📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cek Fakta: Menggoyang Mobil Saat Mengisi Bensin Bikin Jadi Irit?

menggoyang mobil saat mengisi bensin

Menggoyang mobil saat mengisi bensin merupakan hal yang sering kita jumpai di SPBU terdekat, yang seringkali dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi sebenarnya, apakah benar bahwa menggoyang mobil saat mengisi bensin membuat pemakaian bensin menjadi lebih irit? Alasan orang-orang melakukan perilaku tersebut adalah bensin akan mengisi setiap rongga tangki bahan bakar pada kendaraan mobil sampai tidak ada ruang yang kosong dan terisi penuh dengan bahan bakar bensin.

Fenomena Menggoyang Mobil Saat Mengisi Bensin

menggoyang mobil saat mengisi bensin (2)

Fenomena ini sangat sering terjadi saat Anda pergi ke SPBU guna mengisi bahan bakar kendaraan Anda. Akan tetapi, ini menjadi pertanyaan masyarakat luas bahwa apa fungsi dari menggoyang mobil saat mengisi bensin ini. Banyak dari masyarakat Indonesia menjawab bahwa menggoyang mobil saat mengisi bensin ini, dapat membuat bensin menjadi full masuk ke dalam tangki bahan bakar kendaraan, tanpa adanya ruang udara, sehingga bensin menjadi full terisi. Akan tetapi, jika dipikir secara logika, bahan bakar bensin merupakan zat cair yang sifatnya akan mengalir dari permukaan yang lebih tinggi ke yang lebih rendah.

Maka dapar disimpulkan bahwa fenomena menggoyang mobil saat mengisi bensin ini tidak berdampak apapun terhadap iritnya atau penuhnya bahan bakar bensin pada kendaraan mobil Anda.

Tips Menghemat Bensin Tanpa Menggoyang Mobil Saat Mengisi Bensin

Seperti yang sudah dibahas bahwa fenomena menggoyang mobil saat mengisi bensin ini tidak berpengaruh apapun terhadap bahan bakan bensin mobil Anda. Dengan menggoyang mobil saat mengisi bensin ini, tidak membuat bensin Anda menjadi penuh mengisi seluruh permukaan tangki bahan bakar mobil Anda. Lantas bagaimana cara menghemat bensin tanpa menggoyang mobil saat mengisi bensin? Berikut tipsnya!

  • Menghindari Macet

Dibandingkan dengan fenomena menggoyang mobil saat mengisi bensin tersebut, menghindar dari macet lebih masuk akal untuk dilakukan oleh pengendara mobil. Hal ini karena mengendarai mobil di jalanan yang padat macet, pada saat jam-jam sibuk, misalnya berangkat kantor dan pulang kantor, membuat mobil menghabiskan bahan bakar bensin lebih banyak dari kondisi normal. Hal ini disebabkan karena, mobil yang berhenti terlalu lama, selama berjam-jam dengan mesin yang tentunya masih menyala akan memakan banyak penggunaan bahan bakar bensin mobil.

Secanggih apapun fitur mobil yang Anda miliki, tidak berpengaruh pada kemacetan yang panjang ini. Maka dari itu, lebih baik Anda perhatikan kepadatan jalanan saat Anda berkendara dan jam-jam rawan macet guna membuat mobil menghemat bahan bakar mobil Anda. Guna mengetahui jalanan yang akan Anda lewati macet atau tidak, Anda dapat menggunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps untuk mencari jalan yang tidak macet sehingga penggunaan bahan bakar bensin Anda akan hemat.

  • Menghindari Blind Spot

Hal penting lain dalam berkendara dibandingkan dengan menggoyang mobil saat mengisi bensin, yaitu menjaga jarak dengan mobil di depan dan di belakang Anda. Selain menghindari blind spot, melakukan penjagaan jarak ini juga dapat membuat mobil Anda hemat dalam penggunaan bahan bakar bensin. Hal ini karena mobil Anda akan melaju sesuai kebutuhan, tidak ada tindakan seperti rem mendadak dan sebagainya untuk menghindari menabrak mobil di depan atau di belakang Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Selain bisa mengirit bensin, hal ini juga akan membuat Anda terhindar dari risiko kecelakaan seperti tabrakkan beruntun sehingga keamanan berkendara turut terjaga.

  • Kecepatan Mobil yang Stabil

Dibandingkan dengan fenomena menggoyang mobil saat mengisi bensin tersebut, sangat lebih masuk akal untuk menjaga kecepatan laju mobil dengan stabil. Menjaga laju mobil berada di level yang stabil, seperti tidak mengebut, lalu  tiba-tiba mengerem mendadak, membuat pemakaian bensin menjadi. Boros. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh pengemudi, saat mengemudi di jalan lurus tanpa adanya belok-belok yang banyak seperti jalan tol.

Tentunya pada saat berkendara di jalan tol, Anda dapat menjaga kecepatan mobil di bawah batas maksimal jalan tol sesuai aturan yang sudah tertera. Misalnya, batas kecepatannya adalah 80 km per jam, maka sebaiknya Anda melaju di kecepatan 60 hingga 70 km per jam sehingga tidak akan menyalahi aturan. Apabila saat berkendara, Anda ingin meningkatkan kecepatan berkendara, maka lakukanlah peningkatan kecepatan tersebut secara bertahap.

Jangan melakukan peningkatan kecepatan laju kendaraan tersebut secara tiba-tiba karena yang seperti ini akan membuat mobil mengonsumsi lebih banyak bahan bakar bensinnya sehingga penggunaan bensin menjadi boros dan biaya untuk membeli bensin menjadi lebih mahal.

  • Pemakaian AC Mobil

Tentunya mengontrol pemakaian AC mobil lebih masuk akal untuk dilakukan, jika dibandingkan dengan menggoyang mobil saat mengisi bensin. Selain faktor kecepatan laju mobil dan penggunaan gigi yang tepat pada mobil manual, pemakaian AC juga memperngaruhi konsumsi bahan bakar bensin mobil Anda. terlebih lagi jika kondisi cuaca di luar mobil Anda sangat panas, penggunaan AC yang berlebihan akan memakan banyak bahan bakar bensin mobil Anda.

Sejatinya, bagian terluar mobil terbuat dari bahan anti terbakar namun dapat menyerap panas yang tinggi sehingga saat cuaca di luar mobil luar biasa panas, secara otomatis suhu ruang di dalam mobil juga akan panas. Maka dari itu dengan menyalakan AC dengan suhu rendah maksimal, akan membuat kerja AC menjadi lebih keras dari suhu normalnya.

Supaya penggunaan bahan bakar bensin lebih irit, maka Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menyalakan dan mematikan AC mobil. Saat Anda baru memasuki mobil setelah parkir selama beberapa jam di tempat suhu yang cukup tinggi, jangan langsung menyalakan AC dengan suhu terendah, lebih baik Anda buka jendela terlebih dahulu untuk mengeluarkan udara panas yang terkurung dalam mobil tersebut. Kemudian, jika suhu sudah lebih turun dibandingkan dengan pertama kali Anda membuka pintu mobil, baru nyalakan AC dengan suhu normal.

Tindakan seperti ini, tentu akan membuat kerja AC tidak terlalu berat, sehingga dapat membuat bahan bakar bensin mobil Anda tidak terpakai banyak.

  • Memilih Tempat Teduh Saat Parkir

Memilih tempat yang teduh untuk parkir mobil terdengar lebih meyakinkan dibandingkan dengan menggoyang mobil saat mengisi bensin. Mengapa fakta ini terdengar lebih masuk akal? Hal ini karena suhu tinggi membuat bahan bakar bensin akan menguap dari tangka bahan bakar mobil Anda.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari

Memilih tempat yang tidak panas untuk parkir, tentunya akan membuat suhu mobil tidak terlalu tinggi sehingga bahan bakar bensin mobil tidak akan menguap keluar dari tangka mobil. Maka, dengan cara ini tentunya bahan bakar akan lebih irit.

Selain mengirit bensin, parkir mobil di tempat yang teduh akan membantu Anda dalam menjaga cat mobil tidak mudah pudar. Hal ini diikuti oleh lebih panjangnya usia interior dalam mobil karena tidak terkena panas yang tinggi.

  • Tingkatkan Potensi Mobil dengan Piggyback Pro

Sesungguhnya performa mobil Anda itu dibatasi oleh pabrikan mobil sehingga potensi yang dimilikinya belum bisa dimanfaatkan dengan optimal. Salah satunya adalah konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar yang irit tentu didapatkan melalui pemilihan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang hemat pula. Tapi ternyata ada cara lain yang bisa digunakan agar bisa mendapatkan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang hemat, lho. Piggyback Pro dari Dokter Mobil adalah solusinya!

Dengan Piggyback Pro, ECU mobil akan diatur ke bagian menuju sensor-sensor agar diatur performanya sesuai dengan yang diinginkan dengan penggunanya. Piggyback Pro di Dokter Mobil ini mampu meningkatkan performa akselerasi mobil serta menghemat konsumsi bahan bakar hingga 30% penghematan!

Pertanyaan Seputar Piggyback Pro di Dokter Mobil

Piggyback pro di Dokter Mobil adalah sebuah proses setting ECU yang berfungsi untuk mengeluarkan potensi performa mobil sesuai dengan permintaan penggunanya, baik itu untuk tenaganya, horse power, maupun tingkat konsumsi BBM. Adapun untuk konsumsi BBM diatur sesuai dengan tipe mobil nya masing-masing.
Mobil yang tak bisa diremap biasanya karena memiliki memori ECU yang ukurannya tak memungkinkan untuk diremap. Sehingga jika mobil yang ingin ditingkatkan performanya memiliki ECU dan OB2 Port, maka piggyback pro adalah solusi alternatif yang ditawarkan untuk hal ini.
Untuk settingan piggyback pro ini tidak permanen. Karena jika aki mobil mati, maka settingan dari piggyback pro pun otomatis akan terhapus dan kembali ke settingan software awal dari pabrikannya. Namun khusus di Dokter Mobil, settingan piggyback pro mendapatkan garansi hingga 3 kali setting ulang.
Untuk pemasangan piggyback pro di Doter Mobil ini relatif singkat, yakni hanya perlu waktu 10 menit saja. Selain itu, tak ada penambahan aksesoris, pergantian komponen, ataupun pemotongan kabel pada saat proses pemasangan piggyback pro.
Karena bisa disetel sesuai kebutuhan, maka piggyback pro dapat menghemat BBM kendaraan tanpa mengurangi tenaga dan performa sampai dengan 30% penghematan.

Demikianlah artikel lengkap tentang fakta yang dapat dikatakan menggoyang mobil saat mengisi bensin hoax tersebut. Dibandingkan dengan menggoyang mobil saat mengisi bensin ini, tentunya masih banyak cara yang lebih masuk akal untuk dilakukan. Misalnya seperti menghindari macet, menghindari tempat dengan suhu yang tinggi, atau menghemat penggunaan AC. Menggoyang mobil saat mengisi bensin menjadi tidak masuk akal karena sejatinya bensin merupakan wujud benda cair yang akan mengalir dari permukaan tinggi ke rendah sehingga tidak perlu menggoyang mobil saat mengisi bensin untuk membuat bensin menjadi terisi penuh ke semua sisi tangki.

Adapun salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat konsumsi BBM lebih hemat adalah dengan memasang Piggyback Pro di Dokter Mobil. Tertarik untuk mencoba agar mobil kesayangan Anda konsumsi BBM nya lebih hemat dan efisien? Hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari kediaman Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9567

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.