New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mesin mobil panas dan berasap

Ketahui 3 Penyebab Mesin Mobil Panas Dan Berasap Kap Mesin

Ketahui 3 Penyebab Mesin Mobil Panas Dan Berasap Kap Mesin – Dimana ada asap pasti ada api, dimana ada masalah pasti ada sebab. Itulah peribahasa yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Asap terjadi sebab api yang menjalar pada komponen yang dapat terbakar.

Begitupun dengan kap mesin, tidak jarang pengguna mobil mendapati bagian kap mesin mengalami gejala berasap. Rasa panik, khawatir menyelimuti pikiran anda. Apakah dengan timbulnya asap menujukkan mesin mobil terbakar?

Mesin Mobil Berasap!

Timbulnya asap dari kap mesin mobil merupakan proses pembakaran suatu material yang berlangsung tidak secara sempurna. Artinya, pembakaran ini menghasilkan banyak karbon monoksida dan sulfur sehingga warnanya agak kelabu.

Jangan anggap spele, sebaiknya segera ketahui penyebab mesin mobil panas dan berasap dibawah ini agar mobil anda segera menangani perawatan tepat. Berikut selengkapnya simak dibawah ini;

Untuk didalam kap mesin, apakah mungkin mengeluarkan asap ?

Penyebab mesin mobil panas dan berasap

penyebab mesin mobil panas dan berasap

1. Asap Biru Sebab Oli Terbakar

Hal ini dapat menjadi penyebab mesin mobil panas dan berasap. Bila ceceran tersebut mengenai panas mesin seperti exhaust manifold

Apabila anda melihat ada asap berwarna biru tipis dari dalam kap mesin anda, itu tandanya oli mesin terbakar oleh panasnya mesin. Saat mesin dihidupkan, oli tersebut akan terbakar oleh panasnya exhaust manifold.

Alhasil timbul asap biru tipis yang keluar dari dalam kap mesin. Namun amsalah ini justru masih dianggap sepele oleh pengguna mobil. Sebaliknya, anda patut khawatir bila dalam durasi 2- 3 jam asap diruang mesin tidak kunjung hilang. Ini sudah dipastikan oli mengalami kebocoran.

Mengapa bisa terjadi kebocoran?

Sebab dalam pemasangan filter oli kurang kencang, dan bisa juga seal oli telah mengalami kerusakan. Salah satu tanda mengetahui ada atau tidaknya kebocoran oli diketahui dari banyaknya rembesan debu yang menempel. Segera tangani agar kerusakan tidak melebar.

2. Asap Abu-Abu/Kehitaman Sebab Packing Knalpot Bermasalah

Hal ini ditandai adanya masalah pada pembakaran mesin mobil. Kebocoran pada saluran knalpot kendaraan menyebabkan asap menjadi abu-abu atau kehitaman pekat.
Apa yang menjadi masalahnya?

Tiap sambungan exhaust system bisa bermasalah. Bisa packing exhaust manifold, packing catalytic converter, atau packing sambungan knalpot. Alhasil timbul suara kasar dari mesin karena suara pembakaran mesin juga bocor. Anda dapat mengatasinya dengan memilih ganti packing bila sudah rusak, atau kencangkan bila dalam keadaan kendur.

3. Asap Putih Gejala Mesin Overheat

Apakah mobil anda pernah mengalami gejala overheat? Overheat meruapakan momok yang paling dihindari oleh pengguna mobil sebab dapat memakan waktu lama, serta biaya relatif mahal.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Radiator Mobil Ini Bisa Cegah Overheating

Salah satu gejala overheat yakni timbul asap putih pada kap. Mengapa? Coolant yang terbakar menjadi penyebab asap putih hingga ngebul hingga membuat kepulan keatas udara.

Solusinya, anda membawa ke bengkel terdekat untuk melakukan diagnosa lanjut.

penyebab mesin mobil panas dan berasap

Itulah informasi mengenai penyebab mesin mobil panas dan berasap. Semoga dapat membantu anda dalam mengetahui permasalahan mobil anda saat ini. Solusi terbaik untuk mengatasi asap pada kap mesin mobil yakni dengan membawa ke bengkel spesialis terdekat. 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1896

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda