📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

6 Faktor Utama Tuas Transmisi Matic Keras

Mobil dengan transmisi matic membantu membuat perjalanan lebih nyaman, namun jika Anda mengalami masalah tuas transmisi keras, hal ini bisa menjadi hal yang menyebalkan. Penyebab dari tuas transmisi yang keras bisa sangat beragam, mulai dari masalah mekanis hingga masalah kimia. Namun, dengan memahami apa yang menyebabkan tuas transmisi Anda menjadi keras, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikannya. 

Pada artikel ini, akan dikupas tuntas seputar penyebab utama dari tuas transmisi matic yang keras.

Penyebab Tuas Transmisi Matic Keras

Penyebab Tuas Transmisi Matic Keras

Bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, berikut ini adalah penyebab utama dari tuas transmisi matic keras yang banyak muncul pada kasus-kasus di mobil matic. 

  1. Kurangnya cairan pelumas pada transmisi matic

Cairan pelumas berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen dan menjaga suhu transmisi matic tetap stabil. Jika cairan pelumas kurang, maka komponen yang saling bergesekan dapat menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras.

  1. Kotoran yang masuk ke dalam transmisi matic

Kotoran dapat menutupi komponen transmisi matic dan menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras. Kotoran yang muncul pada tuas transmisi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebocoran minyak transmisi, kontaminasi dari bahan kimia lain, atau karena debu dan kotoran masuk ke dalam sistem transmisi. Kotoran ini akan menumpuk di dalam tuas transmisi, menyebabkan tuas menjadi keras dan mengurangi respon saat menggeser tuas.

  1. Sensor yang rusak

Sensor yang rusak dapat menyebabkan transmisi matic tidak berfungsi dengan benar dan menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras. Penyebab sensor rusak transmisi yang mengakibatkan tuas transmisi matic keras bisa bermacam-macam Mulai dari kotoran atau debu yang menempel pada sensor transmisi, kabel sensor yang kurang kualitas atau korsleting, keausan pada bagian internal sensor, kerusakan pada bagian kontrol transmisi, hingga keausan pada bagian mekanik transmisi.

  1. Sistem kontrol kopling yang rusak

Sistem kontrol kopling berfungsi untuk mengatur kopling yang mengontrol transmisi matic. Jika sistem kontrol kopling rusak, kopling tidak dapat berfungsi dengan benar dan menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras.

Penyebab sistem kontrol kopling mobil matic rusak hingga berdampak pada tuas transmisi matic keras bisa terjadi karena akibat kerusakan pada komponen-komponen yang dipakai untuk mengoperasikan kopling mobil matic. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah katup kopling, pompa kopling, dan sensor, yang semuanya terkait dengan proses transmisi. Jika salah satu komponen tersebut rusak, maka hal itu akan menyebabkan sistem kontrol kopling mobil matic menjadi rusak.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Filter oli transmisi yang kotor

Filter oli transmisi berfungsi untuk menyaring kotoran dan kotoran dapat menyebabkan pelumas menjadi kurang lancar mengalir ke transmisi matic dan menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras.

Filter oli transmisi mobil dapat menjadi kotor karena berbagai faktor. Salah satunya adalah akumulasi debu, partikel karbon, dan partikel abrasi yang disebabkan oleh usia serta kualitas oli transmisi yang berkurang. Oli transmisi yang berkurang kualitasnya dapat menyebabkan partikel-partikel tersebut menumpuk di filter oli, menyebabkan filter oli menjadi kotor. Selain itu, adanya kebocoran oli dapat menyebabkan partikel-partikel debu di luar masuk ke dalam filter oli, menyebabkan filter oli menjadi kotor. Akhirnya, gangguan mekanik pada transmisi dapat menyebabkan kontaminasi oli yang mengakibatkan filter oli menjadi kotor dan berdampak pada tuas transmisi matic keras pada mobil matic.

  1. Komponen transmisi matic yang rusak

Komponen transmisi matic yang rusak dapat mengganggu kinerja transmisi matic dan menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras.

Dilansir dari Remco Transmissions, kerusakan pada transmisi matic bisa menyebabkan tuas transmisi menjadi keras karena komponen-komponen dalam transmisi matic mulai mengalami penurunan kinerja akibat usia yang berlalu atau karena masalah kesalahan pengaturan.

Sebagai contoh, adanya usia pelumas yang tua atau kotor dapat membuat tuas transmisi menjadi keras ketika digerakkan. Sebagai akibatnya, komponen-komponen dalam transmisi matic mulai mengalami keausan. Tuas transmisi juga bisa menjadi keras karena adanya masalah pada sistem elektronik transmisi matic, seperti adanya kode error pada sistem komputer transmisi matic.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Perbaiki Tuas Transmisi Matic yang Keras di DOMO Transmisi

Untuk terhindar dari masalah tuas transmisi matic keras, Anda harus melakukan pemeliharaan berkala pada mobil matic Anda sehingga permasalahan tersebut bisa ditanggulangi dengan baik. Penting pula memilih bengkel spesialis matic terpercaya agar mampu mengatasi permasalahan pada mobil matic dengan sempurna.

Adapun salah satu bengkel spesialis matic yang memiliki kualitas terpercaya dalam pelayanannya yang bisa Anda tuju adalah DOMO Transmisi. 

DOMO Transmisi adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang merupakan spesialis di bidang perawatan dan perbaikan transmisi mobil. Layanan pemeriksaan komponen, servis, dan penggantian komponen transmisi di DOMO Transmisi dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Hadir sebagai pionir di Indonesia, DOMO Transmisi menghadirkan layanan inspeksi transmisi mobil secara menyeluruh menggunakan peralatan canggih berteknologi terkini. Sehingga potensi kerusakan akibat sistem transmisi mobil yang bermasalah bisa ditanggulangi sedini mungkin dan perawatan serta perbaikan pun bisa tepat akurat ke sumber permasalahan.

Dengan promo spesial dari harga normal Rp500.000, layanan inspeksi transmisi mobil ini kini hanya dibanderol seharga Rp99.000 saja! PROMO TERBATAS hanya 6 mobil per hari, segera reservasi sebelum kehabisan!

Reservasi layanan DOMO Transmisi juga sangat mudah, karena bisa langsung dari rumah. Anda hanya perlu menghubungi via WhatsApp di 0821-6866-5566 (atau klik di sini), selanjutnya customer service DOMO Transmisi akan mengarahkan Anda menuju lokasi untuk masalahnya langsung ditangani. 

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras, seperti: kurangnya cairan pelumas, kotoran yang masuk ke dalam transmisi matic, sensor yang rusak, sistem kontrol kopling yang rusak, filter oli yang kotor, dan komponen transmisi matic yang rusak. Semua faktor ini dapat menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras karena adanya komponen yang saling bergesekan dan menyebabkan tuas transmisi matic menjadi keras.

Maka dari itu, bawa mobil matic Anda yang alami masalah demikian ke bengkel spesialis transmisi matic terpercaya hanya di DOMO Transmisi – yang kualitasnya sudah sangat terbukti. 

Referensi:

Remco Transmission. How do you know you are having transmission problems? https://www.remcotransmissions.com/tips/ Diakses pada 6 Januari 2023.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4356

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya