New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Urutan dan Cara Mengecek Oli Mobil dengan Baik dan Benar

Cara Mengecek Oli Mobil Masih Bagus atau Sudah Perlu Diganti

Ada cara mudah mengecek oli mobil masih layak pakai atau sudah perlu diganti. Dengan demikian, siapapun bisa mengetahui kapan waktunya ganti oli mobil. Dan dengan demikian, mencegah terlambat ganti oli. Karena tidak mengetahui kondisi oli mobil bisa menyebabkan kerusakan mobil tanpa anda sadari sama sekali.

Adapun cara tersebut antara lain adalah:

  1. Gunakan Dipstick

    Dengan menggunakan dipstick kita bisa mengetahui volume oli yang tersisa. Apakah volumenya masih cukup, atau sudah berkurang. Pengecheckan volume oli dengan dipstick sebaiknya dilakukan secara berkala. Terutama saat hendak bepergian jauh.

    Penggunaan Dipstick Membantu Mengecheck Kondisi Oli dengan Akurat

    Dengan dipstick juga bisa melihat kondisi oli mobil apakah encer atau kental. Dengan demikian, kualitas oli dapat diketahui. Selain itu, kondisi oli apakah masih bersih atau sudah sangat kotor dan banyak “pasir kasar”.

  2. Rasakan Performa Mobil dan Mesin Mobil

    Performa Mobil Mempengaruhi Kondisi dan Performa Mobil

    Ketika merasa performa mesin mobil mulai ada perubahan maka kemungkinan besar ada kendala di oli mobil. Entah olinya sudah berkurang, atau sudah tidak layak pakai. Adapun kendala di performa seperti mesin lebih cepat panas, tenaga mobil berkurang, dan mesin suara kasar.

  3. Mengecek Oli Kompresor AC Mobil dengan Gauge Manifold

    Tidak hanya mesin mobil yang membutuhkan oli. Kompresor AC mobil juga membutuhkan oli. Oli kompresor sangat penting agar kinerja kompresor AC mobil bisa maksimal.

    Penggunaan Gauge Manifold AC Membantu Mengetahui Kondisi Oli Kompresor

    Sayangnya sangat sulit mengetahui kondisi oli kompresor mobil. Cara terbaik dan paling akurat adalah dengan mengecheck dengan gauge manifold. Dengan alat ini, kita bisa mengetahui tekanan atas dan tekanan bawah AC mobil. Jika tekanan bawah di bawah standart, artinya mobil kekurangan oli kompresor. Dan jika tekanan di atas standart artinya mobil kelebihan oli kompresor..

Setelah mengetahui kondisi oli mobil, jika ditemukan bahwa oli perlu diganti atau diisi ulang maka oli wajib diganti. Menunda penggantian oli hanya menyebabkan resiko kerusakan mobil semakin tinggi.

Itulah beberapa cara mengecek oli mobil dengan mudah. Semoga bermanfaat dan menghindari kerusakan mobil akibat mesin tidak mendapatkan pelumasan dengan sempurna. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai oli maupun mesin mobil, silahkan tanyakan via kolom komentar. Team Dokter Mobil siap membantu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!