New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Faktor Penyebab Mobil Diesel Boros Solar dan Cara Memperbaikinya

Jangan Sampai Penyebab Mobil Diesel Boros Solar Ini Muncul!

Jangan Sampai Penyebab Mobil Diesel Boros Solar Ini Muncul! – Kebanyakan penyebab mobil diesel boros solar adalah karena adanya masalah di sistem pembakaran. Apa saja masalah tersebut? Dan bagaimana mengatasinya?

Mobil “jadul” bermesin diesel memang boros. Namun seiring waktu, konsumsi BBM nya semakin irit. Bahkan pada beberapa mobil, mobil bermesin solar jauh lebih irit. Lantas apa yang menyebabkan tiba-tiba mobil diesel menjadi boros? Cek ulasannya berikut ini;

Faktor Penyebab Mobil Diesel Boros Solar

Faktor Penyebab Mobil Diesel Boros Solar dan Cara Memperbaikinya
Faktor Penyebab Mobil Diesel Boros Solar dan Cara Memperbaikinya

Ketika konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, hal ini tentu merugikan. Selain pengeluaran menjadi lebih tinggi, mengantri di SPBU menjadi lebih sering.

Oleh sebab itu, masalah boros BBM pada mobil diesel harus segera diatasi. Karena jika dibiarkan, kerusakan pada komponen lain bisa terjadi. Untuk mengatasinya, kita harus tahu apa saja penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, solusi terbaik bisa didapatkan. Cek selengkapnya Faktor Penyebab Mobil Boros dan Cara Memperbaikinya !

Adapun penyebab mobil diesel anda tiba-tiba menjadi lebih boros adalah:

  1. Kebocoran Nozzle injektor

    Injektor bertugas menyemprotkan solar ke ruang bakar. Namun nozzle ini bisa mengalami kebocoran atau jebol. Akibatnya, solar yang disemprot menjadi lebih banyak daripada yang seharusnya.

    Kebocoran nozzle ini biasanya dibarengi dengan keluarnya asap hitam dari knalpot.
    Injektor yang Bocor Menyebabkan Mobil Lebih Boros

    Solusi
    Jika mobil diesel jadi boros karena nozzlenya bocor, maka perbaikan nozzle adalah solusinya. Pada beberapa kasus, nozzle harus diganti baru.

  2. Overheating

    Masalah pada komponen seperti kipas dan radiator bisa menyebabkan mesin lebih cepat panas atau overheating. Ketika mesin panas, mesin membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk memaksimalkan kerja mesin. Dalam pemaksimalan ini, konsumsi bahan bakar akan turut meningkat.
    Kasus Overheating Harus Diselesaikan Agar Konsumsi BBM Kembali Normal

    Solusi
    Jika mesin jadi lebih boros bahan bakar karena beban overheating, maka penyebab overheating inilah yang pertama kali harus diberesi. Untuk menyelesaikan masalah overheating ini, anda bisa melakukannya dengan mengecheck kondisi radiator mobil, kipas, oli, dan komponen-komponen lainnya.

  3. Peralatan Elektronik di Dalam Mobil

    AC mobil dan peralatan elektronik lainnya di mobil dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar, terutama jika dinyalakan terus menerus. AC mobil merupakan komponen mobil yang paling banyak mengkonsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, nyalakan peralatan elektronik mobil seperlunya.
    Peralatan Elektronik Semakin Banyak Menyala Maka Konsumsi BBM Mobil Semakin Besar

    Solusi
    Anda bisa mencoba menggunakan volt stabilizer untuk memastikan kelistrikan mobil tidak melonjak. Dengan demikian, konsumsi BBM akan tetap stabil. Ada 2 jenis volt stabilizer yang bisa anda coba, R Project dan JS One.

Selain daripada ketiga hal di atas, sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang kerap menyebabkan mobil diesel lebih boros BBM. Misalnya cara mengemudi yang berubah, ban mobil yang sekarang tapaknya lebih lebar, banyak barang bawaan, dan hal-hal lainnya.

Oleh sebab itu, pengecheckan secara berkala dan tune UP wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah boros solar ini.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil diesel boros solar dan solusi mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!