New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
lampu indikator mobil menyala semua

Lampu indikator mobil menyala semua? Jangan Panik Ini Solusinya

Lampu indikator mobil menyala semua? Jangan Panik Ini Solusinya – Penyebab lampu indikator mobil menyala semua ada bermacam-macam bisa karena sistem yang eror atau memang dari mesin tersebut rusak. Oleh karena itu, saya sudah merangkum beberapa penyebab. Adapun indikasi mengapa lampu indikator mobil menyala semua. Ayo kita simak bersama.

Penyebab Lampu indikator mobil menyala semua

lampu indikator mobil menyala semua
lampu indikator mobil menyala semua
  • Lampu Indikator Solar Menyala

Penyebab pertama dari lampu indikator mobil menyala semua,
Terutama bagi anda yang menggunakan mobil Toyota Diesel seri awal atau di generasi awal. Jika lampu ini menyala maka ada yang salah. Namun biasanya hal ini disebabkan oleh wataer sedimenter solar sudah penuh atau dengan kata lain solar berada di filter sudah terlalu banyak bercampur dengan air.

Cara membersihkan water sedimenter solar adalah pertama pastikan ignition dalam posisi off. Lalu buka kap mesin, dan cari water sedimenter yang terletak dekat aki mobil. Di bagian water sedimenter terdapat keran untuk menguras dan cukup kendorkan saja tapi jangan sampai terlepas, maka air yang terdapat di solar akan keluar. Kemudian kuras sampai habis dengan cara menekan pompa primming manual dari atas sampai bawah.

Setelah selesai tutup kembali keran penguras yang tadi anda buka dengan rapat-rapat. Kemudian pompa water sediment tersebut agar terisi lagi oleh solar, tekan hingga terasa agak keras. Lalu bersihkan tumpahan solar dengan lap dan penyerap minyak seperti pasir atau serbuk kayu. Lalu anda bisa mencoba melakukan starter mesin sampai idle sekitar 5 menit. Jika masih sulit untuk hidup, pompa lagi solarnya dengan tenaga manual di tempat water sedimenter tadi. Lakukan sampai mesin hidup dan bisa idle.

Adapun cara untuk mereset lampu indikator solar atau water sedimenter yaitu pertama putar posisi kunci kontak ke arah off, lalu lepaskan konektor switch lampu indikator solar atau water sedimenter pada filter solar. Kemudian putar kunci kontak ke posisi ON selama 3 detik tanpa menghidupkan mesin. Setelah 3 detik, konektor switch lampu indicator solar atau water sedimenter harus dipasangkan pada filter solar. Pastikan konektor terpasang sempurna. Jika berhasil maka lampu indikator solar atau water sedimenter akan mati dalam waktu 3 detik setelah konektor terpasang. Namun jika anda sudah lakukan hal di atas lampu indikator masih terus menyala segera bawa ke bengkel terdekat ya.

  • Rem ABS Menyala

Peyebab ke-dua dari lampu indikator mobil menyala semua,
Biasanya ini terjadi pada mobil Toyota setelah ganti bearing roda. Ada kesalahan sistem yang terjadi pada rem ABS nya sehingga perlu dilakukan pengecekan. Ada dua cara melakukan pengecekan yaitu dengan scan tool dan secara manual. Untuk mengecek sensor ABS atau sensor kecepatan roda dengan scan tool anda bisa membawanya ke bengkel. Disana bengkel akan menggunakan menu data stream pada menu ABS untuk melihat kecepatan roda saat roda diputar dengan tangan. Tentu saja dengan cara mendongkrak roda dan kunci kontak pada posisi ON.

Selain itu untuk melakukannya dengan manual dengan cara mengukur nilai tahanan atau nilai resisten pada soket sensor. Yang diukur adalah nilai tahanan pada soket sensor yang menuju roda bukan soket sensor yang menuju ABS modulator. Nilai tahanan atau nilai resistensi biasanya menggunakan ohm meter atau avometer dengan nilai standar 1.1 kilo Ohm.

Jika nilai yang dihasilkan berada di atas nilai standar atau tidak menunjukkan nilai tahanan maka sensor atau kabel sensor putus. Jika kabel sensor putus ada dua cara yaitu mengganti sensor ABS atau speed sensor roda. Kedua menyambung kembali kabel yang sudah putus dan pastikan yang disambung memiliki nilai tahanan atau nilai resistensi yang sama dengan sensor roda yang lain.

  • Lampu Indikator Timing Belt Menyala

Timing Belt sendiri adalah komponen yang terbuat dari bahan sabuk karet yang kuat danĀ  pada salah satu sisi timing belt terdapat gerigi. Timing belt berfungsi menjadi penghubung antar komponen camshaft dengan komponen crankshaft melewati sprocker atau pulley. Jika timing belt ini sampai putus maka kendaraan akan mati total. Efek negative nya menyebabkan kerusakan serius pada internal mesin seperti klep dan piston. Penyebabnya lampu indikator timing belt menyala tentu saja Timing Belt yang aus.

Baca Juga : Mobil Brebet saat AC Nyala

Oleh karena itu, anda perlu mengganti timing belt ini setidaknya per 10.000 km. Ciri-ciri timing belt yang aus adalah terdengar suara abnormal seperti wuk wuk wuk, hal ini biasanya terjadi karena timing belt kendor. Kedua suara mesin kasar dan tidak bertenaga, hal ini biasanya kondisi tensioner sudah rusak. Ketiga mesin tiba-tiba mogok hal ini bisa terjadi karena kurangnya kepedulian pengendara terhadap timing belt.

Penyebab lampu indikator mobil menyala semua ada banyak. Itu sebabnya anda perlu melakukan pengecekan berkala dan sesering mungkin. Hal ini dikarenakan ada banyak komponen dalam mesin. Setiap lampu yang menyala memiliki fungsinya sendiri. Membaca buku manual adalah salah satu tercepat untuk mengetahui lampu indikator mobil menyala semua dan kerusakannya. Oleh sebab itu jangan sampai hilang ya, buku manual anda.

Itulah pembahasan kita pada artikel hari ini tentang lampu indikator mobil menyala semua, Semoga bermanfaat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7965

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!