📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab Blower AC Mobil Kotor, Karena Debu?

Penyebab Blower AC Mobil Kotor

Apakah Anda sering merasa bahwa blower AC mobil Anda tidak berfungsi sebaik dulu? Atau apakah Anda mengalami masalah dengan udara yang keluar dari blower AC mobil yang terasa tidak segar atau bahkan berbau tidak sedap?

Jika ya, maka Anda mungkin menghadapi masalah blower AC mobil kotor.

Blower AC adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mobil. Tugas utamanya adalah menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara, terutama dalam cuaca panas.

Namun, seiring berjalannya waktu, blower AC mobil kotor bisa terkena kotoran, debu, dan kotoran lainnya, yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

Pada artikel ini, kami akan membahas penyebab umum blower AC mobil kotor dan bagaimana mengatasinya.

Penyebab Blower AC Mobil Kotor

Blower AC mobil kotor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk memahami dengan lebih baik penyebab kotoran pada blower AC, mari kita lihat secara lebih detail:

1. Akumulasi Debu dan Kotoran

Dalam kehidupan sehari-hari, mobil kita terpapar debu, polusi, dan kotoran lainnya di jalan. Debu dan kotoran ini dapat masuk ke dalam sistem AC melalui lubang udara atau saluran lainnya.

Ketika AC mobil dinyalakan, udara luar yang terkontaminasi ini masuk ke dalam blower AC dan menempel pada bilah kipas dan permukaan lainnya.

Seiring waktu, blower AC mobil kotor akibat penumpukan debu dan kotoran, menyebabkan hambatan aliran udara dan berpotensi merusak komponen lain dalam sistem.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ketika debu menumpuk di dalam menyebabkan blower AC mobil kotor, itu dapat mengganggu kipas blower dan menghambat pergerakannya.

Sebagai hasilnya, udara yang ditiupkan ke dalam kabin mobil menjadi tidak optimal, mengurangi kualitas pendinginan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

2. Pertumbuhan Jamur dan Bakteri

Lingkungan lembab di dalam mobil dapat menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri, menyebabkan blower AC mobil kotor.

Jika AC mobil jarang digunakan atau digunakan hanya dalam periode tertentu, kelembaban di dalam kabin dapat meningkat dan menyebabkan kondensasi.

Kondensasi ini bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam blower AC, yang selanjutnya dapat menyebabkan bau tidak sedap dan bahkan masalah kesehatan jika udara yang tercemar masuk ke dalam kabin.

Pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam blower AC dapat terjadi ketika udara lembab tidak dapat mengering dengan baik.

Area-area yang lembab di dalam blower AC menjadi lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme ini untuk berkembang biak.

Selain menyebabkan bau tidak sedap, mikroorganisme ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan alergi pada penghuni mobil.

3. Penyumbatan Saluran Udara

Sistem AC mobil memiliki saluran udara yang menghubungkan blower dengan saluran udara di kabin mobil.

Saluran ini dapat tersumbat oleh serangga, daun, atau kotoran lainnya yang masuk melalui lubang udara.

Ketika saluran udara tersumbat, blower AC mobil kotor, aliran udara dari blower AC akan terhambat, menyebabkan kinerja AC menjadi tidak optimal.

Penyumbatan saluran udara ini seringkali terjadi pada saluran yang terletak di dekat gril atau lubang udara eksternal mobil.

Serangga atau daun dapat masuk dan terjebak di dalam saluran udara, menghambat aliran udara masuk ke dalam blower AC.

Hal ini akan mengurangi jumlah udara yang dihembuskan ke dalam kabin mobil, sehingga penghuni mobil tidak merasakan kenyamanan dan pendinginan yang diinginkan.

4. Filter AC Tersumbat

Filter AC adalah komponen penting dalam sistem AC mobil yang bertugas menyaring debu, polusi, dan partikel-partikel kecil lainnya sebelum udara masuk ke dalam kabin. Filter ini terletak di antara saluran udara dan blower AC.

Jika filter AC jarang dibersihkan atau diganti, filter tersebut dapat tersumbat oleh kotoran yang terjebak di dalamnya.

Penyumbatan pada filter AC dapat terjadi ketika debu dan kotoran yang terperangkap dalam filter tidak dibersihkan secara teratur.

Ketika filter tersumbat, aliran udara masuk ke dalam blower AC akan terhambat, mengurangi kinerja sistem pendinginan dan menyebabkan beban kerja yang berlebihan pada komponen blower.

Selain itu, filter AC yang tersumbat juga dapat meningkatkan risiko pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam blower AC.

Baca Juga: Mengatasi Filter AC Mobil Tersumbat Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Blower AC Mobil Kotor pada Hyundai Tucson

Jika Anda menggunakan Hyundai Tucson dan mengalami permasalahan pada AC mobil, untuk menjaga performa AC mobil Anda dan mencegah masalah yang disebabkan oleh blower AC mobil kotor, Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

1. Bersihkan Blower AC secara Teratur

Bersihkan blower AC secara teratur untuk menghilangkan kotoran, debu, dan serbuk halus lainnya yang menempel menyebabkan blower AC mobil kotor. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda membersihkan blower AC dengan baik:

  • Matikan mesin mobil dan pastikan AC dalam keadaan mati.
  • Buka panel blower AC yang terletak di bawah dashboard mobil.
  • Gunakan kuas lembut atau vakum dengan nozzle yang sempit untuk membersihkan kotoran dan debu pada blower AC.
  • Pastikan Anda membersihkan setiap bilah kipas dan permukaan blower secara menyeluruh.
  • Setelah selesai membersihkan, pasang kembali panel blower AC dengan benar.

2. Periksa dan Bersihkan Saluran Udara

Periksa saluran udara yang menghubungkan blower AC dengan saluran udara di kabin mobil. Pastikan tidak ada penyumbatan seperti serangga, daun, atau kotoran lainnya yang sebabkan blower AC mobil kotor. Jika ditemukan penyumbatan, bersihkan dengan hati-hati menggunakan kuas atau alat semacamnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan saluran udara:

  • Periksa lubang udara eksternal dan pastikan tidak ada kotoran atau serangga yang terperangkap di dalamnya.
  • Jika ada penyumbatan, gunakan kuas lembut atau sikat untuk membersihkan lubang udara tersebut.
  • Periksa saluran udara di dalam kabin mobil, terutama yang terhubung langsung dengan blower AC. Bersihkan saluran udara dari kotoran yang terperangkap menggunakan kuas atau alat semacamnya.
  • Pastikan tidak ada penghalang yang menghalangi aliran udara melalui saluran udara.

3. Ganti Filter AC Secara Teratur

Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter AC secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Filter AC yang kotor dapat mengurangi kualitas udara yang masuk ke dalam kabin mobil dan meningkatkan risiko blower AC mobil kotor.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengganti filter AC:

  • Buka panel filter AC yang terletak di dalam kabin mobil, biasanya di bawah dashboard atau di belakang laci glove box.
  • Keluarkan filter AC yang lama dan periksa kondisinya. Jika filter terlihat kotor atau tersumbat, gantilah dengan filter AC yang baru.
  • Pasang filter AC yang baru dengan benar sesuai arah aliran udara yang tertera pada filter.
  • Pastikan filter terpasang dengan kokoh dan tidak ada celah yang dapat memungkinkan udara terbypass melalui filter.

4. Gunakan Desinfektan AC Mobil

Jika Anda mengalami masalah bau tidak sedap atau pertumbuhan jamur di dalam blower AC mobil kotor, Anda dapat menggunakan desinfektan khusus untuk membersihkan sistem AC mobil.

Desinfektan ini dapat membunuh jamur dan bakteri yang ada, menghilangkan bau tidak sedap, dan meningkatkan kualitas udara di dalam kabin.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan desinfektan AC mobil:

  • Pastikan AC dalam keadaan mati dan buka jendela mobil untuk sirkulasi udara yang baik.
  • Ikuti petunjuk penggunaan desinfektan AC dengan teliti.
  • Biasanya, desinfektan akan disemprotkan langsung ke dalam saluran udara atau filter AC.
  • Biarkan desinfektan bekerja selama beberapa waktu sesuai petunjuk penggunaan.
  • Setelah itu, nyalakan kembali AC dan biarkan udara mengalir selama beberapa menit untuk membantu menghilangkan residu desinfektan.

Soal perawatannya, jelas percayakan pada bengkel spesialis AC mobil terbaik dan terpercaya – Dokter Mobil – adalah salah satu solusi yang paling tepat untuk dituju.

Sebagai salah satu bengkel spesialis AC mobil terkemuka di Indonesia, adanya teknisi yang ahli, peralatan canggih berteknologi tinggi, serta SOP yang sistematis, membuat penanganan seputar permasalahan AC mobil di Dokter Mobil begitu terpercaya kualitasnya.

Untuk menegaskan akan kualitasnya, bahkan service AC mobil di Dokter Mobil juga disertai dengan masa garansi yang bisa Anda klaim di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia.

Bahkan Dokter Mobil juga sudah resmi mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System, semakin meyakinkan Anda untuk tak perlu ragu akan kualitas layanan dari penanganan AC mobil di Dokter Mobil ini.

Tertarik coba langsung layanan service AC mobil di Dokter Mobil untuk bersihkan blower AC mobil kotor dengan tepat? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa Anda tuju untuk langsung dapatkan penanganan:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Anda bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean. Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7776-0597 (atau hubungi di sini).

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

7 Penyebab AC Honda Jazz Mati, Karena Blower Kotor

7 Penyebab Ac Honda Jazz Mati

Mengalami masalah dengan AC Honda Jazz mati? Jangan buru-buru panik! Salah satu alasan umum yang dapat menyebabkan matinya AC Honda Jazz adalah blower yang kotor.

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!