📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Boros, Benarkah?

ac mobil bikin konsumsi bbm boros

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai perihal AC mobil bikin konsumsi BBM boros. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan perihal konsumsi BBM bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

AC mobil menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh kalangan masyarakat, khususnya pemilik mobil. Fungsi dari AC mobil adalah membuat dalam kabin dingin atau tidak kepanasan.

Selain itu, dengan kondisi kabin yang dingin bisa memberikan kenyamanan pada pengemudi maupun penumpang di saat berkendara. Sampai dengan saat ini masih ada satu pertanyaan yang sering muncul yaitu apakah AC mobil bikin konsumsi BBM boros.

Penyebab AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Boros

ac mobil bikin konsumsi bbm boros (2)

Menggunakan AC mobil kini menjadi salah satu penyebab mobil boros dalam konsumsi BBM. Beberapa penyebab AC mobil bikin konsumsi BBM boros yang harus Anda ketahui adalah:

  1. Menyalakan AC Dalam Waktu yang Terlalu Lama

Penyebab utama konsumsi BBM boros adalah penggunaan AC mobil dengan jangka waktu yang lama. Selain itu, kenapa hal tersebut bisa terjadi karena mesin mobil menjadi panas dan membuat kinerja AC lebih kerasa lagi.

Pada saat Anda menggunakan mobil dengan jangka yang lama, seharusnya bisa berhenti sejenak supaya mesin tidak terlalu panas. Mengistirahatkan mobil kini menjadi salah satu cara supaya kompresor ac mobil bisa bekerja lebih ringan. Selain itu, dengan hal tersebut juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit lagi.

  1. Komponen AC Mengalami Kebocoran

Komponen AC yang bocor bisa membuat konsumsi bbm menjadi boros. Untuk kebocoran AC pada mobil ini bisa membuat kinerja kendaraan tidak optimal. Bahkan, dengan hal tersebut juga membuat kondisi dalam mobil menjadi tidak dingin sama sekali.

Akibat pada komponen AC mobil yang bocor ini bisa membuat tarikan mesin mobil menjadi lebih berat lagi. Paling parahnya lagi lagi dengan hal tersebut bisa membuat konsumsi bbm semakin boros.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Untuk mengatasi AC mobil bikin konsumsi BBM boros bisa dilakukan dengan membersihkan secara rutin pada semua komponen mobil. Paling tidak, untuk perawatan mobil yang dapat dilakukan kurang lebih 2 minggu sekali.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Evaporator AC Bocor Paling Tepat

Tips Mengatasi AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Boros

Setelah mengerti penyebab dari ac mobil bikin konsumsi bbm boros, maka untuk selanjutnya Anda harus paham mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

  1. Mengurangi Kinerja Pada Kompresor AC

Cara pertama untuk mengatasi ac mobil bikin konsumsi bbm boros adalah mengurangi kinerja pada komponen kompresor AC. Pada saat melakukan hal yang satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Untuk langkah lain yang dapat dilakukan pada tips kali ini adalah:

    • Memanfaatkan cuaca panas atau terik.
    • Menggunakan blower dengan tingkat yang rendah.
    • Menaikkan suhu AC mobil di saat kondisi kabin sudah dingin.

Dengan mengurangi kinerja pada sebuah kompresor AC, Anda bisa meminimalisir konsumsi BBM. Pada saat memanfaatkan angin, Anda juga bisa membuat sirkulasi udara di dalam kabin mobil menjadi lebih baik dan segar.

  1. Membuka Jendela Sebelum Menyalakan AC Mobil

Tips supaya mengatasi AC mobil bikin konsumsi bbm boros adalah membuka terlebih dahulu. Pada cara yang satu ini bertujuan untuk membantu dalam mengeluarkan udara panas yang ada di dalam kabin.

Dengan cara atau tips kali ini bisa membuat udara di dalam kabin bisa menjadi sejuk lagi. Paling terpentingnya lagi pada saat menggunakan cara tersebut adalah bisa meringankan kinerja dari komponen AC tersebut.

  1. Service AC Mobil Secara Rutin

Pada tips agar mengatasi AC mobil tidak bikin konsumsi bbm boros kali ini masih banyak diabaikan oleh kalangan masyarakat, khususnya para pemilik mobil. Tanpa disadari, pada saat melakukan service mobil secara rutin bisa meminimalisir konsumsi bbm.

Apabila ada komponen yang mengalami kebocoran, maka sesegera mungkin Anda untuk melakukan perbaikan. Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat kinerja AC mobil tetap optimal.

Minimnya performa akibat terjadinya kerusakan pada salah satu komponen ini dapat membuat konsumsi BBM semakin besar. Artinya, dengan hal tersebut juga bisa membuat kinerja mesin mobil menjadi berat.

Dengan melakukan service mobil secara rutin ini dapat memberikan kinerja AC mobil berjalan lebih optimal lagi. Bahkan, cara tersebut bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit lagi.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Mengetahui Jenis AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Boros

Mobil yang mempunyai tingkat konsumsi BBM boros membuat para pemiliknya enggan untuk menggunakan kendaraan tersebut. Maka dari itu, disaat konsumsi bbm yang berlebih ini bisa melakukan analisis terlebih dahulu.

Sehingga, dengan analisis ini bisa mengerti apa penyebab kenapa konsumsi BBM bisa boros. Disaat terjadi kesalahan pada salah satu komponen mobil, Anda bisa langsung saja melakukan berkunjung pada bengkel terdekat.

Pada saat memilih bengkel mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Paling tidak sebelum melakukan perbaikan, Anda bisa riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Maka dari itu, dengan hal tersebut bisa membuat membedakan mana bengkel yang baik atau tidak.

Apalagi pada era seperti sekarang ini banyak sekali macam-macam bengkel mobil yang bermunculan. Akan tetapi, tidak semua bengkel tersebut bisa mengatasi permasalahan AC mobil bikin konsumsi bbm boros.

Untuk permasalahan pemilihan bengkel kini bukan menjadi salah satu permasalahan yang krusial. Ada salah satu bengkel mobil yang dapat mengatasi permasalahan AC mobil bikin konsumsi bbm boros yaitu Dokter Mobil. Sebagai spesialis service AC terkemuka, Dokter Mobil ini tidak hanya dapat mengatasi permasalahan ac mobil bikin konsumsi bbm boros saja. Akan tetapi, Bengkel Dokter Mobil juga bisa membantu Anda yang ingin melakukan perbaikan beberapa komponen mobil terkait sistem pendinginan di dalam kabin mobil Anda.

Kualitas mutu dari pelayanan Dokter Mobil sangatlah terjamin karena selain telah berstandar standar ISO 9001:2015 quality management system, permasalahan mobil kesayangan Anda akan ditangani oleh para teknisi yang ahli dan berpengalaman serta dibekali peralatan berteknologi canggih. Keunggulan ini membuat Dokter Mobil telah dipercaya oleh berbagai jenis mobil untuk diperiksa dan diperbaiki terkait permasalahan pada mobilnya.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar AC mobil kesayangan Anda dapat segera terjawab dengan tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

Nah, demikian penjelasan secara lengkap mengenai penyebab dan tips mengatasi AC mobil bikin konsumsi BBM boros. Besar harapan dengan penjelasan diatas bisa membantu Anda yang seringkali risau jika penggunaan AC pada mobil Anda dapat menyedot bahan bakar secara boros.

Kunci utama agar penggunaan AC mobil tak bikin boros BBM adalah dengan penggunaan yang tak berlebihan serta selalu rutin untuk memeriksa komponen di sistem AC agar kondisinya tetap prima. Untuk memastikan komponen AC tetap dalam kondisi yang baik, percayakan selalu Dokter Mobil untuk berbagai permasalahan pada AC mobil kesayangan Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!