💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Jangan Disepelekan! Ini Akibat Telat Ganti Oli pada Mobil

akibat telat ganti oli pada mobil

Akibat telat ganti oli terlalu lama pada mobil bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Oli merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang memiliki berbagi macam fungsi. Beberapa fungsi dari oli adalah sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan juga untuk pendingin mesin. Dengan pentingnya fungsi oli pada kendaraan, maka Anda tentu perlu melakukan perawatan dengan cara rutin untuk mengganti oli kendaraan Anda.

7 Efek Akibat Telat Ganti Oli pada Mobil

7 efek akibat telat ganti oli pada mobil

Jika Anda tidak melakukan ganti oli secara rutin dan berkala, maka akan bisa menyebabkan dampak yang buruk untuk mesin kendaraan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu melakukan ganti oli pada mesin kendaraan Anda. Dan berikut ini adalah beberapa dampak buruk akibat telat ganti oli yang akan terjadi pada mesin kendaraan Anda, tentunya jika Anda tidak melakukan ganti oli secara rutin.

  1. Akibat Telat Ganti Oli Menyebabkan Kinerja Mesin Menurun

Oli pada mobil berfungsi sebagai sebuah pelumas pada mesin. Jika oli mobil ini tidak diganti, maka hal ini akan menyebabkan mesin menjadi kering. Selain mesin mobil menjadi kering, oli yang tidak diganti secara rutin akan memiliki kotoran yang tercampur sehingga menjadi lebih kental. Sehingga hal jni akan mengakibatkan fungsinya sebagai sebuah pelumas tidak dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

Jika mesin mobil tidak terlumasi dengan baik, maka kinerja mesin ini juga akan menjadi lebih berat. Karena akan terdapat gaya gesek yang lebih di dalam mesin mobil tersebut. Akibat Telat ganti oli ini juga akan mengakibatkan bagian dalam mesin menjadi rusak dan bisa membuat kinerja mesin menurun. Oleh karena hal itu, perlu sekali untuk Anda melakukan ganti oli secara rutin dan berkala.

  1. Akibat Telat Ganti Oli Bisa Menyebabkan Overheating pada Mesin

Setelah membahas tentang akibat dari telat ganti oli yang pertama. Selanjutnya kita akan membahas tentang akibat yang selanjutnya. Oli mobil selain memiliki fungsi sebagai sebuah pelumas, ia juga memiliki fungsi sebagai pendingin. Karena hal inilah, jika kita tidak melakukan pergantian oli secara rutin, maka akan bisa menyebabkan mesin kendaraan menjadi mengalami overheating.

Overheating adalah saat mesin akan mengalami panas yang berlebihan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan bisa menyebabkan kerusakan di dalam mesin mobil. Overheating memang menjadi masalah yang cukup serius. Dan hal ini terjadi akibat telat ganti oli yang terkadang sering diremehkan oleh banyak orang.

Kerusakan yang dialami mobil yang disebabkan oleh overheating terbilang sangat fatal. Hal ini karena kerusakan ini bisa berdampak pada seluruh komponen di dalam mesin kendaraan. Jika terjadi sebuah kerusakan di dalam mesin mobil akibat Telat ganti oli, maka akan bisa menyebabkan mesin turun. Oleh karena hal ini, jangan sampai telat untuk mengganti oli kendaraan Anda, karena bisa berakibat fatal.

  1. Bahan Bakar Mobil Menjadi Boros Akibat Telat Ganti Oli

Mesin mobil yang kering bisa menyebabkan kinerja mesin menjadi lebih berat. Sehingga hal ini akan membuat mesin mobil membutuhkan tenaga yang lebih besar. Karena mesin yang membutuhkan tenaga lebih besar, hal ini akan menyebabkan mesin menjadi membutuhkan bahan bakar lebih banyak.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Hal ini jelas akan mengakibatkan keborosan. Sehingga, jika Anda tidak mengganti oli mesin secara rutin, jelas akan menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros. Oleh karena itu, selalu lakukan ganti oli secara segera jika sudah masuk waktunya.

  1. Akibat Telat Ganti Oli Bisa Menyebabkan Suara dan Getaran pada Mesin

Sudah disebutkan di atas sebelumnya bahwa oli memiliki fungsi sebagai sebuah pelumas. Jika oli kendaraan tidak diganti, maka akan mengakibatkan oli menjadi kental, selain itu mesin juga menjadi kering. Karena hal ini, maka akan mengakibatkan terjadinya gesekan di dalam mesin menjadi lebih besar. Akibat telat ganti oli ini akan bisa menimbulkan suara dan juga getaran pada mesin, sehingga menimbulkan suara yang membuat tidak nyaman dalam berkendara.

Sebagai sebuah informasi tambahan, untuk jadwal dalam melakukan pergantian oli. Anda bisa mencoba untuk melihat pada waktu terakhir kali Anda melakukan penggantian oli. Selain dengan itu, Anda juga bisa melihat dari jarak tempuh kendaraan yang sudah mencapai 5000-10.000 km. Sedangkan untuk mengecek volume oli dan juga kualitas oli, maka Anda bisa menggunakan tongkat pengukur yang terdapat pada saluran untuk pengisian oli.

Jika volume dari oli kendaraan Anda masih di atas tanda minimal dan warna oli juga masih terang. Hal itu artinya oli kendaraan masih dalam keadaan yang bagus dan juga volumenya masih cukup untuk menjalankan mesin. Jika oli mesin sudah berwarna keruh dan kental serta berkurang, maka sebaiknya segera ganti oli Anda. Karena akibat telat ganti oli pada kendaraan akan bisa berakibat buruk pada mobil Anda.

  1. Oli Kotor Menyebabkan Keluarnya Asap Putih dari Knalpot Mobil

Akibat telat ganti oli yang selanjutnya adalah hal yang cukup berbahaya. Hal ini terbilang berbahaya bagi mesin terutama di bagian blok silinder dan juga seher atau piston menjadi yang bisa membuat baret. Oli kendaraan yang sudah lama tidak diganti dan kotor, bukan hanya bisa berkualitas buruk untuk mesin, namun volumenya juga bisa menurun. Asupan dari oli mesin yang kurang ini akan bisa menyebabkan tingkat gesekan yang terjadi antara piston dengan blok silinder semakin meningkat. Akibatnya adalah akan terdapat baret-baret yang muncul pada bagian mesin dan kemudian membuat efek muncul asap putih yang berasal dari knalpot mobil.

Asap putih ini yang keluar dari knalpot mobil ini, disebabkan oleh masuknya oli pada bagian celah piston dan ataupun pada bagian blok silinder yang baret. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai kebocoran. Jika sebuah kebocoran sedang terjadi, maka cara mengatasinya hanya bisa diatasi dengan cara mengganti komponen mesin.

Baca Juga: Waspada! Ini Akibat dari Oli Mobil Kotor

  1. Oli Kotor Bisa Membuat Biaya Perawatan Jadi Jauh Lebih Mahal

Akibat telat ganti oli, maka mesin kendaraan tentunya akan bisa mengalami masalah bahkan kerusakan. Ada begitu banyak komponen yang akan perlu diganti karena hal ini. Dimulai dari kepala silinder yang sudah mulai melengkung. Selain dengan hal itu komponen seher dan juga blok silinder juga akan mengalami baret karena jumlah oli yang kurang dan kualitasnya yang menurun.

Kepala silinder pada mesin mobil jelas adalah komponen yang pertama kali akan terkena imbas ketika kualitas dari oli yang buruk. Kemudian, akibat telat ganti oli yang selanjutnya akan merembet ke bagian noken as dan juga kebagian pelatuk. Bayangkan saja jika semua komponen tersebut terdampak. Berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengganti dan juga memperbaiki komponen tersebut?

Meskipun komponen ini dapat hanya diperbaiki, tetapi efek dari perbaikannya hanya akan terasa sesaat. Hal ini tentunya akan membuat Anda harus bersiap untuk bolak balik ke bengkel untuk melakukan perbaikan secara berulang kali.

  1. Mobil Terasa Tidak Nyaman Pada Saat Dikendarai

Selain karena usia pakai dari komponen yang semakin pendek, akibat telat ganti oli juga bisa membuat mobil terasa tidak nyaman saat digunakan. Jika Anda adalah orang yang harus menggunakan kendaraan setiap hari atau bahkan mungkin sering bepergian jarak jauh. Kendaraan yang tidak nyaman jelas menjadi sebuah masalah yang besar. Terlebih, akibat telat ganti oli ini juga akan menyebabkan mobil mengeluarkan suara mengganggu dari bagian dalam mesin.

Misalnya saja saat mobil Anda yang tidak memiliki tenaga pada saat Anda harus melintasi jalanan yang menanjak. Hal ini tentunya akan bisa menyebabkan mobil Anda mogok atau bahkan mati kapan saja. Hal ini jelas menjadi hal yang sangat menggangu terutama jika Anda sedang berada di dalam perjalanan ke kantor atau bahkan ke sebuah acara yang penting. Semua aktivitas yang Anda lakukan jelas akan terhambat dan juga akan terganggu karena alat transportasi yang Anda gunakan mengalami masalah dan mulai rewel.

Dan semua permasalahan yang terjadi ini hanya disebabkan oleh satu hal yang kadang Anda anggap sepele dan sering diabaikan. Yaitu dikarenakan akibat telat ganti oli, berbagai masalah Kendaraan dan juga mesin mulai bermunculan. Untuk itu, Jika Anda ingin usia dari mobil atau kendaraan yang Anda miliki jauh lebih lama, maka sebaiknya Anda mulai memperhatikan kondisi oli kendaraan Anda. Lakukan pengecekan terhadap oli kendaraan secara rutin dan gantilah oli secara rutin dan berkala jika waktunya sudah tiba untuk mengindari hal yang tidak diinginkan.

Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika mobil Anda perlu melakukan ganti oli jika sudah menempuh perjalanan jauh. Biasanya oli kendaraan perlu diganti jika sudah menempuh perjalanan sekitar 5000 sampai dengan 10.000 km. Pilih juga oli yang memang berkualitas untuk kendaraan Anda, karena dengan oli yang bagu maka kendaraan juga akan bisa bekerja secara maksimal. Sehingga selain akibat telat ganti oli yang bisa mempengaruhi kualitas dari mesin mobil, memilih oli yang sembarangan juga bisa menjadi penyebabnya.

Gunakan Oli Berkualitas Untuk Kendaraan Anda Agar Tetap Prima

Setelah mengetahui tentang beberapa akibat telat ganti oli sekarang yang perlu Anda ketahui adalah kualitas oli yang dipakai. Bukan hanya sekedar mengganti oli, agar kualitas dari kendaraan Anda tetap terjaga dan prima, Anda juga harus memperhatikan tentang oli yang Anda gunakan. Salah satu oli berkualitas yang bisa Anda gunakan untuk membuat kendaraan Anda tetap prima adalah oli 9 Circle. Oli 9 Circle ini adalah sebuah oli kendaraan yang memang didatangkan langsung dari Jerman.

Oli ini adalah oli buatan Jerman, yang memang dibuat untuk bisa memenuhi kebutuhan mobil-mobil yang ada di daerah beriklim tropis. Oli 9 Circle ada oli yang dibuat khusus dengan teknologi canggih sehingga oli yang satu ini dapat bertahan dan sangat bagus untuk kendaraan mobil Anda. Terlebih lagi, negara Jerman memang sudah terbukti sebagai negara produsen oli kendaraan yang telah diakui oleh berbagai negara lain di dunia. Karena hal ini, maka setiap produknya tentunya akan memiliki kualitas yang unggulan dan juga memiliki kualitas yang bagus.

Lalu, dimana tempat untuk mendapatkan oli ini? Karena oli ini masih cukup langka di Indonesia, hanya beberapa tempat saja yang menyediakan, salah satunya adalah di Dokter Mobil. Karena Dokter Mobil adalah bengkel spesialis servis mobil yang berkualitas dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan produk oli 9 Circle ini di sini. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1836

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya