📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Cek Kondisi Aki Mobil yang Benar, Wajib Tau!

5 Cara Cek Kondisi Aki Mobil yang Benar, Wajib Tau!

Menjaga aki mobil dalam kondisi yang baik sangatlah penting untuk memastikan kendaraan dapat berjalan dengan lancar dan menghindari masalah di jalan. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara cek kondisi aki mobil dengan benar.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai 5 cara cek kondisi aki mobil yang wajib kamu ketahui.

Dengan mengetahui teknik-teknik ini, kamu akan dapat menghemat waktu dan uang, serta menjaga kesehatan aki mobilmu dengan baik.

5 Cara Cek Kondisi Aki Mobil yang Benar

Aki mobil adalah komponen vital pada kendaraan yang bertanggung jawab untuk memberikan daya pada sistem listrik.

Agar kendaraan dapat beroperasi dengan baik, penting untuk memeriksa kondisi aki secara teratur.

Berikut adalah 5 cara cek kondisi aki mobil yang benar dan wajib diketahui.

1. Periksa level air aki

Level air aki harus selalu berada di atas batas minimum dan di bawah batas maksimum. Untuk cek kondisi aki mobil pada bagian level air aki, pertama-tama pastikan kendaraan dalam keadaan mati dan aki dalam kondisi dingin.

Kemudian, buka tutup aki dan periksa level air dengan membandingkan dengan indikator level air yang tertera pada aki. Jika level air di bawah batas minimum, tambahkan air distilasi bersih hingga mencapai batas maksimum.

2. Cek tegangan aki

Tegangan aki dapat diperiksa dengan menggunakan voltmeter. Pertama-tama, pastikan kendaraan dalam keadaan mati dan aki dalam kondisi dingin.

Kemudian, sambungkan voltmeter pada klem positif dan negatif aki. Tegangan aki yang normal seharusnya antara 12,4 hingga 12,7 volt. Jika tegangan aki di bawah 12 volt, mungkin aki sudah mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

3. Cek kutub aki

Cara cek kondisi aki mobil selanjutnya adalah memeriksa kutub aki. Kutub aki yang terlihat kotor atau berkarat dapat menyebabkan masalah pada kelistrikan kendaraan.

Untuk membersihkan kutub aki, pertama-tama matikan kendaraan dan cabut kabel negatif dari aki.

Kemudian, gunakan sikat aki khusus dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau karat. Pastikan juga kabel aki terhubung dengan erat pada kutub aki.

4. Periksa tanda-tanda kerusakan aki

Tanda-tanda kerusakan aki dapat dilihat dari kondisi fisik aki seperti bocor atau kembung, warna air aki yang keruh, serta suara mesin yang lambat saat dihidupkan. Jika terdapat tanda-tanda kerusakan aki, segera lakukan penggantian aki dengan yang baru.

5. Lakukan pengisian ulang aki

Langkah cek kondisi aki mobil yang terakhir adalah melakukan isi ulang aki. Jika level air aki sudah di bawah batas minimum.

Lakukan pengisian ulang dengan air distilasi bersih hingga mencapai batas maksimum. Jangan gunakan air keran atau air yang tidak bersih karena dapat menyebabkan kerusakan pada aki.

BACA JUGA: 5 Efek Buruk Akibat Oli Mesin Terlalu Kental

Cek kondisi aki mobil secara teratur adalah penting untuk menjaga performa kendaraan. Lakukan perawatan dengan cara memeriksa level air, tegangan, kutub, tanda-tanda kerusakan, dan pengisian ulang aki.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan air distilasi bersih dan segera lakukan penggantian aki jika terdapat tanda-tanda kerusakan.

Dengan melakukan perawatan yang baik pada aki mobil, kendaraan akan lebih awet dan dapat digunakan dengan lebih nyaman dan aman.

Aki Mobil Kapan Harus Diganti?

Salah satu cara untuk mengetahui apakah aki mobil sudah harus diganti adalah dengan memeriksa tegangan aki secara berkala.

Jika tegangan aki terus menurun dan tidak lagi mencapai tegangan normal saat mesin hidup, kemungkinan besar aki sudah mengalami penurunan kinerja dan perlu segera diganti.

Selain itu, tanda-tanda lain yang bisa menunjukkan aki sudah harus diganti antara lain air aki yang berkurang secara terus menerus meskipun sudah ditambahkan.

Suara mesin yang lambat saat dinyalakan, serta bau busuk dari aki yang mengindikasikan adanya gas yang keluar dari aki.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!