New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Inilah 6 Masalah Pada Toyota Agya yang Sering Nguras Kantong

Pengguna mobil berjenis LCGC terkadang dimunculkan oleh berbagai masalah pada Toyota Agya sehingga dapat menurunkan kenyamanan berkendara. Padahal mobil jenis ini merupakan tergolong simpel serta praktis terutama untuk mobilitas dalam kota yang padat. Apakah permasalahan dibawah ini juga menimpa anda?

1. Knalpot Ngebul Putih

Masalah yang pertama adalah knalpot menjadi ngebul putih. Sebenarnya hal ini masih wajar-wajar saja. Namun jika memiliki durasi hingga 10 menit lebih, anda patut waspada.

Cobalah untuk mengecek kompresor, dan injektor. Injektor yang sudah mengalami permasalahan sehingga pengabutan tidak bagus akan menimbulkan gejala asap putih.

Solusinya segera bawa ke bengkel spesialis untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Jika mobil anda masih bergaransi, sebaiknya bawa ke bengkel resmi Toyota karena sudah pasti mobil mengalami permasalahan pada ruang pembakaran.

2. Mesin Bising Ketika Dipanaskan

Ketahui ini, jika mesin belum panas berarti oli belum berputar atau melumas secara keseluruhan mesin. Jika timbul bising maka pemicunya ialah oli telat diganti hingga kadar kualitas menjadi menurun. Alhasil oli menjadi ‘berlumpur’ sehingga menyumbat saluran pada kinerja pelumasan oli.

Solusinya ialah coba untuk membuka cover klep dan kalter paint. Lihat dan perhatikan secara seksama. Jika kondisi sudah berbentuk gel, maka segera bersihkan. Jika sudah parah, mau tidak mau harus turun mesin untuk membersihkan secara keseluruhan.

3. RPM Drop Ketika Macet

Untuk permasalahan ini, ada baiknya cek plat kopling dan dekrup mobil. Jika sudah dipakai dengan waktu yang cukup lama, dampaknya menjadi uas atau habis.

Solusinya carilah bengkel spesialis yang mengerti terkait permasalahan tersebut. Pergantian part tergantung dengan kerusakan dan umur mobil.

4. BBM Boros, Tarikan Kurang Bertenaga

Beberapa pengguna terkadang dikeluhkan dengan BBM yang boros. Salah satu pengguna mengeluhkan ketika pemakaian dalam kota menggunakan pertalite dapat mencapai 1:9, lain halnya dengan pemakaian luar kota dapat mencapai 1:16. Padahal pemiliki sudah melakukan berbagai cara termasuk pemakaian filter, busi iridium, dll.

Baca Juga : Ternyata Ini Cara Ampuh Meningkatkan Tenaga Mobil LCGC

Hal ini tidaklah wajar sebab 1:9 seharusnya untuk mobil sekelas Audi Mercy BMW karena penggunaan silinder yang banyak. Selain itu sebaiknya jangan mengkonsumsi pertalite untuk mobil, sebaiknya gunakan pertamax yang sudah terbukti kualitas oke.

Solusinya, tidak ada salahnya untuk dibawa ke Dokter Mobil agar mendapatkan pengecekan lebih akurat.

5. Hilang Torsi Saat Menanjak

Selanjutnya, mobil Agya kerap dikeluhkan dengan keadaan hilang torsi ketika macet dan harus menanjak sehingga membutuhkan starter 3 kali. Apakah anda mengalaminya juga?

Penyebabnya ialah karena overheat sehingga butuh starter ekstra agar mesin kembali hidup. Jangan biarkan terlalu lama sebab kondisi ini cukup fatal untuk digunakan berkendara. Sangat disarankan untuk membawa ke bengkel.

6. AC Bunyi Dengung

AC pun kerap dikeluhkan oleh sebagaian pengguna mobil ini. Ketika kompresor AC sedang off, timbulah bunyi dengung. Lain halnya ketika kompresor sudah dalam keadaan on, bunyi tersenut hilang.

Untuk permasalahan ini sebaiknya dibawa ke bengkel spesialis AC terdekat untuk dilakukan pengecekan karena suara yang timbul harus ditelusuri lebih lanjut dengan melihat fisik mobil.

Tips Untuk Mobil Agya

Setelah mengetahui masalah pada Toyota Agya, nah dibawah ini terdapat sekelumit tips yang dapat anda lakukan. Apa saja? Selengkapnya ulas dibawah ini;

Memanaskan Mobil

Lakukan pemanasan mobil minimal 2 – 3 hari sekali jika mobil jarang digunakan. Setelah mesin sudah cukup panas, maka selanjutnya nyalakan AC, audio, serta lampu mobil selama 5 menit. Lalu matikan seluruhnya.

Jangan sampai lupa untuk menyalakan AC mobil, sebab oli kompresor dan freon akan mengendap jika lebih dari 3 hari. Oleh sebab itu maka AC butuh dinyalakan.

Perawatan Berkala 

Khusus untuk pengguna mobil LCGC tipe Agya terdapat isu dimana mobil tidak dapat dibawa perjalanan jauh. Untuk mengatasi hal tersebut, perlukah mengistirahatkan mobil selama 1-2 jam agar mesin tidak jebol?

Jawabannya sudah pasti TIDAK. Selama mobil anda mendapatkan perawatan yang baik seperti oli bagus, bahan bakar dengan oktan tinggi, coolant dengan titik didih bagus, maka dibawa sejauh apapun selama 24 jam mobil akan dapat berkinerja dengan baik.

Namun kondisi ini juga dapat memicu terjadinya gejala overheat saat dilanda macet menanjak setalah berpergian jauh.

Oli Untuk Agya

Oli yang direkomendasikan untuk mobil Agya ialah oli full synthetic. Pastikan oli yang anda gunakan memanglah asli. Untuk jenis kekentalan, pilihlah 5w30.

Ingat ini, mobil Agya hanya memiiliki 3 silinder saja. Sebab itu pemakaian oli tidak boleh terlalu kental sebab tarikan menjadi lebih berat.

Untuk penggunaan oli sangat disarankan untuk menggunakan tipe 5w30.

Mengganti Kondensor Dryer

Ketahui ini, semua sistem AC pasti menggunakan part kondensor dryer. Dryer AC wajib diganti setiap beberapa tahun sekali atau ketika kompresor sudah dalam kondisi jebol.

Untuk mengganti part ini, sangat dianjurkan ke bengkel spesialis AC. Bukan tanpa alasan, sebab didukung teknologi yang memumpuni sehingga harga jasa servis lebih terjangkau. Jika bengkel tidak mempunyai alat khusus, maka harus melakukan servis manual dengan membuang freon ke udara. Kondisi ini tentu akan merusak lingkungan.

Jangan lupa berikan perawatan terbaik pada mobil agar kenyaman berkendara tidak terganggu. Intip ulasan permasalahan lainnya hanya di Dokter Mobil sumber informasi terpercaya Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda