📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mesin Mobil Sering Panas? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya!

Mesin Mobil Sering Panas Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Mesin mobil sering panas menjadi masalah yang sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Ketika mobil mulai overheat, biasanya mobil akan mogok dan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu. Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa solusi yang dapat diterapkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab mesin mobil sering panas, efek buruknya, serta memberikan solusi yang tepat dan efektif untuk mengatasinya.

Penyebab Mesin Mobil Sering Panas

Sebelum membahas solusi untuk masalah mesin mobil sering panas, penting untuk memahami apa yang menyebabkan masalah ini terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab umum mesin mobil sering panas:

  1. Kipas Radiator Rusak atau Tidak Bekerja

Kipas radiator adalah komponen yang berfungsi untuk membantu menyejukkan mesin mobil. Ketika mesin mobil panas, kipas radiator harusnya berputar dengan cepat untuk menarik udara dingin ke dalam radiator. Jika kipas radiator rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka aliran udara dingin ke radiator akan berkurang dan suhu mesin akan terus meningkat. Hal ini akan mengakibatkan mesin mobil sering panas dan dapat merusak komponen mesin lainnya.

  1. Kebocoran Radiator atau Selang Pendingin

Radiator dan selang pendingin berfungsi untuk memindahkan cairan pendingin ke dalam mesin untuk menyerap panas dan kemudian menjalankan cairan pendingin ke dalam radiator untuk didinginkan. Jika terdapat kebocoran pada radiator atau selang pendingin, maka aliran cairan pendingin akan terganggu dan suhu mesin akan terus meningkat. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil sering panas dan dapat merusak komponen mesin lainnya seperti head gasket atau blok silinder.

  1. Thermostat Bermasalah

Thermostat adalah bagian penting dari sistem pendingin mesin mobil. Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu mesin dan memastikan mesin beroperasi pada suhu yang optimal. Jika terdapat masalah pada thermostat, seperti thermostat yang terlalu lambat dalam membuka atau terlalu cepat dalam membuka, suhu mesin mobil tidak dapat diatur dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil sering panas karena suhu mesin tidak dapat dikendalikan dengan baik.

  1. Kerusakan pada Pompa Air

Pompa air adalah komponen yang berfungsi untuk memompa cairan pendingin ke radiator. Jika terdapat kerusakan pada pompa air, seperti pompa air yang aus atau korosi, maka aliran cairan pendingin akan terganggu dan suhu mesin akan terus meningkat. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil sering panas dan dapat merusak komponen mesin lainnya seperti cylinder head atau blok silinder.

  1. Kualitas Oli Mesin yang Buruk

Oli mesin adalah komponen penting dalam sistem pendingin mesin mobil. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan membantu dalam pendinginan. Jika kualitas oli mesin buruk, maka oli mesin tidak dapat melumasi mesin dengan baik dan mengurangi efisiensi pendinginan. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil sering panas karena mesin tidak dapat didinginkan dengan baik oleh oli mesin dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya seperti bearing atau piston.

Baca Juga: 8 Penyebab Kompresi Mobil Bocor, Piston Penyebabnya?

Solusi untuk Mengatasi Mesin Mobil Sering Panas

Setelah mengetahui penyebab mesin mobil sering panas, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat diterapkan:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Periksa Kipas Radiator

Kipas radiator yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin mobil sering panas. Dengan memeriksa kipas radiator secara teratur, kita dapat menemukan masalah pada kipas radiator lebih cepat dan dapat segera menggantinya sebelum mesin mobil overheat.

  1. Periksa Kebocoran Radiator atau Selang Pendingin

Kebocoran pada radiator atau selang pendingin dapat mengurangi jumlah cairan pendingin yang dibutuhkan oleh mesin. Dengan memeriksa kebocoran secara teratur, kita dapat menemukan masalah lebih cepat dan dapat segera mengatasinya sebelum mesin mobil sering panas.

  1. Periksa Thermostat

Thermostat yang bermasalah dapat membuat mesin mobil sering panas karena suhu mesin tidak dapat diatur dengan baik. Dengan memeriksa thermostat secara teratur, kita dapat menemukan masalah lebih cepat dan dapat segera menggantinya dengan thermostat yang baru dan berfungsi dengan baik.

  1. Periksa Pompa Air

Pompa air yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat mengurangi jumlah cairan pendingin yang dibutuhkan oleh mesin. Dengan memeriksa pompa air secara teratur, kita dapat menemukan masalah lebih cepat dan dapat segera menggantinya sebelum mesin mobil sering panas.

  1. Ganti Oli Mesin

Oli mesin yang buruk atau terlalu kental dapat mengurangi efisiensi pendinginan mesin. Dengan mengganti oli mesin secara teratur, kita dapat memastikan mesin mobil didinginkan dengan baik dan mengurangi kemungkinan terjadinya mesin mobil yang sering panas.

  1. Hindari Berkendara dalam Kondisi Macet

Berkendara dalam kondisi macet dapat membuat mesin mobil sering panas karena aliran udara yang masuk ke dalam mesin tidak lancar. Dengan menghindari berkendara dalam kondisi macet, kita dapat menghindari mesin mobil sering panas.

  1. Perawatan Berkala

Perawatan berkala pada mesin mobil dapat membantu mencegah terjadinya mesin mobil yang sering panas. Dengan melakukan perawatan seperti mengganti oli mesin, membersihkan filter udara, atau membersihkan kipas radiator secara teratur, kita dapat memastikan mesin mobil beroperasi pada suhu yang optimal dan mengurangi kemungkinan terjadinya masalah mesin mobil yang sering panas.

Efek Buruk Mesin Mobil Sering Panas

Tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, mesin mobil yang sering panas juga dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Beberapa efek buruk yang dapat terjadi akibat mesin mobil sering panas antara lain:

  1. Kerusakan pada Komponen Mesin

Kerusakan pada komponen mesin seperti piston, silinder, dan kopling dapat terjadi akibat mesin mobil sering panas. Hal ini akan mengakibatkan biaya perbaikan yang mahal.

  1. Berkurangnya Umur Mesin

Suhu yang terus meningkat dapat mengurangi umur mesin mobil secara keseluruhan. Mesin mobil yang terus-menerus overheat akan mengalami kerusakan yang lebih cepat dibandingkan mesin mobil yang dirawat dengan baik.

Kesimpulan

Mesin mobil sering panas dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Beberapa penyebab umum mesin mobil sering panas antara lain kipas radiator yang rusak, kebocoran radiator atau selang pendingin, thermostat bermasalah, kerusakan pada pompa air, dan kualitas oli mesin yang buruk.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/