📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Cara Memanaskan Mobil Matic yang Benar

Transmisi mobil matic memang menawarkan kemudahan yang seringkali membuat penggunanya ‘terlena’. Sehingga seringkali transmisi matic alami kerusakan dengan ditandai munculnya gejala ciri-ciri transmisi mobil matic rusak. 

Ciri-ciri transmisi mobil matic rusak ini bisa beragam bentuknya. Untuk itu bagi Anda para pengguna mobil matic yang tak ingin kelimpungan saat masalah ini menerpa mobil kesayangan Anda, berikut ini ciri-ciri transmisi mobil matic rusak serta cara mengatasinya yang patut untuk Anda simak. 

Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Transmisi mobil matic adalah salah satu komponen utama dari sebuah mobil. Transmisi ini berfungsi untuk mengatur putaran mesin mobil, mengontrol suplai bahan bakar ke mesin, serta mengatur kecepatan mobil. Transmisi matic juga menyediakan kenyamanan dan kemudahan saat berkendara dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengganti gigi. 

Namun, seperti semua komponen lainnya, transmisi matic juga dapat rusak. Agar Anda bisa lebih aware serta tak kelimpungan ketika transmisi mobil matic Anda alami kerusakan, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri transmisi matic yang rusak.

  1. Mobil Bisa Tiba-tiba Berhenti dan Seolah-olah ‘Meloncat’

Pertama, transmisi matic yang rusak dapat menyebabkan gejala berhenti dan loncat. Ini terjadi ketika transmisi matic gagal mengubah gigi dengan benar. Ini dapat menyebabkan mobil menyala secara tiba-tiba saat mencoba mengubah gigi. Hal ini juga dapat menyebabkan pergerakan yang berhenti dan loncat saat berkendara.

  1. Muncul Getaran serta Bunyi Aneh dari Transmisi

Kedua, gejala lain yang dapat menandakan bahwa transmisi matic rusak adalah getaran atau bunyi aneh saat berkendara. Getaran atau bunyi aneh ini dapat berasal dari komponen transmisi matic yang rusak atau bermasalah. Gejala ini dapat terjadi bahkan ketika transmisi matic berada pada posisi netral.

  1. Kecepatan Mobil Jadi Melambat

Ciri-ciri transmisi mobil matic rusak dapat ditandai dengan mobil melambat saat berakselerasi. Ini dapat terjadi karena transmisi matic tidak dapat mengubah gigi dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak dapat mencapai kecepatan yang diinginkan.

  1. Kinerja Mesin Terasa Berat

Keempat, transmisi matic yang rusak dapat menyebabkan mesin mobil menjadi lebih berat dan berat saat diakselerasi. Hal ini dapat terjadi karena transmisi matic tidak dapat mengubah gigi dengan benar. Ini dapat menyebabkan mesin mobil menjadi lebih berat dan berat saat diakselerasi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Perpindahan Gigi atau Transmisi Tidak Sempurna

Kelima, perpindahan gigi yang tidak sempurna adalah ciri-ciri transmisi mobil matic rusak. Ini dapat terjadi ketika transmisi matic tidak dapat mengubah gigi dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan mobil tidak dapat mencapai kecepatan yang diinginkan.

Ketika Anda menyadari gejala-gejala di atas, Anda harus segera memeriksa transmisi matic Anda. Anda harus menghubungi mekanik untuk memeriksa transmisi matic Anda dan memastikan bahwa komponen-komponen transmisi matic berfungsi dengan baik. Jika tidak, mekanik akan dapat menggantinya dengan komponen transmisi matic baru agar Anda dapat kembali berkendara dengan aman.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara di Jalan Menanjak, Agar Terhindar dari Kecelakaan

Cara Mengatasi Transmisi Mobil Matic yang Rusak

Solusi dari Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

Transmisi mobil matic merupakan salah satu bagian penting dari sebuah mobil. Ketika transmisi mobil matic rusak, hal tersebut bisa menjadi masalah yang serius. Untungnya, masalah ini dapat dengan mudah diatasi dengan cara-cara sebagai berikut.

  1. Ganti Oli Transmisi dan Filternya

Pertama, pastikan untuk memeriksa sistem transmisi mobil matic Anda ketika Anda mendeteksi masalah. Banyak masalah transmisi matic dapat diperbaiki hanya dengan mengganti oli atau filter oli. Jika Anda tidak yakin tentang bagaimana cara melakukannya, Anda dapat meminta bantuan mekanik profesional untuk memeriksa transmisi mobil matic Anda.

  1. Periksa Sistem Transmisi Mobil Secara Berkeseluruhan

Kedua, jika Anda menemukan bahwa transmisi mobil matic Anda membutuhkan perbaikan lebih lanjut, Anda harus memeriksa sistem transmisi tersebut secara keseluruhan. Ini termasuk memeriksa seluruh bagian transmisi, seperti kopling, transmisi, dan lainnya. Jika Anda menemukan adanya masalah di salah satu bagian, maka Anda harus mengganti bagian tersebut atau melakukan perbaikan.

  1. Lakukan Perawatan Transmisi Mobil secara Berkala

Ketiga, jangan lupa untuk melakukan pemeliharaan rutin pada transmisi mobil matic Anda. Biasanya, Anda akan disarankan untuk melakukan perawatan rutin setiap 6 bulan atau 10.000 mil. Perawatan rutin ini akan membantu Anda mencegah masalah yang mungkin terjadi pada transmisi Anda.

  1. Bawa Mobil ke Bengkel Transmisi Mobil Terpercaya di DOMO Transmisi

Keempat, jika Anda merasa terlalu bingung atau takut untuk melakukan perbaikan sendiri, Anda selalu dapat mencari bantuan dari mekanik profesional. Mereka akan dapat memberikan Anda pengetahuan dan bantuan untuk mengatasi masalah transmisi mobil matic Anda.

Bawa mobil ke bengkel transmisi mobil terpercaya – seperti di DOMO Transmisi – bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tuju saat ciri-ciri transmisi mobil matic rusak mulai terlihat pada mobil Anda.

Penutup

Itulah ciri-ciri transmisi mobil matic rusak dan cara mengatasinya. Dengan mengikuti cara-cara ini, Anda dapat dengan mudah menangani masalah transmisi mobil matic Anda dan memastikan bahwa Anda dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman. 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya