New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara mendirikan bengkel mobil

Begini 6 Cara Mendirikan Bengkel Mobil yang Terpercaya

cara mendirikan bengkel mobil yang bisa dipercaya memang sulit ya sobat otomotif. Namun tidak perlu khawatir karena ini tips triknya. Tips pertama untuk mendirikan bengkel mobil adalah sobat mengetahui seluk beluk dunia otomotif. Tips kedua anda perlu mengenal seluk beluk dunia mesin mobil dan tips ketiga anda perlu membaca caranya untuk mendirikan bengkel mobil berikut ini.

Cara Mendirikan Bengkel Mobil Terbaik dan Terpercaya

cara mendirikan bengkel mobil

  1. Tentukan Modal Awal

Cara mendirikan bengkel mobil paling awal adalah menentukan berapa modal awal yang sobat otomotif butuhkan. Penentuan ini sangat penting ya, jangan sampai anda tidak menentukannya. Modal awal dalam pembuatan bengkel ini dapat berupa biaya pembangunan dan pendirian bangunan bengkel, biaya operasional, pembelian suku cadang dan oli serta pembelian perlatan dan perlengkapan bengkel.

Untuk biaya operasional yang dimaksud termasuk gaji karyawan, biaya listrik dan dana cadangan. Nah, karena biasanya di awal pembukaan bengkel keuangan belum stabil, ada baiknya anda menyiapkan dana operasional minimal untuk 3 bulan pertama. Hal ini tentu saja sebagai antisipasi jika bisnis tidak berjalan lancar.

  1. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Cara mendirikan bengkel mobil yang kedua adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan haruslah pelayanan yang terbaik. anda juga harus menjaga kebersihan dan kerapian bengkel setiap saat agar pelanggan tetap nyaman. Selalu layani pelanggan dengan ramah dan jangan pernah mengabaikan kritik saran yang disampaikan pelanggan. Jika memungkinkan anda dapat membangun ruang tunggu yang jauh dari bangunan utama dilengkapi dengan fasilitas seperti televisi, jaringan internet atau snack and drink station.

  1. Rencanakan Strategi Promosi 

Cara untuk mendirikan bengkel  yang ketiga adalah dengan merencanakan strategi promosi. Usaha bengkel anda akan lebih dikenal jika sobat aktif mengeluarkan promosi lewat strategi-strategi untuk menambah penjualan. Misalnya anda bisa menawarkan perawatan rutin kepada mobil perusahaan atau mobil pribadi dengan harga khusus atau mengikuti event otomotif dengan memberikan brosur dan kupon kepada calon pelanggan yang datang ke booth anda.

  1. Siapkan Manajemen dan Teknisi Profesional

Cara mendirikan bengkel mobil yang keempat adalah dengan menyiapkan manajemen yang sudah sesuai SOP berlaku. Serta sediakan teknisi profesional yang sistem kerjanya sistematis dan tidak bertele-tele. Anda dapat melakukan pengujian terhadap calon teknisi yang akan sobat pekerjakan. Hal ini dirasa perlu agar anda juga mengerti sejauh mana teknisi ini mengerti masalahnya dan bagaimana penyelesaiannya. Tentunya anda bisa mengetes kemampuan teknisi ini baik di lapangan dan secara teori serta bagaimana penampilan dan kerapihan teknisi juga perlu dinilai ya.

  1. Berikan Souvenir kepada Pelanggan Setia

Cara mendirikan bengkel mobil yang kelima adalah selalu memberikan souvenir kepada pelanggan yang datang lebih dari dua kali. Biasanya pelanggan akan lebih loyal jika sobat memberikan sesuatu yang istimewa. Contoh souvenir yang bisa anda berikan seperti payung, baju, topi, kalender atau gratis oli mesin misalnya. Atau anda juga bisa memberikan point reward setiap kali pelanggan berkunjung berbentuk gratis servis atau cuci mobil interior dan eksterior.

  1. Pembukuan Terperinci dan detail

Cara mendirikan bengkel mobil yang terakhir tentu saja pembukuan harus rinci dan detail. Baik pemasukan dan pengeluaran tidak ada yang miss out satu pun. Dengan mencatat pembukuan maka Anda akan meminimalisir waktu terbuang, dengan begitu anda juga lebih memahami apakah bengkel mobilnya untung atau rugi. Selain itu, anda juga dapat mengetahui akar masalah mengapa didapatkan kerugian dan dalam faktor mana.

Baca Juga : Pilihan Alternatif dan Estimasi Harga Pasang AC Mobil yang Perlu Diketahui

Nah, cara mendirikan bengkel mobil tidak sesulit yang dibayangkan bukan. Tentunya jika anda mengikuti beberapa tips diatas tidak akan sulit. Namun jika sobat mengalami kesulitan dalam membangun bisnis bengkel mobil. Mengapa anda tidak bergabung bersama Dokter Mobil saja? Dengan bergabung bersama Dokter Mobil Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya tidak perlu membangun identitas brand, legalitas yang jelas dan sistem manajemen yang sudah terpercaya serta ISO 9001: 2005 Quality Management System yang mumpuni. Kenapa tidak sekarang saja join Dokter Mobil?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!