan standar kualitas layanan konsumen, sesuai dengan peraturan yang berlaku, hingga sesuai dengan tujuan lingkungan. Tentu hal ini membuat kualitas layanan di Dokter Mobil jadi semakin terjamin. 

Tertarik untuk coba langsung kehebatan servis AC mobil di Dokter Mobil, reservasi layanannya sekarang melalui WhatsApp (klik di sini) atau isi formulir reservasi (klik di sini). Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat, karena Dokter Mobil sudah hadir di beberapa daerah di seluruh Indonesia. 

Penutup

Demikian informasi mengenai hal-hal yang perlu perhatikan ini saat ke bengkel servis AC mobil hingga pentingnya melakukan perawatan AC mobil secara berkala di bengkel spesialis AC mobil terpercaya, seperti di Dokter Mobil. 

Dengan penggunaan dan perawatan yang tepat, AC mobil tentu memiliki masa pakai yang jauh lebih awet dan tahan lama. 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!