📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat

tips memilih oli mobil

Tips memilih oli mobil mungkin merupakan hal yang perlu Anda ketahui jika Anda merupakan seorang yang menggunakan mobil atau memiliki mobil pribadi. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit bengkel mobil yang menipu Anda dengan memasukkan oli palsu untuk meraup keuntungan dengan cara tidak baik. Apabila hal ini terjadi pada Anda, tentunya bukan hanya masalah uang yang dipermasalahkan, namun mesin mobil Anda kemungkinan akan bermasalah juga. Maka kami akan mengulas lengkap tentang bagaimana tips memilih oli mobil agar Anda tidak terkena tipu dengan oknum nakal peraup keuntungan dengan cara tidak baik.

Pentingnya Tips Memilih Oli Mobil

tips memilih oli mobil (2)

Tips memilih oli mobil menjadi hal penting bagi Anda yang memiliki mobil karena oli merupakan sebuah komponen yang berperan penting untuk memperpanjang usia mesin mobil Anda. Minyak pelumas mesin atau yang biasa dikenal dengan nama oli merupakan cairan kental yang berfungsi untuk membuat mesin menjadi licin sehingga satu komponen, tidak langsung bergesekkan dengan komponen mesin lainnya dan merawat komponen dalam mesin dan menambah usia pakai mesin. Lapisan-lapisan dalam oli yang layak pakai berfungsi untuk mencegah gesekan antar logam komponen dalam mesin mobil atau kendaraan lainnya, menghindari keausan pada komponen mesin, melindungi komponen mesin mobil dari karat, serta membersihkan dinding mesin.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Mobil Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Lantas mengapa tips memilih oli mobil ini penting untuk diketahui? Hal ini karena kekentalan oli atau yang dikenal dengan istilah viscosity dalam setiap merek dagang pelumas ditunjukkan pada keperluan mesin mobil yang berbeda jenis-jenisnya. Contohnya pada mesin mobil berbahan bakar bensin, mesin tidak memiliki temperatur setinggi diesel sehingga kekentalan oli yang diperlukan mesin juga berbeda. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil Anda perlu mengetahui tips memilih oli mobil.

Tips Memilih Oli Mobil

Tingkat kekentalan oli mobil merupakan ukuran kekentalan pelumas untuk mengalir pada sela-sela komponen mesin mobil yang dinyatakan dalam daftar nomor SAE atau yang biasa dikenal dengan Society of Automotive Engineer. Semakin besar angka dari SAE, berarti semakin kental juga pelumas tersebut. Kekentalan oli mobil berpengaruh terhadap performa kerjanya, karena oli yang bagus adalah oli yang memiliki kekentalan stabil atau memiliki daya tahan terhadap suhu yang rendah dan suhu yang tinggi. Mobil berbahan bakar bensin hanya membutuhkan oli mobil yang cair seperti SAE nomor 10W30, sedangkan mobil berbahan bakar diesel oli yang lebih kental seperti SAE nomor 20W50.

  • Tips Memilih Oli Mobil yang Bersertifikasi

Selain kekentalan oli, hal lain yang perlu diperhatikan dalam tips memilih oli mobil ini adalah oli mobil bersertifikasi. Apabila Anda perlu membeli oli, perhatikan oli dengan sertifikasi API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Dengan adanya sertifikasi ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dari oli yang Anda dapatkan. Maka dari itu pentingnya memilih oli mobil dengan sertifikasi perlu diperhatikan karena badan-badan tersebut sudah menguji bahwa oli pilihan Anda sudah sesuai standar mesin.

  • Perhatikan Bengkel Tempat Ganti Oli

Tips memilih oli mobil selanjutnya adalah perhatikan bengkel tempat Anda mengganti oli. Hal ini karena banyak sekali oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dalam hal mengganti oli. Ada oknum yang memberikan oli palsu kepada pemilik mobil sehingga mesin mobilnya menjadi rusak karena oli tidak sesuai standar. Jangan membeli oli di market place dengan harga yang terlalu murah dari pasaran oli merek dagang tersebut. Belakangan ini banyak sekali video yang beredar di banyak platform social media, yang menunjukan olinya berubah warna menjadi seperti susu stroberi, ada juga yang olinya berubah menjadi jelly.

Hal ini tentu membuat pemilik kendaraan mobil menjadi rugi materil yang banyak karena harus membayar jasa untuk turun mesin, guna membersihkan sisa-sisa oli yang palsu tersebut.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Perhatikan Tingkat TBN (Total Base Number) pada Oli

Iklim di Indonesia seringkali panas terik sepanjang hari, sehingga hal ini dapat berpengaruh pada oli mesin yang juga lebih cepat menguap. Maka dari itu penting bagi para pengguna mobil di Indonesia untuk memilih oli mesin dengan tingkat TBN atau Total Base Number yang tinggi, karena oli yang nilai TBN nya tinggi akan lebih lama menguap serta memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan oli lainnya.

Oli dengan nilai TBN yang tinggi memiliki ketahanan yang lebih tangguh dibandingkan oli dengan tingkat TBN di bawahnya ditandai dengan tak akan meninggalkan residu meski berada di suhu yang tinggi serta blending-nya pun tetap baik.

Untuk oli dengan spesifikasi tersebut, terdapat oli mesin 9Circle dari Dokter Mobil yang patut Anda gunakan pada mesin mobil kesayangan Anda. Didatangkan secara langsung dari Jerman, formulasi pada oli mesin 9Circle pun dibuat dengan nilai TBN yang tinggi agar sesuai dengan pemakaian mobil dengan iklim di Indonesia. Sehingga oli 9Circle ini memiliki masa pakai yang jauh lebih lama dibandingkan dengan oli-oli sejenis lainnya.

Tanda Oli Perlu Diganti

Dalam artikel tips memilih oli mobil ini tidak lengkap rasanya jika kami tidak memberikan petunjuk bagaimana kondisi oli perlu diganti. Semakin lama oli dipakai, semakin menurun juga kualitas dari oli karena adanya kontaminasi oleh panas yang dihasilkan gesekkan antar komponen mesin mobil.

  • Oli Berwarna Hitam Pekat

Oli yang baru, atau yang belum pernah dipakaikan ke mesin tentunya akan berwarna kuning ke-emasan seperti minyak pada umumnya, namun memiliki kekentalan yang lebih kental dibandingkan dengan mnyak pada umumnya. Akan tetapi jika oli sudah terkontaminasi panas dalam jangka waktu yang cukup panjang, warna oli akan berubah menjadi hitam pekat atau coklat kekuningan sehingga fungsi oli yang seharusnya melindungi mesin dari gesekkan tersebut sudah tidak maksimal lagi. Maka dari itu perlu adanya penggantian oli yang sudah terkontaminasi tersebut dengan oli yang baru sehingga manfaat dari oli untuk melindungi mesin tersebut menjadi maksimal.

Lantas muncul pertanyaan bagaimana caranya melihat oli tersebut perlu diganti? Beberapa mobil dilengkapi fitur pengingat dalam bentuk lampu indikator yang tiba-tiba menyala. Jika tanda tersebut menyala, itulah tanda bahwa oli mobil perlu diganti. Tanda mudahnya lagi adalah, Anda hanya perlu mencatat tanggal penggantian oli terakhir dalam kalender atau catatan di gawai.

Apabila sudah sebulan, lalu pemakaian mobil Anda terhitung sering, bukan hanya weekends saja, maka oli perlu diganti.

  • Mobil Berasap

Apabila asap kendaraan roda empat Anda berwarna pekat, dapat dikatakan bahwa oli mesin mobil Anda perlu diganti dengan yang baru. Asap mobil yang normal itu tidak berwarna atau munculnya transparan. Apabila asap kendaraan roda empat Anda sedikit berwarna, dapat dikatakan itu berasal dari oli yang menguap dan terbakar di dalam ruang bakar mesin mobil Anda.

Mesin-mesin mobil saat ini sudah dilengkapi dengan PCV yang akan menyalurkan gas di dalam ruang engkol ke dalam intake manifold mobil untuk dibakar di dalam ruang bakar mesin mobil. Oli yang sudah tidak baik untuk mesin, biasanya akan ikut menguap di dalam sistem PCV sehingga asap yang dihasilkan oleh kendaraan berwarna keputihan, tidak transparan.

Maka asap yang berwarna ini menjadi tanda bahwa oli yang ada di dalam mesin mobil Anda sudah perlu diganti.

  • Mesin Menjadi Tidak Responsif

Seperti yang sudah dibahas bahwa sejatinya oli atau pelumas, berfungsi untuk menjadi lapisan tambahan di antara satu komponen mesin mobil dengan komponen lainnya yang selalu bergesekkan. Sifat dasar oli yang licin, membuat semua komponen pada dalam mesin mobil menjadi ringan untuk bergerak sehingga pergerakkan mesin menjadi tidak terlalu berat yang mengakibatkan umur mesin menjadi lebih panjang.

Tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran mesin mobil dapat sepenuhnya dikonversi untuk menggerakan roda mobil. Akan tetapi oli yang sudah tidak layak pakai, memiliki daya pelicin yang bisa dikatakan tidak licin sehingga gesekkan antar komponen mesin dan komponen satunya akan terasa lebih berat. Hal ini akan berimbas pada semakin buruknya akselerasi mesin karena tenaga mesin banyak yang terbuang untuk menggerakan komponen-komponen mesin itu sendiri sehingga umur mesin juga menjadi lebih pendek.

Dokter Mobil Bengkel yang Tepat

tips memilih oli mobil (3)

Dalam ulasan tips memilih oli mobil ini tidak lengkap rasanya jika kami tidak membahas rekomendasi bengkel yang terpercaya untuk mobil Anda. Dokter Mobil sudah bertahun-tahun lamanya dalam melayani masyarakat perihal masalah dan perawatan mobil Anda agar maksimal kerjanya dan panjang umurnya. Dengan teknologi Jerman, menjadikan Dokter Mobil menjadi pilihan banyak orang perihal kendaraan roda empat. Maka dari itu percayakan saja perihal mobil Anda kepada Dokter Mobil.

Dokter Mobil juga memiliki oli mesin 9Circle yang diformulasikan dengan penuh pertimbangan yang diproduksi langsung dari Jerman agar sesuai untuk penggunaan mobil di iklim yang cenderung panas seperti di Indonesia. Sehingga jika Anda ingin memberikan performa terbaik pada mobil kesayangan Anda, gunakan oli yang tepat seperti 9Circle. Anda bisa hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) untuk menanyakan informasi seputar oli 9Circle atau juga bisa kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Demikianlah artikel lengkap tentang tips memilih oli mobil. Tanpa adanya tips memilih oli mobil ini, tentu Anda akan bingung bagaimana tips memilih oli mobil. Maka kami berikan ulasan tentang tips memilih oli mobil ini agar Anda tahu oli yang baik itu adalah oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda dan sudah bersertifikat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8986

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.