New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Cara Mengatasi Mesin Mobil Rembes Bisa Dilakukan dengan Mudah Asal Tahu Sumber Kebocorannya

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Rembes

Beda penyebab, beda juga cara mengatasi oli mesin mobil rembes atau bocor. Oleh sebab itu, pengecekan menyeluruh perlu dilakukan. Dengan mengetahui sumber masalah, maka solusi dan pencegahan yang tepat dapat dilakukan.

Pada dasarnya ada sekitar 9 titik kebocoran dan rembesnya oli mesin. Beda titik rembesan, beda juga kemungkinan penyebabnya. Dan tentunya beda juga solusinya.

Ada Oli Rembes dari Bagian Ujung Kanan Depan

cara mengatasi oli mesin mobil rembes

Masalah ini biasa disebabkan karena ada kerusakan pada seal kompresor. Jadi oli yang bocor kemungkinan besar bukanlah oli mesin, namun oli kompresor. Ciri dari masalah ini adalah kompresor AC mobil jadi sering bunyi kasar. Selain itu, AC mobil juga jadi kurang dingin.

Namun ada kemungkinan juga jika kebocoran pada seal oil pump dan seal oil crankshaft. Jika dibiarkan, timing belt bisa bermasalah.

Rembesan Oli pada Bagian Tengah Radiator

Lebih dari 70 persen kasus ini terjadi pada mobil tipe RWD. Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran di seal crankshaft.  Jika dibiarkan maka mesin mobil akan menimbulkan suara berisik. Suara berisik ini terjadi karena mesin saling menghentak.

Adapun cara mengatasi oli mesin mobil rembes pada bagian tengah radiator, cobalah untuk mengganti seal cranshaft mobil. Hati-hati saat pemasangan dan jangan memaksakan pemasangan jika komponen tidak masuk dengan presisi. Mengapa? Karena dapat menyebabkan sambungan menjadi longgar dan menjadi celah untuk kebocoran selanjutnya.

Oli Bocor dari Belakang Mesin

Lagi-lagi ini menunjukkan ada masalah pada seal crankshaft. Oleh sebab itu, penggantian seal cranshaft wajib dilakukan. Pastikan untuk segera mengatasi masalah ini sebab mesin yang harus berjalan dalam kekurangan oli akan lebih cepat untuk jebol.

Kebocoran dari Tempat Oli Transmisi

Ada 2 kemungkinan terjadi. Pertama adalah adanya masalah pada seal crankshaft mesin mobil. Namun bisa juga karena oli transmisi keluar. Biasanya karena transmisi rusak ada jebol.

Karena ada 2 kemungkinan, maka sumber oli ini harus dicek secara mendetail. Anda harus mengetahui apakah yang keluar merupakan oli transmisi, atau merupakan oli mesin mobil.

Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Rembes di Antara Ban Belakang

Kondisi yang paling sering terjadi adalah oli yang bocor di antara ban belakang mobil. Asal oli ini biasanya adalah oli gardan yang bocor. Jadi bisa dikatakan yang bocor bukanlah oli mesin.

Masalah rembes ini terjadi biasanya karena seal yang berhubungan dengan gardan mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi oli gardan mobil yang rembes ini, penggantian seal bisa dilakukan. Namun perlu dicari tahu juga kira-kira apa yang menyebabkan terjadinya kerusakan seal. Bisa jadi ada pemasangan yang kurang pas, bisa juga karena part memang sudah lama tidak diganti.

Ada Bercak Tumpahan Oli di Belakang, Dekat Wheel Drive

Jika dicek secara terliti, cara mengatasi oli mesin mobil rembes yang tumpah biasanya bukanlah oli mesin, namun oli gardan. Adanya tumpahan oli dekat wheel drive cukup mengkawatirkan karena ada kemungkinan kerusakan pada transmisi mobil.

Jangan sampai transmisi harus dibongkar dan biayanya akan sangat besar. Oleh sebab itu, jika ditemukan tumpahan di sekitar wheel drive, segera lakukan pengecekan dan perbaikan segera. Memang biaya perbaikannya cukup tinggi, namun masih jauh lebih murah ketimbang melakukan service atau ganti transmisi.

Muncul Rembesan Oli di Seal Roda Belakang

Kemungkinan besar terjadi karena ada kerusakan pada seal mesin. Oli merembet membasahi bagian dalam ban mobil. Jika dibiarkan, maka sistem pengereman menjadi tidak lagi pakem.

Untuk kasus ini, solusi dan cara mengatasi oli mesin mobil rembes yang disarankan adalah dengan menghubungi bengkel mobil untuk mencari tahu sumber utama kebocoran. Mengapa tidak bisa dilakukan sendiri? Karena ada banyak sekali kemungkinan titik kebocoran untuk masalah ini. Mengecek sendiri akan memakan waktu dan tenaga yang sangat besar.

Kebocoran Oli pada Roda Gigi Setir

Lagi-lagi ternyata bukan oli mesin yang bocor, namun oli kompresor. Oleh sebab itu, ciri dari masalah ini adalah munculnya gejala tidak dingin. Untuk mengantisipasi masalah ini, ceklah tiap bagian seal kompresor. Kemungkinan besar masalahnya ada di sana.

Jika kebocoran ini dibiarkan, lama-kelamaan setir mobil akan terasa sangat berat. Pada beberapa kasus bahkan menyebabkan setir mobil menjadi tidak bisa dikendalikan.

Oli di Knalpot dan Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Rembes ke Knalpot

Masalah ini termasuk di dalamnya jika tercium oli dari knalpot. Penyebab masalah ini adalah masuknya oli mesin mobil ke sistem pembakaran. Semakin dibiarkan maka akan muncul gejala-gejala seperti asap bau oli, asap warna putih, hingga oli mobil yang sering cepat habis.

Untuk mengatasi masalah cara mengatasi oli mesin mobil rembes ini maka pengecekan menyeluruh perlu dilakukan. Dan kemungkinan besar solusinya adalah mengganti klep di dalam mesin mobil. Biaya perbaikan untuk masalah ini bisa sangat tinggi. Oleh sebab itu, perbaikan perlu segera dilakukan selama masih turun mesin setengah. Karena menunda bisa menyebabkan turun mesin total.

Lihat Juga: Cara Mengatasi Mesin Mobil Panas

Itulah beberapa cara mengatasi oli mesin mobil rembes dan mengantisipasi agar masalah tersebut tidak datang lagi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mobil kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya