💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Mesin Mobil Mati saat Perjalanan Jauh, Cari Tahu Solusinya!

mesin mobil mati saat perjalanan jauh

Mesin mobil mati saat perjalanan jauh merupakan mimpi buruk bagi setiap pengendara mobil apalagi saat mobil mati di malam hari. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan ketika mesin mobil mati saat perjalanan jauh adalah dengan membuka kap mesin dan melepaskan aki selama 10 atau 15 menit dan sambungkan kembali semuanya dan mulai dari awal.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat mesin mobil mati saat digunakan? Dan bagaimana untuk memperbaikinya? Berikut adalah faktor-faktor penyebab mengapa mesin mobil mati saat perjalanan jauh serta bagaimana kiat-kiat pencegahan serta penanganannya. Mari disimak!

Faktor Penyebab Mesin Mobil Mati saat Perjalanan Jauh

penyebab mesin mobil mati saat perjalanan jauh

  • Bensin Tidak Sampai Ruang Bakar

Bahan bakar yang tidak sampai ke ruang bakar bisa menyebabkan mesin mobil saat perjalanan jauh. Hal ini bisa terjadi karena beberapa masalah, simak penjelasannya berikut ini:

    • Pompa bahan bakar rusak

Penyebab pertama mesin mobil mati saat perjalanan jauh, yaitu mesin mati tiba-tiba saat mengemudi, kemungkinan besar disebabkan oleh bahan bakar yang buruk. Perlu Anda ketahui saat Anda menghidupkan kunci mobil, semua item listrik menerima sinyal dari PCM (Modul Kontrol Powertrain) yang kemungkinan bekerja bersamaan. Ketika mobil dinyalakan, pompa bahan bakar akan menciptakan tekanan yang cukup untuk mendorong bahan bakar melalui injektor bahan bakar. Jika pompa bahan bakar tersebut tidak menghasilkan tekanan yang cukup maka injektor Anda tidak akan menerima jumlah bahan bakar yang tepat sehingga mesin Anda akan terasa mati.

    • Tangki bahan bakar kosong

Tangki bahan bakar yang kosong tentu saja dapat menyebabkan mesin mobil mati saat perjalanan jauh. Kosongnya bahan bakar pada tangki kemungkinan besar karena pengukur gas yang salah dan tidak dapat melacak jumlah bahan bakar yang sebenarnya. Oleh karena itu, Anda harus memperbaiki atau mengganti pengukur bahan bakar yang rusak untuk menghindari mesin mobil mati saat perjalanan jauh.

    • Filter bahan bakar kotor

Filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan mobil mati. Filter bahan bakar memiliki fungsi menyaring kontaminan yang akan masuk. Maka ketika filter bahan bakar menjadi kotor hal ini akan membatasi aliran bensin dan udara sehingga mobil tidak menerima gas sebanyak yang dibutuhkan. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan mobil mogok atau mesin tidak mau hidup sama sekali.

    • Injektor bahan bakar kotor

Injektor bahan bakar kotor dapat menyebabkan mobil mogok atau mesin mati tiba-tiba. Mobil dengan injeksi bahan bakar membutuhkan jumlah bahan bakar yang tepat untuk dikirim oleh injektor. Adanya kotoran dan kerak karbon pada injektor dapat menyumbat semua lubang yang menyebabkan mobil Anda. Efek samping yang paling umum dari injektor bahan bakar yang kotor adalah mobil yang berjalan hanya beberapa menit kemudian mati.

  • Pengirim Udara ke Mesin Mobil Tidak Mencukupi

    • Throttle body rusak

Throttle body rusak akan menyebabkan mesin mobil mati saat perjalanan jauh. Throttle body berfungsi untuk memasok jumlah bahan bakar dan udara yang tepat ke mesin sehingga mengontrol berapa banyak daya yang dihasilkan mesin. Sensor posisi throttle pada throttle body merupakan perangkat listrik yang dapat mengirimkan informasi ke sistem komputer utama mobil. TPS ini dapat memberi tahu komputer pada mobil jika bensin dirasa tidak cukup untuk melakukan perjalanan sehingga mobil akan mati secara otomatis untuk menghindari kerusakan mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: Tanda Throttle Body Bermasalah dan Cara Mengatasinya

    • Filter udara tersumbat

Filter udara tersumbat menyebabkan mesin mobil mati saat perjalanan jauh, maka hal ini penting untuk memastikan filter udara mesin bersih dan berfungsi dengan baik. Jika dirawat dengan benar maka filter akan awet. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak lupa membersihkan filter udara pada mesin.

  • Sensor dalam Sistem Elektronik Tidak Berfungsi

    • Sensor posisi crankshaft rusak

Sensor posisi poros engkol merupakan bagian yang dapat gagal saat beroperasi karena dapat menyebabkan kondisi macet. Biasanya sensor posisi poros engkol (CPS) mengirimkan sinyal ke Engine Control Module (ECM) dan akan memberitahu jika mesin berputar sehingga memungkinkan untuk mengontrol percikan, aliran injektor bahan bakar, dan waktu pengapian mesin. Ketika sinyal ini hilang, maka ECM akan mencoba untuk mengkompensasi dengan mendaur ulang kunci kontak sehingga mesin akan mati. Sensor poros engkol dapat terkontaminasi partikel mesin yang dapat menyebabkan aus dan kegagalan fungsi.

    • Sensor MAF rusak

Bagian ini dapat mengontrol berapa banyak udara yang masuk ke mesin. Jika komponen ini gagal, maka akan menyebabkan mobil Anda berjalan tidak menentu atau bahkan berhenti total saat dikendarai. Berikut adalah beberapa gejala lain yang mungkin Anda temui jika sensor aliran udara massal buruk misalnya seperti kecepatan idle meningkat dengan sendirinya, jika ada misfire di salah satu silinder, ini bisa disebabkan oleh sensor aliran udara massal, dan konsumsi bahan bakar jauh lebih tinggi dari biasanya.

    • Sensor PETA rusak

Selanjutnya saat mesin mobil mati saat digunakan perjalanan jauh, pastikan untuk memeriksa apakah ada masalah dengan sensor tekanan absolut manifold mobil . Tugas sensor tekanan absolut manifold adalah untuk mengukur tekanan atmosfer di dalam intake manifold. Sinyal tersebut kemudian digunakan oleh berbagai sistem, termasuk sistem manajemen mesin untuk menghitung aliran massa udara dan injeksi bahan bakar.

    • Unit kontrol mesin rusak

Mobil Anda mungkin mati saat mengemudi karena unit kontrol mesin yang rusak. Unit kontrol udara (ECU) menerima sinyal dari berbagai sensor. Mobil tidak akan menyesuaikan diri dengan kondisi mengemudi saat ini jika mengalami kerusakan. Misalnya, sensor pendingin ECU bertanggung jawab untuk mengukur suhu mesin, dan jika rusak hal itu akan mematikan mesin untuk menghindari panas berlebih, sehingga menyelamatkan mobil dari kerusakan lebih lanjut.

  • Sistem Pengapian Mobil Tidak Berfungsi

    • Saklar pengapian rusak

Jika mobil mati saat mengemudi, mungkin saklar pengapian yang rusak. Saklar yang rusak dapat menyebabkan berbagai masalah listrik. Seperti mungkin mengalami masalah dengan sistem airbag yang mengunci pintu daya, dan bahkan dapat mempengaruhi kehilangan penggunaan stereo atau lampu depan mobil.

    • Alternator rusak

Tidak hanya itu, alternator yang rusak juga dapat menjadi faktor penyebab mesin mobil mati saat perjalanan jauh. Tugas alternator adalah menjaga agar baterai mobil tetap terisi. Semakin banyak komponen listrik yang Anda miliki di kendaraan Anda, semakin banyak beban yang akan Anda berikan pada alternator.

    • Busi rusak

Mesin Anda mungkin berhenti bekerja karena busi kotor atau kotor, biasanya terletak di bagian atas kepala silinder. Tidak ada sekring untuk komponen ini, jadi mobil tidak akan hidup kecuali Anda dapat memperbaiki sendiri masalahnya atau memperbaikinya oleh mekanik.

Busi yang bersih meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin Anda karena silinder menyala dengan benar. Busi yang kotor atau kotor tidak memungkinkan arus mengalir dengan bebas, sehingga mobil akan mogok saat idling atau mengemudi.

Jika Anda memiliki kendaraan dengan jarak tempuh tinggi yang belum pernah memperbaiki sistem pengapiannya, mungkin sudah saatnya untuk membersihkan atau mengganti busi yang kotor. Anda dapat melakukan layanan ini sendiri dengan beberapa alat atau memanggil seorang profesional untuk melakukannya untuk Anda.

    • Koil pengapian rusak

Mesin mobil yang mati saat perjalanan jauh mungkin terjadi karena koil pengapian yang rusak. Koil pengapian merupakan komponen penting dalam sistem pengapian. Koil pengapian adalah komponen kecil yang pas di atas busi Anda.

Menghindari Mesin Mobil Mati saat Perjalanan Jauh

Agar mobil Anda tetap berjalan, Anda harus mengikuti jadwal perawatan mobil yang tepat. Berikut ini adalah kiat-kiat untuk menghindari mesin mobil mati saat perjalanan jauh, yang terdiri dari:

  • Jika mobil Anda mengalami masalah saat dihidupkan, ini mungkin menunjukkan bahwa ada masalah dengan pompa bahan bakar atau filter bahan bakar.
  • Ganti busi yang rusak jika sudah aus, rusak, atau ada celah di antara elektrodanya. Selain itu, pastikan setidaknya ada celah 0,8 mm di antara setiap elektroda karena busi yang aus sering kali menyebabkan mesin macet dan mati.
  • Periksa koil pengapian dan tutup distributor karena mungkin rusak. Kabel pengapian yang aus, rusak, atau tidak terpasang dengan benar juga dapat menyebabkan mesin mati.
  • Relay pompa bahan bakar yang rusak atau rusak dapat menyebabkan mobil berhenti saat mengemudi di gigi yang lebih rendah.
  • Jika paking tutup bensin aus, maka efisiensi bahan bakar mobil Anda akan berkurang.
  • Jika Anda melihat getaran jalan menyebabkan mobil Anda kehilangan tenaga, engine mount yang longgar mungkin menjadi penyebabnya.

  • Jika penyebab mesin mobil mati saat perjalanan jauh adalah komponen mesin yang kotor karena kerak karbon, layanan Jet Clean di Dokter Mobil bisa jadi solusinya. Dengan Jet Clean, komponen mesin yang berhubungan dengan proses pembakaran akan dibersihkan hingga terbebas dari kerak karbon secara menyeluruh sehingga proses pembakaran jadi lebih optimal dan mesin mobil pun terbebas dari mogok saat di perjalanan. Untuk rasakan layanan Jet Clean pada mobil Anda, lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi mengenai Jet Clean hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan.

Langkah-langkah Penanganan Ketika Mesin Mobil Mati saat Perjalanan Jauh

Terakhir adalah bagaimana langkah yang perlu Anda lakukan saat mesin mobil mati saat perjalanan jauh? Caranya mudah Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut seperti:

  • Pindahkan mobil ke sisi jalan;
  • Cobalah untuk restart mobil Anda;
  • Gunakan flasher darurat untuk memberitahu pengemudi lain;
  • Hubungi nomor darurat untuk layanan bantuan pinggir jalan.

Itulah beberapa penyebab mengapa mesin mobil mati saat perjalanan jauh secara tiba-tiba saat digunakan. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, ada baiknya untuk mengecek kondisi mobil Anda hanya di bengkel mobil terpercaya seperti di Dokter Mobil. Pastikan untuk melakukan servis Jet Clean secara rutin agar kondisi mobil Anda tetap dalam kondisi maksimal. Tersedia di beberapa wilayah di Indonesia, Anda bisa langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6548

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya