New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Data Lengkap Berapa KM Ganti Oli Mobil Sebaiknya Dilakukan

Bingung Kapan dan Tiap Berapa KM Ganti Oli Mobil? Ini Jawabannya

Pertanyaan klasik seperti berapa km ganti oli mobil masih menjadi perdebatan. Padahal jawabannya sangat tergantung pada beberapa faktor. Adapun faktor tersebut antara lain adalah:

  1. Kualitas Oli Mobil

    Semakin baik kualitas oli mobil dan daya tahan oli, semakin lama waktu ganti oli mobil. Pada beberapa oli mobil, ganti oli tiap 5 ribu kilometer. Namun pada beberapa oli lainnya bisa bertahan hingga 15 ribu kilometer.

    Kualitas Oli Mobil Mempengaruhi Ketahanan Oli Itu Sendiri

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui oli mobil yang anda pakai bisa bertahan berapa lama. Anda bisa mengecheck daya tahan tiap-tiap oli dari brosur ataupun keterangan yang ada di botol oli.

  2. Berapa KM Ganti Oli Mobil Dipengaruhi Iklim Daerah

    Daya tahan oli mobil bisa berbeda-beda tergantung iklim. Ada oli yang baik digunakan di daerah beriklim dingin dan bisa sampai 15 ribu kilometer, namun oli tersebut hanya bisa sampai 5000 kilometer jika digunakan di daerah dengan suhu panas dan macet seperti di Indonesia.

    Ketahanan Oli Mobil Bisa Terpengaruh Oleh Iklim Suatu Daerah

    Biasanya kemampuan oli ini ditulis di brosur dan keterangan yang ada di botol oli. Selain itu, dengan membawa kode viskositas oli andapun bisa mengetahui masa pakai oli mobil bisa bertahan berapa lama, dan cocok pada suhu/iklim yang seperti apa.

  3. Penggunaan dan Kondisi Mobil

    Oli mobil juga bisa berbeda-beda usia pakainya bergantung pada penggunaan mobil. Pada mobil yang lama disimpan lebih dari 3 bulan bisa saja sudah harus diganti. Karena walaupun kilometer masih rendah, namun secara usia sudah perlu diganti.

    Jika Kondisi Mobil Kurang Baik Maka Oli Akan Lebih Cepat Rusak

    Selain itu, mobil yang sering kena macet juga kilometernya pasti rendah, namun bisa saja karena terus menerus bekerja melumasi dan mendinginkan mesin, maka usia oli akan lebih pendek. Ada juga kasus di mana usia oli sudah harus diganti walaupun kilometernya belum tinggi dikarenakan mesin mobil overheat. Oleh sebab itu, kondisi mobil sangat perlu dijaga.

Lihat Selengkapnya : Berapa Km Ganti Oli Mobil

Nah itulah beberapa hal yang bisa membantu anda menarik kesimpulan kapan sebaiknya dan tiap berapa KM ganti oli mobil wajib dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan membantu menjaga performa mobil agar tetap maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap