New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Faktor Utama Penyebab Oli Mobil Berkurang dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Oli Mobil Berkurang Namun Jarang Disadari Pemilik Mobil

Bicara penyebab oli mobil berkurang biasanya identik dengan adanya kebocoran. Namun selain itu, ada beberapa hal lain yang jadi sumber masalah. Apa saja itu? Dan bagaimana mengatasinya?

Sangat penting untuk tahu hal-hal apa saja yang membuat oli mobil anda bisa berkurang. Dengan demikian, lebih mudah untuk mengatasi hal tersebut. Dan tentu saja mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Faktor Utama Penyebab Oli Mobil Berkurang dan Solusinya

Ada beberapa orang yang baru saja ganti oli namun setelah beberapa hari ternyata performa mesin menjadi turun. Dan ketika dicheck ternyata oli mesin sudah berkurang. Apakah karena ada “tuyul” yang senang mencuri oli? Ataukah mesin mengkonsumsi bukan hanya bensin, namun juga oli mesin?

Jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut adalah TIDAK. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab oli berkurang antara lain adalah:

  1. Kebocoran Oli

    Merupakan sumber utama kebocoran oli mobil. Ada beberapa titik yang menjadi sumber kebocoran oli di antaranya karena baut oli tidak rapat, tutup oli tidak rapat, kerusakan silinder head, dan masalah-masalah penyebab kebocoran oli lainnya.

    Adanya Kebocoran Oli Akan Menyebabkan Oli Semakin Berkurang Sedikit Demi Sedikit

    Adapun ciri oli mobil yang bocor di antaranya adalah ditemukannya genangan oli di bawah mobil saat mobil diparkit. Ketika mesin mobil tarikannya lebih kasar dan berat kemungkinan juga karena mesin mobil kekurangan oli akibat olinya bocor.

  2. Oli Mobil Masuk Ruang Pembakaran

    Oli mobil tidak seharusnya masuk ruang pembakaran. Namun kebocoran bisa saja terjadi sehingga oli di mesin masuk ke ruanga pembakaran. Hal ini tentu akan menyebabkan cepat atau lambat mobil kekurangan oli.

    Masuknya Oli Ke Ruang Pembakaran Akan Menyebabkan Berkurangnya Volume Oli

    Ciri terjadinya hal ini adalah asap knalpot mobil yang tiba-tiba menjadi lebih ngebul. Selain itu, knalpot akan terasa lebih pedih dan tercium bau oli dari knalpot.

  3. Penguapan Oli

    Suhu mesin yang terlalu panas bisa saja menyebabkan oli mobil menguap. Dan uap ini lolos dari dalam mesin. Hal ini tentu menyebabkan oli mobil semakin berkurang. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecheck daya tahun oli mobil anda. Apakah bisa tahan pada suhu mesin tertentu. Dan tentunya sangat penting juga agar menjaga mesin dari panas berlebih (overheat).
    Oli Bisa Berkurang Karena Terjadi Penguapan

    Oleh sebab itu, gejala overheat dapat dikatakan bisa menyebabkan oli mesin makin lama makin berkurang.

Nah itulah beberapa hal yang jadi sumber masalah dan jadi penyebab oli mobil berkurang terus menerus. Bahkan menyebabkan mesin mobil anda harus bekerja tanpa pelumas. Semoga informasi ini membantu menyelesaikan masalah anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya