New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mobil bergetar saat jalan

Ini Dia 5 Penyebab Mobil Bergetar saat Jalan

Ada beberapa penyebab mobil bergetar saat jalan, apalagi ketika ac dihidupkan. Faktornya bisa bermacam-macam, oleh sebab itu simak ya. Mungkin saja artikel ini berguna untuk anda nanti di kemudian hari.

Berikut Adalah Beberapa Penyebab Mobil Bergetar saat Jalan

  1. Ada Masalah pada Sistem Kelistrikan

Penyebab mobil bergetar saat jalan yang pertama yang harus anda cek adalah sistem kelistrikan ya. Karena masalah ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin yang lain terutama bagi komponen yang membutuhkan tegangan listrik.

    • Cek Aki

Kerusakan paling umum terjadi berada pada aki, terutama aki basah. Penyakitnya seperti sel sudah aus atau getas. Pengecekan paling mudah adalah dengan melihat indikator warna yang terdapat pada aki mobil. Jika indikatornya masih menunjukkan warna biru maka tandanya masih bagus, namun jika indikator berwarna merah maka ada masalah. Masalah selanjutnya pada aki adalah kabel korosi akibat arus listrik tidak maksimal dalam penyaluran ke dalam mesin. Cara mencegahnya dengan melakukan pembersihan terminal aki dengan rutin dan menjaga sambungan kabel agar tidak korslet dengan dibalut pembungkus isolator.

    • Cek Alternator

Alternator atau dinamo amper adalah komponen yang menghasilkan arus listrik AC dan diubah menjadi arus DC. Penyebab alternator rusak bisa karena beberapa sebab diantaranya, gulungan kawat tembaga putus, diode putus, kabel korosi dan brush atau arang yang habis. Untuk mengetahui gulungan kawat tembaga putus atau tidak, perlu dinyalakan semua komponen kendaraan yang menggunakan sistem kelistrikan jika suara audio atau cahaya kurang terang bisa dikatakan alternator rusak. Jika mobil mogok dan sulit di starter bisa saja gulungan ini putus dalam jumlah banyak. Jadi bukan melulu karena aki tekor ya.

    • Cek Voltage Regulator

Voltage Regulator adalah komponen yang berfungsi sebagai pengatur arus listrik yang terdapat pada alternator supaya bisa sesuai dengan komponen kelistrikan dan kapasitas aki.  Jika listrik yang mengalir menuju aki terlalu berlebihan bisa menyebabkan kerusakan. Maka dari itu komponen ini penting dengan mengandalkan komponen ini tegangan yang disalurkan akan berada di angka 13-14.5 Volt dengan aki DC kapasitas 12 Volt.  Gejala paling sering ditemui pada komponen ini adalah sekering dan bohlam lampu putus. Untuk itu jika terjadi anda perlu menggantinya.

    • Engine Mounting Patah

Engine Mounting bisa patah karena tekanan dan tarikan yang berlebihan, hal ini bisa terjadi karena mungkin anda pernah melewati polisi tidur tanpa di rem atau langsung di terobos atau mungkin anda sering melewati jalan yang tidak rata. Biasanya karet engine mounting ada beberapa yang aus. Karet pada engine mounting ini berbahan karet dan logam dimana fungsinya mencegah bagian logam dari mesin dan bodi mobil tidak saling bersentuhan dan bergesekan. Dudukan engine juga mengandung cairan yang bertindak sebagai peredam kejut pada kendaraan. Jika hal ini terjadi segera bawa ke bengkel terdekat..

  1. Ada Masalah pada Komponen Pembakaran 

Hal kedua penyebab mobil bergetar saat jalan adalah komponen pembakaran. Komponen ini biasanya terjadi pada busi, koil atau injector yang kotor. Jika busi anda kotor anda bisa membersihkannya. Cara membersihkannya pastikan dulu bahwa mesin mobil anda sudah dingin, jika masih panas tunggu sampai dingin. Kemudian buka busi dengan menggunakan kunci busi, lalu siram sedikit bagian kepala bensin dengan bensin. Setelah itu bersihkan kerak pembakaran dengan sikat kawat, lakukan sampai bersih dan siram kembali busi untuk membuang sisa kerak yang masi menempel. Terakhir semprot busi dengan kompresor dan keringkan.

Terakhir cek busi apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api sudah bagus anda bisa menggunakannya kembali. Jika koil rusak tidak parah anda bisa kompres dengan kain lap basah namun hal ini hanya sementara. Lebih baik anda cepat menggantinya.

  1. Ada Masalah pada Komponen AC

Hal ketiga penyebab mobil bergetar saat jalan adalah Ketika AC dihidupkan bagian yang paling sering mempengaruhi kinerja mesin mobil adalah seperti pulley  AC, kompresor AC, magnetic clutch dan lain-lain. Untuk itu jika masalahnya berada pada komponen AC anda harus tahu hal berikut ini. Bisa jadi mesin mobil bergetar karena ini.

    • Kompresor AC Ngorok 

Kompresor memiliki peran sebagai pompa yang berguna untuk mensirkulasi Freon pada sistem. Freon akan diisap oleh kompresor kemudian ditekan untuk bersirkulasi ke seluruh sistem. Freon yang keluar dari kompresor akan memiliki tekanan yang tinggi dan berbentuk gas. Umur pakai kompresor pada mobil biasanya 3 tahun, setelah 3 tahun harus menlakukan cek up dan tuning. Kompresor AC yang ngorok bisa disebabkan karena berkurangnya oli sebagai pelumas. Kompresor yang kurang oli atau bocor olinya akan mengalami kerusakan karena bagian dalamnya akan mengalami gesekan kasar dan itulah yang dapat menghasilkan suara berisik.  Kerusakan pada kompresor AC pun bisa diindikasi dengan suara berisik yang timbul atau tekanan yang dihasilkan terlalu rendah, sehingga tidak optimal memompa freion menuju evaporator.

Salah satu penyebab lainnya adalah kekencangan belt tidak sesuai. Jika belt terlalu kencang akan menyebabkan kompresor tertekan di satu sisi saja sehingga sisi yang tertekan akan aus. Kalau sudah aus akan terdapat gap besar dimana suara ngorok itu akan terjadi. Namun jika belt terlalu kendor maka akan menimbulkan getaran dan gesekan yang menyebabkan suara ngorok.

  1. Magnetic Clutch AC

Magnetic Clutch atau kopling magnet  berfungsi untuk menyambungkan putaran mesin dengan poros kompresor AC.Cara kerja magnetic clutch saat saklar terhubung arus listrik dan baterai akan mengalir menuju kumparan solenoid sehingga terjadi gaya magnet di seluruh bagian dan kumparan solenoid. Jika ada masalah pada magnetic clutch maka bisa mengakibatkan putaran kompresor menjadi tidak stabil, oleh sebab itu anda harus melakukan pengecekan. Caranya yang pertama dengan cara melepaskan dari mobil, lalu cek kondisi magnetic clutch dengan menempelkan kabel berarus 12 volt. Ketika bagian center piece tidak bergerak, maka magnetic clutch harus diganti dengan yang baru.

  1. Ada Masalah pada Idle Up

Sistem idle up berfungsi untuk menaikkan putaran mesin ketika beban mesin dan beban kelistrikan naik. Hal ini berguna untuk mencegah agar mesin tidak mati pada saat putaran idle atau stasioner. Ketika sistem AC menyala, makan akan terjadi penambahan beban mesin dan kelistrikan. Beban mesin menjadi bertambah karena mesin juga digunakan untuk menggerakan kompresor AC dan beban listrik juga bertambah karena AC dihidupkan, memutar extra fan, blower dan magnetic switch. Jika sistem idle up tidak bekerja maka ketika AC dinyalakan putaran mesin akan turun sehingga membuat mesin gampang mati. Jika ada masalah pada idle up sebaiknya anda segera ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian.

Baca Juga : Mobil Matic Bunyi Saat Mundur

Penyebab mobil bergetar saat jalan terutama saat AC nyala memang harus ditelaah satu persatu. Karena getar itu bisa dari komponen kelistrikan yang tidak stabil, idle up yang rusak sampai hal kecil seperti busi atau konektor kotor. Oleh sebab itu, jangan sepelekan hal ini ya. Anda harus berhati-hati juga jika anda berniat untuk mengeceknya sendiri, panggil tetangga atau teman dekat anda sebagai penolong untuk melakukan bongkar pasang mesin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!