New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Tune Up Mobil Diesel

Ini Dia! 5 Cara Cuci Mesin Mobil yang Sesuai dan Akurat

Tahukah sobat cara cuci mesin mobil yang tepat dan akurat itu bagaimana dan apakah sobat oto sudah tahu langkah yang benar dan tepat? Memang tidak bisa dipungkiri cara cuci mesin mobil yang efektif belakangan ini sudah jarang diminati. Tahu kenapa? Ya anda benar. Karena maraknya auto detailing dan jasa cuci mesin dan cuci mobil di luar sana. Namun, bukan berarti jasa cuci mesin diluar sana dibenarkan ya. Karena ada beberapa jasa cuci mesin mobil yang main semprot dengan air bertekanan tinggi. Salah – salah malah berakibat fatal terhadap permesinan dan malah mogok karena kelistrikannya yang basah.

Simak 5 Cara Cuci Mesin Mobil yang Ampuh Berikut ini

servis mobil suzuki terdekat

  1. Dinginkan Mesin

Cara cuci mesin mobil pertama adalah dinginkan mesin terutama jika anda baru saja memakainya. Cara paling ampuh adalah sembari membuka kap mesin mobil dan tunggu 30-45 menit. Pokoknya pastikan kondisi mesin dingin terlebih dahulu, maka dari itu biasanya pagi hari adalah waktu yang tepat untuk cuci mesin mobil. Selain itu, sembari menunggu anda dapat membersihkan debu dan kotoran ringan yang menempel di permukaan mesin. Jika anda memiliki blower anda bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. Mulailah dengan menyapu menggunakan kuas dengan ujung lebar sampai ke sela-sela menggunakan kuas ujung runcing atau tipis.

Setelah itu, anda perlu melepas aki mobil. Hal ini merupakan cara cuci mesin mobil yang praktis. Karena nantinya anda akan menyemprotkan air, tentunya anda tidak ingin terjadi korsleting arus listrik nantinya. Jadi lebih baik yang bisa anda lepas perlulah dilepas. Keuntungan lainnya sobat otomotif akan lebih mudah mengakses bagian bawah penyimpanan aki, yang acap kali banyak kotoran, debu dan serangga bersarang di sana. Selain itu, perhatikan juga baut dan komponen yang menempel ya. Jangan sampai karena melepas aki, anda jadi lupa dimana menaruh semua baut-baut itu.

  1. Gunakan Sprayer

Cara cuci mesin mobil kedua, sobat otomotif dapat menggunakan sprayer. Ini adalah cara cuci mesin mobil paling efektif berikutnya. Menggunakan alat ini berarti anda dapat menghemat waktu. Penggunaan sprayer yang tabungnya sudah diisi campuran air dan sabun, akan mempermudah anda mencuci mesin mobil. Caranya, semprotkan bagian mesin secara menyeluruh dari atas ke bawah secara merata. Gunakan beberapa jenis ujung sprayer dari yang lebar sampai yang tipis untuk menyemprot ke bagian sela-sela kecil dan tak terjangkau baik oleh kuas ujung lebar atau lancip. Kemudian anda bisa menunggu selama beberapa menit untuk hasil terbaik.

  1. Gunakan Kuas Halus dan Sikat Gigi Lembut

Setelah anda merasa bahwa sabunnya menempel pada permukaan mesin, saatnya sobat membersihkan bagian mesin dengan kuas halus dan sikat gigi berkontur lembut. Tentunya, sikat gigi lembut dibutuhkan agar tidak terjadi baret pada bagian mesin mobil. Sapulah secara merata, namun jangan lupa untuk membasahi kuas dan sikat terlebih dahulu sebelum digunakan.

  1. Gunakan Degreaser

Jika anda menemukan ada noda yang sulit dibersihkan bahkan menggunakan kuas dan sikat kontur lembut. Anda bisa menggunakan degreaser. Ini cara cuci mesin mobil paling efektif ketiga. Penggunaan degreaser ada dua cara, bisa anda semprotkan langsung ke bagian mesin mobil atau disemprotkan ke bagian kuas atau sikat sobat otomotif. Tentunya disesuaikan dari jenis apa yang terdapat kotoran membandel. Caranya, anda bisa semprotkan dan tunggu sampai beberapa menit sebelum anda bilas.

Penggunaan degreaser memang diperbolehkan lho. Terutama di bagian atau di beberapa titik yang nodanya atau kotoran tidak dapat dibersihkan. Namun perhatikan ya, meskipun degreaser bisa merontokkan kotoran dan noda membandel bukan berarti semuanya bisa sobat semprotkan. Hati-hati justru jika cairan degreaser tidak dibersihkan sampai bersih malah akan menyebabkan timbulnya karat dan masalah baru pada mesin anda. Jadi pastikan dicuci sampai bersih, sampai tidak ada sisa sabun lagi.

  1. Gunakan Kompresor Bertekanan Tinggi

Cara cuci mesin mobil paling efektif adalah mengeringkan bagian mesin mobil menggunakan lap kanebo atau plas chamois . Jika anda memiliki kompresor  anda juga bisa menggunakan kompresor bertekanan tinggi, terutama pada bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh kain lap. Anda bisa menyemprotkan angin bertekanan tinggi dan pastikan kondisinya benar-benar kering ya sebelum komponen yang tadi dilepas sobat pasang lagi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kecoa di Dalam Mobil

Cara cuci mesin mobil yang paling efektif adalah mengikuti cara ini. Karena cara ini adalah cara paling mudah dan praktis. Namun, ada beberapa tips untuk ands sebelum melakukan tahap cuci mesin ini. Pertama, mencuci mesin mobil di outdoor tidak dibenarkan ya. Bukan tanpa sebab namun ini untuk menghindari panas matahari mengeringkan sabun yang ada pada mesin cuci, sehingga jika ini terjadi maka akan menghasilkan bercak sabun dan water spot yang sulit dihilangkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya