📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ragam Masalah Lampu Indikator Mobil yang Umum Terjadi

Ragam Masalah Lampu Indikator Mobil yang Umum Terjadi

Kira-kira apa saja masalah lampu indikator mobil yang umum terjadi dan bisa jadi sinyal penanda adanya masalah di mobil, ya?

Lampu indikator mobil memang jadi tanda yang cukup jitu untuk mendeteksi apakah ada permasalahan di mobil, baik dari mesin ataupun komponen lain.

Agar Anda tak kebingungan saat lampu indikator tiba-tiba menyala, artikel ini akan bahas beberapa masalah lampu indikator mobil yang umum terjadi.

Masalah Lampu Indikator Mobil yang Sering Terjadi

Ini beberapa masalah lampu indikator mobil yang sering dan umum terjadi:

  1. Indikator Temperatur Mesin

Indikator temperatur mesin adalah salah satu indikator yang sangat penting dalam mobil.

Indikator ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang suhu mesin mobil.

Jika suhu mesin terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan kerusakan pada mesin dan komponen lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memeriksa indikator ini dan melakukan tindakan yang diperlukan jika lampu indikator menyala.

Lampu indikator temperatur mesin biasanya berwarna biru atau merah untuk menandai adanya masalah lampu indikator mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika lampu indikator menyala biru, ini berarti bahwa suhu mesin masih dalam kondisi normal.

Namun, jika lampu indikator temperatur mesin menyala merah, ini berarti bahwa mesin berada dalam kondisi overheat.

Overheating bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi penyebab yang paling umum adalah coolant radiator yang habis.

Coolant radiator adalah cairan yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika coolant ini habis, maka suhu mesin akan meningkat dan bisa menyebabkan overheating.

Oleh karena itu, jika lampu indikator temperatur mesin menyala merah, segera periksa level coolant Anda dan tambahkan jika perlu.

Selain itu, overheating juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada sistem pendinginan mesin, seperti radiator yang bocor atau pompa air yang rusak.

Jika Anda mencurigai bahwa ada masalah dengan sistem pendinginan mesin, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel profesional untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

  1. Lampu Indikator Check Engine

Lampu indikator check engine adalah indikator yang berfungsi untuk memberikan peringatan jika ada masalah dengan mesin mobil.

Jika lampu ini menyala, ini bisa berarti ada masalah dengan mesin atau komponen lainnya yang terkait dengan kinerja mesin.

Penyebab masalah lampu indikator mobil menyala di bagian check engine bisa bervariasi, mulai dari masalah kecil seperti tutup bensin yang tidak tertutup dengan baik, hingga masalah besar seperti kerusakan pada sistem pengapian atau sistem bahan bakar.

Oleh karena itu, jika lampu indikator check engine menyala, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel profesional untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan ini biasanya melibatkan penggunaan alat diagnostik yang dapat membaca kode kesalahan dari komputer mobil.

Kode ini akan memberikan informasi tentang jenis masalah yang sedang dialami oleh mesin. Setelah masalahnya teridentifikasi, mekanik akan dapat melakukan perbaikan yang diperlukan.

Perlu diingat bahwa meskipun lampu indikator check engine bisa menyala karena masalah kecil, tetapi jangan mengabaikannya.

Masalah yang tampak kecil bisa menjadi besar jika dibiarkan tanpa perbaikan.

Oleh karena itu, selalu lakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan jika lampu indikator check engine menyala.

Jika ternyata sumber permasalahannya ada di bagian sistem pengapian mesin mobil, service tune up Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi pilihan tepat yang Anda tuju untuk atasi permasalahannya.

  1. Lampu Indikator Oli

Lampu indikator oli adalah indikator yang memberi tahu Anda jika mobil Anda kekurangan oli atau ada masalah dengan sistem pelumasan.

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan mencegah gesekan yang bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memastikan bahwa level oli mesin cukup.

Sebagai tanda masalah lampu indikator mobil, lampu indikator oli ini biasanya menyala.

Ini bisa berarti bahwa level oli mesin rendah. Jika ini terjadi, sebaiknya periksa level oli mesin dan tambahkan oli jika perlu.

Pastikan untuk menggunakan jenis oli yang tepat untuk mobil Anda, karena jenis oli yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Selain itu, lampu indikator oli juga bisa menyala jika ada masalah dengan sistem pelumasan.

Misalnya, jika pompa oli rusak atau filter oli tersumbat, ini bisa mengganggu aliran oli ke komponen mesin dan menyebabkan kerusakan.

Jika Anda mencurigai bahwa ada masalah dengan sistem pelumasan, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel profesional untuk pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Perlu diingat bahwa meskipun lampu indikator oli bisa menyala karena masalah kecil, tetapi jangan mengabaikannya.
Masalah yang tampak kecil bisa menjadi besar jika dibiarkan tanpa perbaikan.

Oleh karena itu, selalu lakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan jika lampu indikator oli menyala.

Di Dokter Mobil, Anda bisa dapatkan service ganti oli mesin dengan lebih bersih dan canggih melalui metode Cuci Darah, lho!

Selain itu, jenis oli mesin yang digunakan pun merupakan oli 9Circle, yang diformulasikan langsung dari jerman agar sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

  1. Lampu Indikator Aki Menyala

Lampu indikator aki yang menyala bisa disebabkan oleh aki mobil yang lemah atau rusak.

Aki adalah komponen yang menyimpan listrik untuk sistem listrik mobil.

Jika aki ini lemah atau rusak, ini bisa mengganggu aliran listrik ke sistem listrik mobil dan membuat lampu indikator aki menyala.

Jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya periksa kondisi aki Anda dan ganti jika perlu.

Pastikan untuk menggunakan aki yang tepat untuk mobil Anda, karena aki yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada sistem listrik mobil.

Selain itu, masalah lampu indikator mobil bagian aki juga bisa menyala jika sistem pengisian listrik mobil bekerja lebih keras untuk mencoba mengisi aki.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti alternator yang rusak atau belt alternator yang kendur.

Jika Anda mencurigai bahwa ada masalah dengan sistem pengisian listrik mobil Anda, sebaiknya periksa kondisi sistem ini dan lakukan perbaikan yang diperlukan.

Pastikan untuk menggunakan komponen yang tepat untuk sistem pengisian listrik mobil Anda, karena komponen yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada sistem ini.

  1. Indikator Bahan Bakar Mobil Tidak Akurat

Indikator bahan bakar mobil yang tidak akurat dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya adalah sensor bahan bakar yang rusak, yang terletak di tangki bensin dan bertugas mengukur jumlah bahan bakar.

Jika sensor ini rusak, indikator akan menunjukkan pembacaan yang salah dan perlu diganti.

Masalah lain bisa berasal dari kabel atau koneksi listrik antara sensor dan indikator, yang jika rusak atau longgar, perlu diperbaiki.

Float di dalam tangki bahan bakar, yang mengapung di atas permukaan bahan bakar dan terhubung ke sensor, juga bisa rusak atau macet, sehingga memerlukan penggantian atau perbaikan.

Selain itu, indikator bahan bakar di dashboard yang rusak bisa menyebabkan pembacaan yang salah dan mungkin perlu diganti.

Terakhir, suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi pembacaan sensor bahan bakar, dengan bahan bakar yang menyusut dalam kondisi dingin dan mengembang dalam kondisi panas.

Jika mengalami masalah ini, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel atau mekanik profesional untuk pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan.

Mengatasi masalah lampu indikator mobil memang bisa tampak menakutkan, tetapi dengan pengetahuan yang tepat dan pemeliharaan yang rutin, Anda bisa memastikan bahwa mobil Anda tetap berjalan dengan lancar.

Kalau Anda bingung cari tempat yang tepat untuk atasi masalah lampu indikator mobil menyala, Dokter Mobil adalah pilihan bengkel mobil terbaik yang bisa dituju.

Merupakan pionir bengkel mobil bersertifikasi ISO di Indonesia, kualitas diagnosa dan service-nya jelas tak perlu Anda ragukan lagi.

Tertarik untuk coba? Anda bisa langsung hubungi dan kunjungi beberapa cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda di bawah ini:

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Jl Raya Pondok Betung No. 18, RT. 06, RW. 02, Bintaro sektor 3 arah sektor 4 Kel. Pondok Karya, Kec. Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan, 15225

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form