New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Daftar Lengkap Hal yang Jadi Penyebab Mobil Tidak Bisa Digas

Penyebab Tiba-Tiba Mobil Tidak Bisa Digas dan Solusinya

Saat terjadi kondisi di mana mendadak mobil tidak bisa digas tentu bisa membuat panik. Lantas apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Pada dasarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya masalah ini. Namun semua faktor tersebut akan menyebabkan masalah yang lebih besar jika tidak segera diatasi.

Penyebab Utama Mobil Tidak Bisa Digas

Kasus mobil yang gas nya tiba-tiba hilang ini sering terjadi pada mobil yang kurang diperhatikan kondisinya. Adapun beberapa hal yang umum jadi sumber masalahnya antara lain:

  1. Elektrik Injektor

    Ketika bagian mobil ini bermasalah, gas mobil bisa tidak bekerja dengan baik. Mengapa? Karena fungsi elektrik injektor adalah untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke mesin mobil.

    Pengecheckan Kondisi Elektrik Injektor

    Ketika elektrik injektor ini bermasalah, aliran bahan bakar akan tidak sempurna. Mesin yang kekurangan bahan bakar tidak bisa bergerak secara ideal. Pedal gas akan terasa ngempos dan tidak bertenaga karena mesin tidak mampu bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

    Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan perbaikan di bagian injektor. Perhatikan juga perawatan pada injektor mmobil untuk memastikan masalah ini tidak akan muncul kembali.

  2. Overheat Mesin

    Kondisi mesin yang sedang overheat akan memaksa mesin tidak bisa berputar dengan seharusnya. Karena untuk berputar diperlukan tenaga dalam kondisi tertentu. Namun saat overheat, dibutuhkan tenaga yang jauh lebih besar. Akibatnya, berapa kalipun pedal gas ditekan, mesin hanya akan ngempos.

    Kerusakan Busi Mobil Menyebabkan Gas Mobil Terasa Ngempos dan Mobil Susah Distarter

    Masalah overheat akan terjadi ketika radiator mobil bermasalah. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tahu apa penyebab mesin mobil cepat panas dan mulai melakukan perbaikan dan perawatan radiator. Namun penting juga untuk memperhatikan kondisi oli mobil. Ketika oli mobil sudah kurang atau sudah kotor, maka ganti oli wajib dilakukan.

  3. Masalah di Busi Mobil

    Busi menghasilkan pengapian untuk mobil. Namun kotornya busi, atau busi yang sudah lemah akan mempengaruhi performa sistem pembakaran.

    Ketika Busi Melemah Maka Mobil Lebih Susah Hidup Ketika Coba Distarter

    Biasanya masalah busi disebabkan karena adanya kerak yang menghalangi sistem pembakaran sehingga api yang dihasilkan tidak maksimal. Oleh sebab itu, kebersihan busi harus diperhatikan dengan baik.

  4. Filter Udara

    Mobil membutuhkan adanya asupan udara untuk proses pembakaran. Oksigen dibutuhkan untuk proses pembakaran bersama dengan bahan bakar. Untuk memastikan oksigen yang masuk ke ruang bakar tetap bersih, oksigen akan disaring oleh filter udara.

    Kondisi Filter Udara Mempengaruhi Kinerja Gas Mobil

    Ketika filter udara kotor, maka oksigen yang masuk akan tidak bersih, jumlahnya tidak ideal, dan menyebabkan udara yang masuk ke ruang bakar tidak menghasilkan pembakaran sempurna. Selain itu, hal ini juga menyebabkan gejala mobil tidak bisa digas ketika anda coba menekan pedal gas.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti filter udara secara berkala.

Ternyata cukup banyak ya hal yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa digas saat anda bepergian. Oleh sebab itu, menjaga performa mobil tetap prima sangatlah penting. Caranya bisa dengan melakukan pengecheckan dan perawatan mobil secara berkala.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda