📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Dampak Gram Besi pada Oli dan Solusinya yang Ampuh

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Sebagai pelumas mesin, oli mesin menjadi salah satu komponen mobil yang patut jadi perhatian para pengguna mobil. Karena ringan tidaknya tarikan mesin hingga kelancaran akselerasi dapat berpengaruh oleh adanya oli mesin. Sehingga dari mulai pemilihan merek oli hingga perawatan saat penggantian oli mesin pun menjadi hal yang perlu banyak diperhatikan.

Oli yang kualitasnya kurang bagus dapat memberikan permasalahan pada mesin mobil. Karena oli mesin sendiri sudah menjadi “darah” bagi mesin mobil. Salah satu permasalahan pada oli mesin adalah gram besi yang mengakibatkan oli menjadi kotor. Simak informasi seputar oli kotor akibat gram mesin hingga penjelasan seputar Magnetto, alat yang membantu mengentaskan permasalahan oli mesin yang kotor akibat gram mesin. 

Mari disimak!

Apa itu Gram Besi?

oli kotor karena gram besi

Adanya mesin yang beroperasi tentu yang membuat mobil bisa melaju dengan prima. Komponen mesin yang bekerja dan beroperasi ini terjadi dengan adanya gesekan-gesekan antar komponen mesin. 

Gesekan-gesekan ini akan menimbulkan partikel-partikel bernama gram besi. Jika Anda sering melihat oli yang kotor dengan adanya partikel-partikel seperti pasir, itulah bentuk dari gram-gram besi pada oli mesin. 

Sebenarnya gram besi pada oli mesin memang sangat wajar, karena mustahil jika pergesekan antara komponen mesin tidak menimbulkan partikel gram-gram besi. Namun bukan berarti gram besi pada oli mesin ini tidak menyebabkan kerugian apapun.

Partikel gram-gram besi yang sangat kecil, biasanya berukuran 3 sampai 4 mikron, akan dengan mudah masuk ke dalam oli mesin sehingga oli yang sebelumnya masih murni pun bisa terkontaminasi dan menjadi kotor. 

Saat oli yang kotor akibat kontaminasi dari partikel gram-gram besi, hal inilah yang akan terjadi pada mesin mobil Anda. 

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Dampak Gram Besi di Oli Mesin pada Mobil

  • Tarikan Mesin Jadi Terasa Kurang Bertenaga

Tarikan pada mesin mobil yang awalnya terasa enteng kemudian jadi terasa berat dan bertenaga bisa jadi disebabkan karena gram-gram besi yang mulai mengkontaminasi oli mesin. 

Gram-gram besi yang partikelnya kecil akan menyumbat di beberapa spot di mesin, seperti sela-sela mesin serta nosel serat saluran oli. Performa pelumasan pada mesin pun jadi kurang maksimal dan mengakibatkan tarikan pada mesin jadi terasa kurang prima.

Di beberapa kejadian, seringkali hal ini juga mengakibatkan munculnya suara-suara bising dari dalam mesin akibat partikel-partikel yang menyumbat. 

  • Timbulnya Kerak pada Permukaan Dalam Mesin

Gram-gram besi yang timbul karena pergesekan pada mesin ini jika semakin banyak maka akan menumpuk di permukaan mesin. Selain itu, oli yang kotor akibat dari proses pembakaran pun akan turut tercampur dengan gram besi yang ada. 

Penumpukan gram-gram besi serta kotoran lain ini akan menjadi kerak pada bagian permukaan mesin yang akan sulit dibersihkan dengan cara biasa. Tanda dari mulai banyaknya penumpukan kerak pada mesin mobil ini dengan mobil terasa menggelitik saat melaju. 

Jika dibiarkan, kerak ini akan merusak mesin sehingga Anda pun perlu merogoh kocek lebih dalam untuk penggantian komponen mesin yang rusak. 

  • Konsumsi Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Partikel gram besi yang mengkontaminasi oli akan menghambat proses pembakaran. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, oli yang terkontaminasi ini akan membuat tarikan mesin jadi terasa berat hingga kurang bertenaga. 

Tarikan mesin yang tak bertenaga ini akan membuat kinerja mesin jadi dipaksa untuk lebih maksimal yang berujung pada konsumsi bahan bakar juga yang lebih banyak. Sehingga akibat dari oli mesin yang terkontaminasi oleh gram besi, konsumsi bahan bakar mobil pun jadi lebih boros dibandingkan sebelumnya.

  • Mesin Sering Mengalami Overheat

Selain berfungsi sebagai pelumas bagian-bagian mesin, oli mesin juga berguna untuk menyerap panas dari mesin. Sehingga kondisi oli turut berpengaruh pada kemampuannya dalam menyerap panas dari mesin. 

Pada oli yang kotor, terutama karena kontaminasi dari partikel-partikel gram besi, kemampuan oli dalam menyerap panas tak akan sebaik oli yang kualitasnya masih baik dan murni. 

Jika kemampuan oli dalam menyerap panas mesin berkurang, maka suhu panas pada mesin akan menjadi berlebih dan justru menyebabkan permasalahan pada mobil. Permasalahan yang biasanya ditimbulkan adalah mobil yang mogok secara tiba-tiba saat melaju di jalan. 

Permasalahan seperti ini tentu akan sangat menyulitkan karena menghambat aktivitas Anda di saat mobil sedang begitu dibutuhkan. 

Baca Juga: Mesin Mobil Overheat, Rekomendasi Bengkel Cikarang yang Tepat Untuk Kalian 2022

  • Usia Mesin pada Mobil Jadi Lebih Singkat

Gram-gram besi yang menumpuk akan berubah menjadi kerak pada permukaan mesin jika tak segera ditanggulangi. Untuk dampak kedepannya jika tak segera diantisipasi, tentu kondisi mesin akan berpengaruh sehingga menjadi rusak dan butuh untuk dilakukan pergantian. 

Awalnya mesin mobil yang diprediksi dapat bertahan lama, kini usianya jadi lebih pendek dari yang diprediksi hanya karena gram-gram besi pada oli mesin yang tak segera ditanggulangi. Tentu Anda tak mau mobil yang awalnya dapat digunakan dalam jangka panjang kini hanya dapat digunakan dalam waktu yang singkat saja, bukan?

Magnetto, Elemen Kecil Solusi Permasalahan Gram-gram Besi pada Oli Mesin

magnetto, solusi atasi gram besi pada oli

Karena pergesekan pada bagian mesin itu akan selalu terjadi selama mesin mobil masih beroperasi, maka partikel gram-gram besi ini pun akan tetap selalu ada pada mesin mobil Anda. 

Jika dalam jumlah yang sedikit, hal ini tak akan berpengaruh pada mobil Anda. Tapi jika partikel-partikelnya sudah sangat menumpuk, maka berpotensi untuk menyebabkan permasalahan pada mobil seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Biasanya saat dilakukan penggantian oli mesin, filter oli akan turut diganti karena dirasa kurang efektif. Banyak partikel gram-gram besi yang menempel di filter menjadi sebab mengapa fungsinya sudah menurun dan harus diganti dengan yang baru.

Namun partikel-partikel ini tetap selalu bertambah jumlahnya seiring dengan pergesekan pada bagian mesin, selain itu ukurannya pun bisa sangat kecil hingga tak dapat tersaring dengan baik oleh filter oli. Maka perlu ada satu solusi agar gram-gram besi dapat dikumpulkan di satu titik saja sehingga tak mencemari oli mesin yang dapat berpengaruh pada kualitasnya.

Produk dari Dokter Mobil bernama Magnetto bisa jadi solusi andalan pada mobil kesayangan Anda dalam mengentaskan permasalahan penumpukan gram-gram besi pada oli mesin mobil. Dengan daya magnet yang 10x lebih kuat dari magnet biasa, Magnetto dapat menarik partikel gram-gram besi pada oli mesin sehingga tak mencampuri oli mesin dan masuk ke dalam ruang mesin. Proses pelumasan pun jadi jauh lebih optimal.

Proses pemasangan Magnetto pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menempelkan Magnetto ke bagian filter oli mesin mobil Anda. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan Magnetto ini. Magnetto hanya bisa menempel di filter oli yang berbentuk catridge. Sehingga untuk hasil yang lebih optimal, maka lebih baik memasangkan Magnetto hanya pada filter oli yang berbentuk catridge saja agar daya tarik magnetnya lebih kuat.

Agar kualitas oli mesin tetap prima dan terhindar dari partikel gram-gram besi yang mengontaminasi dan masuk ke ruang mesin mobil Anda, gunakan Magnetto yang akan secara INSTAN menarik partikel gram-gram besi yang pada oli dengan daya tarik kuat 10x dari magnet biasa.

Tertarik untuk rasakan fitur hebatnya? Hubungi kontak Dokter Mobil dengan melakukan reservasi (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi yang sangat lengkap seputar Magnetto. Karena di beberapa waktu tertentu, ada banyak promo-promo menarik untuk berbagai produk dan layanan dari Dokter Mobil, seperti Magnetto ini. 

Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk mendapatkan Magnetto ini sekaligus bisa dipandu proses pemasangannya oleh para teknisi-teknisi yang ada.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Percayakan selalu permasalahan pada mobil kesayangan Anda dengan memilih produk dan layanan di Dokter Mobil. Apapun masalahnya, pasti beres!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8765

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *