📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ketahui 3 Penyebab Mesin Mobil Panas Dan Berasap Kap Mesin

penyebab mesin mobil panas dan berasap

Ketahui 3 Penyebab Mesin Mobil Panas Dan Berasap Kap Mesin – Dimana ada asap pasti ada api, dimana ada masalah pasti ada sebab.

Itulah peribahasa yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Asap terjadi sebab api yang menjalar pada komponen yang dapat terbakar.

Begitupun dengan kap mesin, tidak jarang pengguna mobil mendapati bagian kap mesin mengalami gejala berasap.

Rasa panik, khawatir menyelimuti pikiran anda. Apakah dengan timbulnya asap menujukkan mesin mobil terbakar?

Mesin Mobil Berasap!

Timbulnya asap dari kap mesin mobil merupakan proses pembakaran suatu material yang berlangsung tidak secara sempurna. Artinya, pembakaran ini menghasilkan banyak karbon monoksida dan sulfur sehingga warnanya agak kelabu.

Jangan anggap spele, sebaiknya segera ketahui penyebab mesin mobil panas dan berasap dibawah ini agar mobil anda segera menangani perawatan tepat. Berikut selengkapnya simak dibawah ini;

Untuk didalam kap mesin, apakah mungkin mengeluarkan asap ?

Penyebab mesin mobil panas dan berasap

penyebab mesin mobil panas dan berasap

1. Asap Biru Sebab Oli Terbakar

Hal ini dapat menjadi penyebab mesin mobil panas dan berasap. Bila ceceran tersebut mengenai panas mesin seperti exhaust manifold

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Apabila anda melihat ada asap berwarna biru tipis dari dalam kap mesin anda, itu tandanya oli mesin terbakar oleh panasnya mesin. Saat mesin dihidupkan, oli tersebut akan terbakar oleh panasnya exhaust manifold.

Alhasil timbul asap biru tipis yang keluar dari dalam kap mesin. Namun amsalah ini justru masih dianggap sepele oleh pengguna mobil.

Sebaliknya, anda patut khawatir bila dalam durasi 2- 3 jam asap diruang mesin tidak kunjung hilang. Ini sudah dipastikan oli mengalami kebocoran.

Mengapa bisa terjadi kebocoran?

Sebab dalam pemasangan filter oli kurang kencang, dan bisa juga seal oli telah mengalami kerusakan. Salah satu tanda mengetahui ada atau tidaknya kebocoran oli diketahui dari banyaknya rembesan debu yang menempel. Segera tangani agar kerusakan tidak melebar.

2. Asap Abu-Abu/Kehitaman Sebab Packing Knalpot Bermasalah

Hal ini ditandai adanya masalah pada pembakaran mesin mobil. Kebocoran pada saluran knalpot kendaraan menyebabkan asap menjadi abu-abu atau kehitaman pekat.

Apa yang menjadi masalahnya?

Tiap sambungan exhaust system bisa bermasalah. Bisa packing exhaust manifold, packing catalytic converter, atau packing sambungan knalpot.

Alhasil timbul suara kasar dari mesin karena suara pembakaran mesin juga bocor. Anda dapat mengatasinya dengan memilih ganti packing bila sudah rusak, atau kencangkan bila dalam keadaan kendur.

3. Asap Putih Gejala Mesin Overheat

Apakah mobil anda pernah mengalami gejala overheat? Overheat meruapakan momok yang paling dihindari oleh pengguna mobil sebab dapat memakan waktu lama, serta biaya relatif mahal.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Radiator Mobil Ini Bisa Cegah Overheating

Salah satu gejala overheat yakni timbul asap putih pada kap. Mengapa? Coolant yang terbakar menjadi penyebab asap putih hingga ngebul hingga membuat kepulan keatas udara.

Solusinya, anda membawa ke bengkel terdekat untuk melakukan diagnosa lanjut.

penyebab mesin mobil panas dan berasap

Asap Knalpot Mobil Warna Biru, Abu-abu/Kehitaman, dan Putih

Membedakan Warna Asap:

  • Biru: Asap biru menandakan adanya oli yang terbakar di ruang bakar. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebocoran oli pada seal klep, ring piston, atau turbocharger.
  • Abu-abu/Kehitaman: Asap abu-abu atau kehitaman menandakan adanya campuran bahan bakar yang tidak terbakar sempurna dengan udara. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah pada filter udara, injektor, atau sensor MAF.
  • Putih: Asap putih bisa menandakan dua hal:
    • Putih tipis: Hal ini normal dan terjadi karena kondensasi air di dalam knalpot.
    • Putih tebal: Hal ini menandakan adanya kebocoran pada head gasket, yang menyebabkan air masuk ke ruang bakar.

Asap Biru Tipis Terus-menerus:

Jika mesin mobil mengeluarkan asap biru tipis secara terus-menerus setelah mesin dihidupkan, hal ini dapat mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan. Oli yang terbakar di ruang bakar dapat menyebabkan:

  • Penurunan kompresi mesin
  • Kotoran pada ruang bakar
  • Kerusakan pada piston dan ring piston

Sebaiknya lakukan langkah berikut:

  • Hentikan penggunaan mobil: Segera hentikan penggunaan mobil dan jangan dihidupkan kembali sampai masalahnya teratasi.
  • Periksa oli mesin: Periksa level dan kondisi oli mesin. Jika oli mesin berkurang atau berwarna coklat tua, kemungkinan ada kebocoran oli.
  • Bawa ke bengkel: Bawalah mobil ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Mencegah Kebocoran Oli:

Berikut beberapa cara untuk mencegah kebocoran oli:

  • Lakukan perawatan rutin: Ganti oli mesin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa juga seal klep, ring piston, dan turbocharger secara rutin.
  • Gunakan oli berkualitas tinggi: Gunakan oli berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.
  • Hindari kebiasaan mengemudi yang kasar: Hindari kebiasaan mengemudi yang kasar, seperti sering over-revving dan akselerasi mendadak.

Perawatan Rutin:

Perawatan rutin dapat membantu mengurangi risiko kebocoran oli dengan memastikan bahwa semua komponen mesin dalam kondisi baik.

Catatan:

  • Asap knalpot yang berwarna abnormal dapat menandakan adanya masalah serius pada mesin mobil. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terpercaya jika Anda melihat asap knalpot yang berwarna abnormal.

Itulah informasi mengenai penyebab mesin mobil panas dan berasap. Semoga dapat membantu anda dalam mengetahui permasalahan mobil anda saat ini.

Solusi terbaik untuk mengatasi asap pada kap mesin mobil yakni dengan membawa ke bengkel spesialis terdekat. 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/