📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Suspensi Mobil Bunyi, Depan & Belakang

5 Penyebab Suspensi Mobil Bunyi, Depan & Belakang

Suspensi mobil bunyi adalah masalah yang cukup umum terjadi pada mobil. Bunyi yang terdengar dapat bervariasi dari berderak, berdecit, atau bahkan berdengung. Bunyi-bunyi tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara. Penyebab suspensi mobil bunyi dapat sangat beragam, dan tidak jarang terjadi karena beberapa faktor yang saling terkait.

Kondisi ini dapat mengakibatkan getaran dan pergerakan yang tidak stabil pada mobil, sehingga dapat memengaruhi kinerja kendaraan dan mengurangi kenyamanan berkendara. Penting untuk segera memperbaiki masalah ini sebelum semakin parah dan memerlukan perbaikan yang lebih mahal.

5 Penyebab Suspensi Mobil Bunyi

Suspensi mobil yang bergejala bunyi merupakan masalah yang cukup umum dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah 5 penyebab suspensi mobil bunyi pada suspensi bagian depan dan belakang:

Penyebab Suspensi Bagian Depan Bunyi:

1. Komponen Suspensi Aus

Salah satu penyebab suspensi mobil bunyi umum dari suspensi bagian depan yang berbunyi adalah karena komponen suspensi yang aus, seperti per dan bushing. Hal ini terjadi karena adanya gesekan dan tarikan dari komponen suspensi yang terus-menerus digunakan dalam menghadapi beban jalan dan kecepatan mobil.

2. Shocks atau Strut yang Rusak

Shock atau strut yang rusak atau aus dapat menghasilkan suara yang tidak menyenangkan ketika melintasi jalan yang bergelombang atau berlubang. Hal ini terjadi karena shock atau strut tidak dapat mengendalikan gerakan suspensi dengan baik.

3. Stabilizer Bar yang Rusak

Penyebab suspensi mobil bunyi selanjutnya adalah stabilizer bar yang kemungkinan rusak. Stabilizer bar atau sway bar adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi gerakan dari suspensi bagian depan. Jika stabilizer bar rusak atau aus, maka gerakan suspensi bagian depan menjadi tidak stabil dan dapat menghasilkan suara yang tidak menyenangkan.

4. Roda yang Tidak Seimbang

Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan suspensi bagian depan menjadi tidak stabil dan menghasilkan suara yang tidak wajar.

5. Loose atau Aus Bearing

Penyebab suspensi mobil bunyi yang terakhir yaitu bearing yang aus. Bearing atau bantalan roda yang aus atau longgar dapat menyebabkan suspensi bagian depan berbunyi. Hal ini terjadi karena bearing atau bantalan roda tidak dapat menopang berat mobil dengan baik dan memengaruhi kinerja suspensi.

BACA JUGA: 6 Penyebab Suspensi Mobil Keras & Cara Mengatasinya

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Penyebab Suspensi Bagian Belakang Bunyi:

1. Komponen Suspensi Aus

Seperti suspensi bagian depan, suspensi bagian belakang dapat berbunyi karena komponen suspensi yang aus, seperti per dan bushing. Kondisi ini sering terjadi pada mobil yang telah menempuh jarak yang jauh atau yang digunakan dalam kondisi jalan yang berat.

2. Shocks atau Strut yang Rusak

Shocks atau strut yang rusak atau aus dapat memengaruhi kinerja suspensi bagian belakang dan menghasilkan suara yang tidak wajar. Kondisi ini terjadi karena shock atau strut tidak dapat mengendalikan gerakan suspensi dengan baik.

3. Stabilizer Bar yang Rusak

Stabilizer bar atau sway bar pada suspensi bagian belakang berfungsi untuk mengurangi gerakan dan memberikan stabilitas. Jika stabilizer bar rusak atau aus, maka gerakan suspensi menjadi tidak stabil dan dapat menghasilkan suara yang tidak menyenangkan.

4. Loose atau Aus Bearing

Bearing atau bantalan roda yang aus atau longgar pada suspensi belakang dapat menyebabkan suspensi berbunyi. Hal ini terjadi karena bearing atau bantalan roda tidak dapat menopang berat mobil dengan baik dan memengaruhi kinerja suspensi.

5. Broken Springs

Broken spring atau per yang patah pada suspensi belakang dapat menyebabkan suspensi berbunyi dan menghasilkan suara yang tidak wajar. Hal ini dapat terjadi karena beban yang berlebihan

Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah bahwa suspensi mobil bunyi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik pada suspensi bagian depan maupun belakang. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan suspensi mobil bunyi antara lain adalah komponen suspensi yang aus, shocks atau strut yang rusak, stabilizer bar yang rusak, roda yang tidak seimbang, loose atau aus bearing, dan broken springs.

Penting bagi pemilik mobil untuk mengidentifikasi penyebab suspensi mobil bunyi dan segera melakukan perbaikan untuk menghindari kerusakan yang lebih serius dan memastikan kenyamanan dan keselamatan berkendara yang optimal.

Selain itu, menjaga kondisi suspensi mobil secara berkala dengan melakukan perawatan dan perbaikan sesuai dengan panduan pabrik dapat membantu mencegah kerusakan pada komponen suspensi dan memperpanjang umur mobil.

Cara Mengatasi Penyebab Suspensi Mobil Bunyi, Depan & Belakang

Untuk mengatasi penyebab suspensi mobil bunyi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab bunyi dan kondisi komponen suspensi yang rusak. Jika penyebab suspensi mobil bunyi tidak dapat diidentifikasi secara mandiri, sebaiknya membawa mobil ke bengkel atau mekanik terpercaya untuk melakukan diagnosis lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyebab suspensi mobil bunyi baik untuk suspensi bagian depan maupun belakang:

1. Mengganti Komponen Suspensi yang Aus atau Rusak

Jika komponen suspensi, seperti per dan bushing, shocks atau strut, stabilizer bar, bearing atau bantalan roda, dan broken springs, rusak atau aus, sebaiknya segera diganti. Mengganti komponen suspensi yang aus atau rusak dapat membantu mengembalikan kinerja suspensi dan menghilangkan bunyi yang tidak diinginkan.

2. Memperbaiki atau Mengganti Roda yang Tidak Seimbang

Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan suspensi menjadi tidak stabil dan menghasilkan bunyi yang tidak wajar. Oleh karena itu, jika terdapat roda yang tidak seimbang, sebaiknya segera memperbaiki atau menggantinya untuk mengembalikan keseimbangan mobil dan kinerja suspensi yang optimal.

3. Memeriksa Kondisi Sistem Suspensi secara Berkala

Memeriksa dan melakukan perawatan berkala pada sistem suspensi dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada komponen suspensi dan menghindari bunyi yang tidak diinginkan. Perawatan berkala pada suspensi meliputi pemeriksaan pada per dan bushing, shocks atau strut, stabilizer bar, bearing atau bantalan roda, dan broken springs.

4. Memasang Suspensi Aftermarket

Suspensi aftermarket dapat membantu meningkatkan kinerja suspensi dan mengurangi risiko terjadinya bunyi yang tidak diinginkan. Suspensi aftermarket dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi, namun pastikan untuk memilih suspensi dari merek terpercaya dan sesuai dengan spesifikasi mobil.

5. Mengatur Pengaturan Suspensi

Pengaturan suspensi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan. Jika terdapat perbedaan tinggi jalan, dapat mengatur ketinggian suspensi mobil sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Dalam hal ini, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik terpercaya untuk mendapatkan pengaturan suspensi yang sesuai dengan kebutuhan.

Dalam kesimpulannya, mengatasi penyebab suspensi mobil bunyi membutuhkan identifikasi penyebab bunyi dan perbaikan pada komponen suspensi yang rusak atau aus. Perawatan berkala pada suspensi juga dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan dan menghindari bunyi yang tidak diinginkan. Selain itu, pengaturan suspensi yang tepat dapat membantu meningkatkan kinerja suspensi dan menghindari terjadinya kerusakan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

kapan ganti filter oli mobil bekas

Kapan Ganti Filter Oli Mobil Bekas?

Kapan ganti filter oli mobil bekas? Pertanyaan yang sering muncul di benak para pemilik mobil bekas adalah kapan sebaiknya mereka mengganti filter oli. Filter oli

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form