📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobilio Boros atau Irit? Temukan Jawabannya Disini!

mobilio boros atau irit

Memilih mobil yang tepat memang tidak mudah, terutama jika Anda menginginkan mobil yang hemat bahan bakar.

Kali ini, kami akan membahas tentang Mobilio boros atau irit dan memberikan informasi yang lengkap dan akurat tentang konsumsi bahan bakar Mobilio yang dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Mobilio Boros atau Irit

Mengingat Mobilio banyak digunakan sebagai mobil keluarga, keiritan menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Jangan khawatir, kami akan membahas semuanya untuk Anda!

Jadi yuk mari simak penjelasan lengkapnya terkait Mobilio boros atau irit

Konsumsi Bahan Bakar Mobilio

Konsumsi bahan bakar merupakan faktor penting dalam memilih mobil, terutama bagi Anda yang menginginkan kendaraan yang hemat bahan bakar.

Oleh karena itu, pada bagian ini kami akan membahas konsumsi bahan bakar Mobilio dan membantu Anda menentukan apakah Mobilio termasuk mobil yang boros atau irit.

Mobilio sendiri didukung oleh mesin 1.5 liter i-VTEC yang mampu menyuguhkan tenaga hingga 118 hp. Mesin yang digunakan pada Mobilio termasuk salah satu yang efisien di kelasnya.

Berdasarkan data resmi dari perusahaan, konsumsi bahan bakar Mobilio untuk penggunaan di perkotaan adalah sekitar 15,3 km/liter.

Sedangkan untuk penggunaan di jalan tol, Mobilio mampu menempuh jarak sekitar 20,4 km/liter.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Tentu saja, konsumsi bahan bakar pada Mobilio dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gaya berkendara, beban kendaraan, kondisi jalan, dan lain sebagainya.

Namun, secara umum, Mobilio termasuk mobil yang cukup irit dalam pemakaian bahan bakar.

mobilio boros atau irit

Performa Mesin Mobilio

Performa mesin Mobilio sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Mesin yang lebih bertenaga cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros daripada mesin yang lebih rendah tenaganya.

Namun demikian, hal ini tergantung dari tipe mesin yang digunakan pada Mobilio.

Performa Mesin Mobilio MT

Untuk tipe mesin Mobilio MT, tenaga yang dihasilkan mencapai 118 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Mesin yang digunakan pada tipe ini adalah mesin 1.5L i-VTEC yang cukup bertenaga namun tetap hemat bahan bakar.

Dengan mesin ini, Mobilio MT mampu menempuh jarak 15 km/liter pada kondisi jalan raya.

Baca Juga: 6 Penyebab RPM Mobilio Naik Turun & Solusinya

Performa Mesin Mobilio CVT

Untuk tipe mesin Mobilio CVT, tenaga yang dihasilkan sama dengan tipe MT, yaitu mencapai 118 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Namun, mesin yang digunakan pada tipe ini adalah mesin 1.5L i-VTEC yang dilengkapi dengan teknologi Earth Dreams Technology.

Teknologi ini membuat mesin lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Pada kondisi jalan raya, Mobilio CVT mampu menempuh jarak 18,1 km/liter.

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa performa mesin Mobilio tidak hanya ditentukan oleh tenaga yang dihasilkan, namun juga oleh teknologi mesin yang digunakan.

Mesin dengan teknologi yang lebih modern cenderung lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memilih Mobilio yang lebih irit bahan bakar, sebaiknya pilihlah tipe CVT yang dilengkapi dengan teknologi Earth Dreams Technology.

Varian Mesin Mobilio

Mobilio hadir dengan tiga pilihan mesin yang berbeda. Pertama, mesin 1.5 L i-VTEC yang mampu menghasilkan daya sebesar 118 PS dan torsi maksimum 145 Nm.

Kedua, mesin 1.5L E i-VTEC yang menghasilkan daya sebesar 118 PS dan torsi maksimum 145 Nm.

Terakhir, mesin 1.5L RS Navi i-VTEC yang mampu menghasilkan daya sebesar 118 PS dan torsi maksimum 145 Nm.

Perbedaan antara ketiga varian mesin tersebut hanya terletak pada fitur yang disediakan pada masing-masing varian.

Namun, secara umum, ketiga mesin tersebut memberikan performa yang cukup baik dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar

Varian Mesin Konsumsi Bahan Bakar
1.5 L i-VTEC 14 km/liter
1.5 L E i-VTEC 15 km/liter
1.5 L RS Navi i-VTEC 14 km/liter

Berdasarkan tabel di atas, terlihat bahwa ketiga varian mesin Mobilio memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit dan tidak termasuk dalam kategori mobil yang boros.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi bahan bakar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaya mengemudi, kondisi jalan, dan kualitas bahan bakar yang digunakan.

Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor di atas ketika memilih varian mesin Mobilio yang tepat untuk Anda, tetapi secara umum, konsumsi bahan bakar Mobilio tergolong irit dan cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga atau mobil pribadi.

Jenis Bahan Bakar Mobilio

Jenis bahan bakar yang digunakan dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada Mobilio.

Sejumlah jenis bahan bakar tersedia untuk dipilih, namun apakah Mobilio cocok dengan semuanya atau tidak? Simak informasi lengkap berikut ini.

Mobilio menggunakan bahan bakar bensin. Meskipun demikian, tidak semua jenis bensin cocok untuk Mobilio.

Pada umumnya, Mobilio disarankan menggunakan jenis bahan bakar dengan oktan lebih tinggi, yakni pertamax atau pertamax turbo.

Hal ini dikarenakan Mobilio dirancang untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi, sehingga dapat menghasilkan performa yang lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah seperti premium atau bio pertamax, maka konsumsi bahan bakar pada Mobilio cenderung menjadi lebih boros.

Selain itu, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi juga dapat mempengaruhi performa mesin dan umur mesin Mobilio.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi, yaitu bahan bakar dengan oktan lebih tinggi seperti pertamax atau pertamax turbo.

Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai, Anda dapat memastikan Mobilio Anda berjalan sesuai dengan performa terbaiknya dan menghemat konsumsi bahan bakar secara signifikan.

Berapa Liter Full Tank Mobilio

Kapasitas tangki bahan bakar Mobilio bervariasi tergantung pada varian mesin yang digunakan. Berikut adalah daftar kapasitas tangki dan estimasi jarak tempuh untuk setiap varian mesin Mobilio:

Varian Mesin Kapasitas Tangki Estimasi Jarak Tempuh
Mobilio 1.5L S MT 42 liter 672 km
Mobilio 1.5L E MT 42 liter 672 km
Mobilio 1.5L E CVT 42 liter 672 km
Mobilio 1.5L Prestige CVT 40 liter 640 km
Mobilio 1.5L RS CVT 40 liter 640 km

Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak bensin yang dapat dimasukkan ke dalam tangki Mobilio, Anda dapat mengisi tangki hingga bensin mencapai bagian atas indikator pengukur bahan bakar.

Dengan mengetahui kapasitas tangki dan estimasi jarak tempuh, Anda dapat menghitung berapa liter bahan bakar yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan tertentu.

Tetap berhati-hati saat mengemudi dan pastikan untuk mengisi bahan bakar sesuai dengan kapasitas tangki yang disarankan.

Apakah Mobilio Bisa Isi Pertalite

Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pembeli Mobilio. Jawabannya adalah ya, Mobilio dapat menggunakan bahan bakar pertalite.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan bahan bakar tertentu dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar Mobilio.

Untuk memastikan efisiensi bahan bakar yang optimal, kami merekomendasikan penggunaan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan Mobilio.

Dalam hal ini, Honda merekomendasikan penggunaan bahan bakar RON 92, yang dapat ditemukan di SPBU di Indonesia.

Bahan bakar ini memiliki kandungan oktan yang cukup untuk menjaga performa mesin Mobilio sekaligus tetap menjaga efisiensi bahan bakar.

Memilih bahan bakar yang sesuai dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar Mobilio, dan pada akhirnya membantu menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar Mobilio

Jika Anda ingin mengurangi pengeluaran dan menghemat bahan bakar pada Mobilio, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Pastikan mesin dalam kondisi yang baik dengan melakukan perawatan secara berkala, seperti mengganti oli dan filter udara. Mesin yang sehat akan lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar.
  • Hindari memuat kendaraan dengan berat yang berlebihan, karena hal ini dapat memperberat beban mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.
  • Jangan suka mempercepat atau mengerem mendadak, karena hal ini dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.
  • Hindari penggunaan AC atau gunakan dengan bijak. AC merupakan salah satu komponen yang memakan bahan bakar cukup banyak. Gunakan AC hanya ketika diperlukan dan jangan terlalu dingin.
  • Pilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Tentukan jenis dan kualitas bahan bakar yang tepat untuk Mobilio Anda.
  • Gunakan gigi yang sesuai dengan kecepatan kendaraan dan jangan lupa untuk mengganti ke gigi yang lebih tinggi apabila kecepatan sudah mencukupi, hal ini akan membantu menghemat bahan bakar.
  • Hindari mengendarai Mobilio pada kecepatan tinggi atau terlalu rendah. Mobilio paling hemat menggunakan kecepatan sedang antara 60-80 km/jam.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi penggunaan bahan bakar pada Mobilio dan menjadikannya lebih irit.

Jangan lupa untuk tetap mengedepankan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara ya!

mobilio boros atau irit

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

jenis mobil self loader truck

Mobil Self-Loading Tow Truck

Mobil Self-Loading Tow Truck adalah solusi inovatif yang memungkinkan Anda memuat dan menurunkan kendaraan sendiri tanpa operator tambahan. Dengan harga yang terjangkau dan berbagai keunggulan,

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!