New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
masalah yang terjadi pada mobil avanza

Terkuak 10 Masalah yang Sering Terjadi Pada Mobil Avanza

masalah yang terjadi pada mobil avanza
Cara Mencegah Berbagai Penyebab Avanza Ndut Ndutan Sehingga Mobil Tetap Nyaman untuk Dikendarai

Masalah yang terjadi pada mobil avanza – Meskipun mobil andalan Toyota ini terbilang bandel dalam spek mesin, namun beberapa masalah yang terjadi pada mobil Avanza tidak bisa dihindarkan. Apakah anda mengalaminya juga?

Masalah yang terjadi pada mobil avanza

Jangan panik jangan khawatir, simak uraian masalah yang terjadi pada mobil avanza dibawah ini;

1. Mobil Nyedal-Nyendal

Permasalahan pertama yakni mobil mengalami gejala nyendal-nyedal ketika sedang berada pada porseneling Hal ini biasanya terjadi ketika RPM sedang berada dibawah. Cukup ditambahkan gas sedikit agar mobil tidak mengalami nyendal kembali.

2. Mika Head Lampu Kanan Pecah

Jika sudah pecah, solusinya ganti part tersebut dengan membeli di toko lampu. Pastikan part yang digunakan memang original, sebab jika kw atau palsu maka head lamp akan cepat menguning.

Baca Juga : Hal Sepele Tapi Bisa Menjadi Penyebab Avanza Mogok

3. AC Bunyi Ngorok

Ketika mobil Avanza bunyi ngorok, maka cobalah untuk flushing terlebih dahulu oli kompresor agar terangkat kotoran pada oli. Namun jika masih nihil, solusinya mengganti kompresor tapi tidaklah harus diganti. Agar mengetahui penyebabnya lebih akurat, bawa mobil anda ke bengkel spesialis AC terdekat untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

4. Mesin Bising Ketika RPM Tinggi

Selanjutnya, terkadang permasalahan yang sering dialami mobil Avanza bunyi bising ketika mobil dalam keadaan melaju kencang. Bisa jadi pemicunya disebabkan oleh laher ban yang sudah rusak

Solusinya yakni cek keseluruhan laher. Jika memang keterdapatan sudah rusak, maka ganti laker dengan part baru.

5. Mesin Mati Ketika Lampu Utama Menyala

Tidak jarang hal ini berimbas juga pada lampu engine menjadi menyala. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan mobil mengalami modifikasi lampu dari yang standar pabrik menjadi lampu variasi. Umumnya, teknisi modifikasi tidak terlalu mengerti tentang kesehatan mobil jadi langsung pasang tanpa mempertimbangkan dampak buruk yang kemungkinan akan terjadi. Part inilah yang memakan daya terlalu besar sehingga engine menjadi tekor pemakaian untuk supply kinerja mesin.

Solusinya ialah membalikkan menjadi keadaan sebelumnya yakni dirubah lampu standar. Jika masih mati-mati, coba untuk mengecek alternator. Bisa jadi alternator tidak mencapai 12,9 volt. Jika alternator dibawah kapasitas tersebut, maka mesin menjadi ngedrop.

6. Setir Susah Balik 

Ketika mobil berbelok, otomatis setir harus diputar. Namun permasalahan yang sering muncul ialah kondisi setir yang susah balik dalam keadaan lurus. Bisa jadi penyebabnya ialah kondisi EPS yang sudah lemah.

Solusinya bawalah ke bengkel terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

7. Tenaga Mobil Lemot

Tidak jarang tenaga mobil lemot hampir menyerbu semua pengguna mobil Avanza termasuk jenis tipe baru sekalipun.

Solusinya cukup bawa ke Dokter Mobil yang menyediakan part tambahan untuk mengembalikan performa mobil anda.

Baca Juga : Biaya atau Harga Service AC Mobil Avanza di Dokter Mobil

8. Idle Tinggi

Ketika mobil dalam keadaan dingin lalu dinyalakan, maka idle menjadi tinggi diatas 1. Hal tersebut merupakan kondisi wajar karena bertujuan agar mesin cepat panas. Idle akan kembali normal ketika mesin sudah cukup panas untuk dikemudikan.

9. Suara Bising Dibawah Mobil

Untuk permasalahan ini tidak dapat diketahui lebih jelasnya sebab sangat jarang dialami oleh pengguna mobil. Seharusnya tidak berbunyi. Jika timbul bunyi sudah pasti disebabkan oleh sesuatu hal.

Sangat disarankan untuk membawa ke Dokter Mobil agar dilakukan pengecekan lebih lanjut.

10. Radiator Bermasalah

Masalah yang terjadi pada mobil avanza ialah radiator yang bermasalah hanya keluar air radiator secara perlahan. Cobalah untuk mengecek thermostat apakah sudah dalam kondisi dibuka? Jika belum dibuka maka keluar air secara perlahan dapat terbilang normal. Artinya, selama mesin belum keadaan overheat hal tersebut masih dalam keadaan normal.

Nah itulah masalah yang terjadi pada mobil Avanza. Segeralah bawa ke bengkel spesialis terdekat agar masalah yang terjadi pada mobil avanza tidak merembet lebih jauh. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cari tahu permasalahan lainnya hanya di Dokter Mobil sumber informasi terpercaya Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 89631

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!