New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
memperbaiki bumper mobil

Cara Memperbaiki Bumper Mobil Kesayangan Anda!

Cara memperbaiki bumper mobil banyak cara yang bisa anda lakukan.  Hal tersebut tergantung jenis kerusakan bumper mobil. Ada kerusakan bumper mobil yang robek, renggang, dan penyok. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki mobil yang mengalami kerusakan seperti itu? untuk mengetahuinya, lanjutkan membaca artikel berikut ini.

Sebelum membahas cara memperbaiki bumper mobil atau renggang maka kita pelajari apa itu bemper mobil? Bumper mobil adalah sebuah suku cadang mobil yang umumnya terpasang pada bagian belakang dan depan mobil maupun samping kiri atau kanan yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan maksimal pada bodi mobil supaya lebih terjaga dari terjadinya benturan. Dengan adanya bumper mobil, maka penumpang atau sopir akan menjadi lebih aman dan terlindungi dalam berkendara.

Kalau dilihat secara seksama, bumper mobil adalah sebuah aksesoris mobil yang manfaatnya tak bisa diabaikan. Keberadaannya yang berada di depan mobil membuat bumper mobil merupakan hal pertama yang dilihat orang. Dengan adanya bumper maka sebuah mobil semakin indah dipandang mata. Beberapa pemilik mobil memasang bumper dengan sedikit variasi.

Namun sebagai aksesoris mobil yang berada di depan dan belakang tak jarang bumper mobil mengalami kerusakan. Padahal fungsi dan manfaatnya sangat besar. Misalkan akibat terjadi benturan atau kecelakaan mengakibatkan bumper mobil mengalami renggang, robek, atau penyok. Kalau hal ini terjadi bagaimana yang harus dilakukan?

Fungsi Dan Manfaat Bumper Mobil

memperbaiki bumper mobil

Bumper mobil yang fungsinya sebagai aksesoris pelengkap membuat sebuah mobil semakin manis, cantik dan elegan serta keren. Tentu anda mengharapkan mobil semacam ini dengan bumper yang memperindah mobil sekaligus melindungi keamanan anda sendiri. Oleh sebab itu, tentu saja anda tidak bisa meninggalkan pemakaian dan fungsi bumper dan melepaskan begitu saja. Bumper mobil harus dikenakan pada mobil terutama bagian body mobil agar mobil tampak menarik dan indah dipandang serta melindungi mobil anda dari benturan.

Dengan demikian, walaupun terbilang sebagai aksesoris mobil pelengkap dan bukan sebagai komponen utama mobil, bumper mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi mobil anda dari tabrakan atau benturan keras sehingga  dapat menghindari dari kerusakan mobil yang sangat berat.

Adapun pembuatan dan pemasangan bumper mobil pada setiap mobil saat ini menjadi hal yang wajib. Akan tampak aneh sebuah mobil tanpa adanya bumper. Yang berguna mempercantik mobil dan melindungi mobil dari suatu benturan keras. Walapun tampak sepele, tapi fungsi dan manfaat bumper mobil sangat besar bagi anda dan mobil anda sendiri.

Adapun bumper mobil terbilang berbahan keras, sangat kokoh dan kuat dengan menggunakan bahan dasar batang besi yang terdapat di bagian belakang mobil, samping kiri dan kanan serta depan mobil.

Tampak selintas bagi orang awam, tidak mengetahui fungsi bumper ini. Namun setelah ditelusuri dapatlah diketahui fungsi bumper teramat penting bagi mobil itu sendiri  dari segi keamanan mobil dan juga estetika mobil.

Benturan atau tabrakan pada mobil mungkin saja terjadi suatu waktu. Karena yang namanya kecelakaan tidak dapat kita ketahui. Dengan adanya bumper pada mobil maka bagian yang terkena tabrakan terlebih dahulu adalah bagian bumper mobil sehingga kerusakan berat pada bagian bodi mobil dapat diminimalisir.

Seiring dengan perkembangan dunia otomotif yang semakin berkembang pesat,bagian bumper mobil tak luput dari modifikasi. Beberapa pemilik mobil melakukan modifikasi bumper mobil  supaya tampak lebih unik dan menarik. Dengan mencopot dan menyimpan bumper mobil yang asli dan menggantinya dengan bumper mobil hasil modifikasi berbahan dasar plastik.

Dengan banyaknya para penggemar bumper mobil berbahan plastik modifikasi jenis itulah membuat para pabrikan bumper mobil mengeluarkan bumper mobil berbahan plastik.

Bumper mobil hasil modifikasi yang  umumnya terbuat dari plastik dan bukan berbahan batang besi sangat diragukan kekuatannya. Sehingga fungsi melindungi mobil diragukan sekali.

Apabila terjadi benturan atau tabrakan maka bumper mobil adalah bagian yang pertama paling yang terkena benturan keras sehingga sangat mudah terjadinya peyok, pecah, hingga rusak berat sampai hancurnya bumper mobil yang berbahan plastik tersebut.

itulah akibat dari pemasangan bumper mobil berbahan plastik hasil modifikasi. Kemudian yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara memperbaiki bumper mobil yang rusak tersebut?

Cara Memperbaiki Bumper Mobil

Yang namanya musibah atau kecelakaan siapa yang tahu. Kecelakaan pada mobil dapat datang kapan saja dan dimana saja. Walaupun anda sudah berhati-hati dalam berkendaraan. Jika sudah ditentukan untuk mendapatkan musibah kecelakaan maka bisa saja terjadi. Misalkan terjadi benturan keras pada mobil anda dengan benda keras lain maka bagian komponen mobil yang pertama mengalami benturan adalah bumper mobil. Yang mana pastinya bumper mobil rentan mengalami kerusakan ringan sampai kerusakan berat. Misalkan bumper mobil penyok, terlepas atau pecah.

Namun anda tidak perlu cemas dan khawatir jika bumper mobil mengalami penyok, terlepas, atau hancur karena anda bisa memperbaikinya secara mudah. Bumper mobil mengalami kerusakan umumnya dikarenakan ketidaksengajaan. Misalkan mobil yang anda kendarai terlalu ke samping kiri atau kanan hingga menyerempet trotoar dan bahkan menabrak trotoar dan benda di depannya. Kerusakan pada bumper mobil akan terjadi setelah ini. Seperti bumper yang penyok ringan. Selama kerusakan ringan seperti penyok sedikit maka anda tidak usah membawa mobil ke ketok magic  atau bengkel mobil terdekat. Karena anda bisa memperbaiki bumper mobil yang rusak oleh anda sendiri dengan teknik yang akan diberikan ini.

Tanpa panjang lebar, berikut ini langkah-langkah cara memperbaiki bumper mobil yang penyok dan rusak ringan, antara lain:

1.Memakai hair dryer

Anda tentu mengenal dengan hair dryer. Mesin pengering rambut ini dapat dipakai untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok. Langkah pertama adalah anda mempersiapkan dua unit mesin pengering rambut. Kemudian mempersiapkan cat mobil yang warnanya sama seperti warna bumper mobil yang rusak.

Langkah berikut adalah pada bagian bumper mobil yang rusak dipanaskan oleh hair dryer hingga agak melunak. Kemudian bentuk kembali bumper mobil ke bentuk semula bisa memakai tangan anda atau palu karet. Selanjutnya cat kembali bumper mobil sesuai warna aslinya ke bagian yang rusak dan menyeluruh.

Apabila anda kesulitan dalam memperbaiki bumper mobil yang rusak maka anda bisa membawa mobil anda ke Dokter Mobil (doktermobil.com)yang menyediakan jasa layanan perbaikan body mobil sekaligus mesin mobil. Dokter Mobil menyediakan layanan jasa reparasi dan servis mobil serta jasa perawatan mobil secara lengkap dan hasil memuaskan.

Baca Juga : Berat Ngangkat Kap Mesin Mobil? Ini 3 Solusinya Engine Hood Damper

Cara Alternatif Servis Bumper Mobil

Bumper mobil yang mengalami kerusakan pada umumnya dikarenakan terjadinya benturan sangat keras pada bagian bumper mobil. Yang membuat bumper mobil penyok, sobek, patah, pecah dan rusak berat.

Namun kamu tidak usah khawatir karena kamu tak perlu memperbaiki bumper mobil dengan membawanya ke bengkel. Sebab ada Cara memperbaiki bumper mobil yang dapat anda lakukan sendiri untuk memperbaiki bumper mobil secara mudah dan praktis seperti sedia kala. Cara ini akan lebih terbukti bisa menghemat keuangan anda.

Di bengkel mobil pada umumnya biaya perbaikan bumper mobil rusak atau penyok dilihat berdasarkan tingkat kerusakannya. Jika bumper mobil rusak sangat ringan maka biaya perbaikannya sekitar Rp 100 ribu.

Untuk cara memperbaiki bumper mobil tingkat sedang seperti penyok maka biaya perbaikannya sekitar Rp 200 ribu. Sedangkan untuk kerusakan bumper mobil yang sangat berat bisa mencapai Rp 300 ribu.

Cara alternatif paling mudah untuk memperbaiki bumper mobilberbahan plastik yang rusak adalah dengan melakukan jahitan. Penjahitan dilakukan menggunakan bahan kawat bukan benang. Sehingga bumper rusak bisa diperbaiki sempurna.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk Cara memperbaiki bumper mobil dengan memakai air panas. Silahkan bumper mobil yang penyok atau rusak tersebut disiram oleh air panas.

Yang membuat bumper mobil menjadi sangat lunak. Anda bisa memperbaiki bumper mobil pada keadaan semula. Namun cara ini akan memberikan hasil maksimal jika dilakukan oleh ahlinya yang berpengalaman dalam cara memperbaiki bumper mobil.

Itulah pembahasan tentang Cara memperbaiki bumper mobil, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semua untuk mendapatkan pengetauan dan wawasan tentang cara memperbaiki bumper mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 55827

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu