📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Pengertian Ecu Mobil Beserta 7+ Jenis Ecu Pada Mobil

ecu mobil

Berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat, saat ini sudah banyak mobil yang sudah menggunakan teknologi elektrik. EFI system menjadi salah satu sistem berteknologi tinggi yang peranannya dapat menggantikan karburator dan sistem ini terbukti sangat efisien. Pengertian ecu mobil pada intinya, Ecu mobil adalah Engine Control Unit atau seperangkat alat yang bekerja sebagai sebuah sistem pengatur dan sebagai pengontrol pada kendaraan bermesin.

Salah satu komponen EFI yang cukup populer ecu mobil adalah Electronik Control Unit atau ecu mobil. Sampai saat ini, masih banyak pengendara mobil yang juga masih belum memahami dan mempelajari mengenai ecu, padahal ecu memiliki peranan yang lumayan penting dalam sebuah sistem mobil.

Peran Ecu Pada Mobil

ecu mobil

Ecu mobil adalah komponen mobil yang berperan sebagai sirkuit elektronik utama dalam sebuah mobil. Apa itu ecu mobil, ecu akan mengendalikan aktuator yang dapat menggantikan sistem mekanis seperti injektor, electric fan, VVT dan yang lainnya.

Dahulu pencampuran bahan bakar, pengukuran waktu pengapian, juga campuran udara terhadap bahan bakar dan kecepatan putaran mesin dilakukan dengan cara sistem yang mekanis. Sekarang dengan hadirnya sistem ecu pada mesin injeksi tentu semua hal tersebut bisa dikendalikan dengan proses komputer yang ditanamkan dalam sebuah sistem tersebut.

Apa itu ecu mobil, secara umum keberadaan dari ecu mobil adalah yang ada pada mesin injeksi berarti komponen inti yang mampu menentukan berapa jumlah bahan bakar yang sudah disuplai ke dalam sebuah mesin. Pada dasarnya, program komputer itu akan menerima beberapa data dan yang akan menggerakan mesin sesuai dengan takaran yang diperlukan.

Ecu mobil adalah yang juga mampu menentukan durasi injeksi bahan bakar pada bagian injektor atau alat penyuplai bahan bakar dengan cara menentukan waktu yang tepat untuk memberikan campuran udara dan bahan bakarnya terhadap mesin.

Pengertian ecu mobil juga komponen yang memiliki fungsi sebagai sirkuit elektronik utama pada sebuah mobil. Seperti halnya CPU pada komputer, komponen ini bertugas untuk mengendalikan fungsi mekanis pada mobil. Pengertian ecu mobil juga biasa disebut “otak” mobil karena berisi serangkaian elektronika yang bertugas memerintahkan sistem untuk bekerja.

Bukan Cuma itu, pengertian ecu mobil juga berguna untuk mengatur berbagai sistem peranan penting dalam sebuah mobil. Pengaturan yang terbantu oleh ecu seperti mengatur identifikasi kunci pada mobil, mengatur kinerja kipas pendingin untuk mesin, menghidupkan alarm pada mobil ketika adanya suatu gangguan dan masih banyak fungsi penting yang lainnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Jenis Ecu Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Engine control module atau ECM

ECM adalah sebuah modul yang dikhususkan untuk mengatur mengenai kinerja mesin mobil. Pengaturan ini dimulai dari proses starting mobil, penyalaan bagian busi, injeksi pada bahan bakar dan pada proses cooling atau pendinginan mobil.

  1. Powertrain Control Module atau PCM

PCM adalah modul khusus yang dapat mengatur kinerja dari sebuah sistem pada powertrain mobil dan modul ini juga akan memastikan aliran tenaga dari suatu mesin mobil sampai ke bagian roda. Modul ini tidak terdapat pada semua jenis mobil, karena hanya ada di beberapa mobil saja.

  1. Body Control Module atau BCM

BCM merupakan sebuah modul yang juga khusus kerjanya untuk mengatur kelistrikan pada body seperti wiper otomatis atau manual, klakson, lampu dan yang lainnya. Bukan Cuma itu, modul ini juga bisa membantu sistem hiburan di bagian dashboard mobil.

  1. Transmission Control Module atau TCM

Modul jenis ini hanya dapat bekerja pada mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau mobil matic. Fungsi dari modul ini sangatlah jelas yaitu untuk mengatur perpindahan transmisi atau moment transmisi sesuai dengan RPM  pada mesin.

  1. ABS Control Module

Modul jenis ini adalah sebuah modul yang ditempatkan pada mobil yang berteknologi pengereman ABS. Modul ini berfungsi untuk mengatur sistem pengereman yang mencegah roda slip atau terkunci di jalanan yang licin. Modul ini juga sangat berperan penting dalam sistem keselamatan mobil yang lainnya.

  1. HVAC Control Module

Modul ini hanya akan ditemukan pada beberapa mobil terutama yang sudah mengusung teknologi Auto AC System dan modul ini sangat memungkinkan untuk pengendalian sirkulasi kabin secara otomatis sesuai dengan atmosfer di bagian dalam serta juga di bagian luar kabin.

  1. Airbag Control Module

Sistem airbag juga merupakan perangkat keselamatan pasif, sehingga dapat mencegah cedera pada tubuh penumpang saat adanya benturan di bagian tubuh. Modul inilah yang tugasnya berperan untuk mengembangkan kantung airbag.

Penyebab Kerusakan Dan Biaya Perbaikan

Apa itu ecu mobil, ecu mobil juga menjadi komponen mobil yang bisa saja ecu mobil rusak dan penyebab yang dapat ditimbulkan saat ecu mobil rusak juga sangatlah banyak. Hal penting yang sangat berpengaruh terhadap kondisi ecu mobil adalah jarak tempuh dari mobil dan juga usia kendaraannya.

Kebanyakan mobil injeksi yang usianya sudah di atas 10 tahun kerap mengalami ecu mobil rusak dan kerusakan tersebut bisa dideteksi dengan cepat. Setidaknya Anda perlu mengetahui ciri-ciri ecu mobil rusak, agar bisa untuk memantau kondisi ecu supaya tetap bagus.

Dibaca Juga: Fungsi dan Penyebab ECU Mobil Rusak

Fungsi ECU Pada Mobil

Ada beberapa peranan fungsi ECU di dalam sistem kerja pada mobil. Namun fungsi yang paling utama dari komponen ini adalah menjadi sistem sirkuit elektronik utama pada mobil untuk mengontrol satu atau lebih bagian lainnya. Sebagai pengontrol, apa itu ecu mobil, ECU mobil adalah alat yang memberikan dampak positif untuk kinerja mobil. Ada beberapa fungsi peranan yang diberikan.

  1. Pencampuran Bahan Bakar Akan Menjadi Lebih Mudah dan Tepat
    Bahan bakar yang digunakan harus dicampurkan dengan udara agar menjadi suatu kombinasi yang tepat dalam sistem pembakaran mobil. Berkat hadirnya ECU, proses pencampuran ini berjalan dengan mudah dan tepat. Sistem komputer yang berada di dalamnya yang bisa membuat hasil pencampuran semakin baik.
    Perlu diketahui bahwa pada saat awal, pencampuran bahan bakar dengan udara, kecepatan putaran mesin, dan pengukuran waktu pengapian dilakukan secara mekanis. Namun setelah hadir ECU ini membuat proses ini menjadi semakin mudah.
  2. Penentuan Suplai Bahan Bakar Menjadi Tepat
    Tidak hanya itu saja, fungsi lain dari ECU ini juga adalah menentukan suplai bahan bakar yang menjadi tepat. Bahan bakar yang harus disuplai ke dalam mesin mobil dioperasikan dengan program komputer berisi data-data untuk menggerakan mesin sesuai kebutuhan takarannya.
  3. Menentukan Durasi Injeksi Bahan Bakar ECU mobil juga mempunyai fungsi untuk menentukan durasi injeksi bahan bakar pada injector. Proses ini dilakukan dengan cara menentukan waktu paling tepat untuk memberikan campuran bahan bakar dengan udara pada mesin. Inilah yang akhirnya membuat proses pembakaran pada mesin semakin optimal.
  4. Mengatur Berbagai Macam Sistem
    Jika Anda telah membaca beberapa fungsi ECU di atas, semuanya berhubungan dengan sistem pembakaran mobil. Namun masih ada sistem penting lainnya yang ada pada dalam mobil yang diatur oleh ECU. Dimulai dari mengatur kinerja kipas cooling mesin, identifikasi kunci pada mobil, juga menghidupkan alarm mobil ketika ada gangguan, hingga fungsi penting lainnya.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada ecu Mobil

  • Mesin mobil sulit dihidupkan dengan otomatis menggunakan starter.
  • Penggunaan bahan bakar yang menjadi semakin boros meski jarak tempuhnya tidak terlalu jauh.
  • Saat berkendara juga akan terasa sedikit tersendat di bagian mesin.
  • Mobil terasa lebih berat pada saat dikendarai karena adanya pengurangan tenaga mesin.
  • Lampu check engine di tampilan dashboard mobil mati total atau menyala dengan sendirinya.

Pada saat ecu mengalami kerusakan, maka Anda bisa segera memperbaikinya atau Anda juga bisa langsung mengganti dengan yang baru. Biaya perbaikan ecu sangat tergantung dari kerusakannya, semakin parah tentu akan semakin mahal juga.

Pada dasarnya, ecu dibedakan berdasarkan tipe mobil dan juga kualitasnya. Semakin bagus kualitas ECU nya, maka juga semakin mahal harganya harganya. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️