New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Kapasitas Oli Mesin Avanza 1500cc saat Pakai Filter Oli

Kapasitas oli mesin Avanza 1500cc dengan cc lainnya tentu berbeda. Sebagai pengguna mobil, anda wajib tahu tentang hal ini. Jika tidak, maka mungkin saja anda akan mengalami dampak dibawah ini.

Bahaya Kekurangan Oli Mesin

Ini bahayanya jika mobil anda kekurangan oli mesin. Waspadai, hal ini dapat menyebabkan mesin mobil menjadi panas atau terjadi overheat. Sangat berbahaya bukan ? Sepele namun dapat berakibat fatal pada mobil anda.

Terjadinya overheat bisa saja komponen dalam mesin termasuk piston dan lainnya merembet menjadi rusak fatal. Jika sudah rusak, maka anda perlu siapkan uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk memperbaiki mesin mobil Anda. Jadi, bukankah sangat penting untuk mengetahui berapa daftar kapasitas oli mesin mobil dengan berbagai jenis mesin yang ada saat ini ?

Kapasitas Oli Mesin Avanza 1500cc saat Pakai Filter Oli

Ketahui kapasitas oli mesin Mobil Avanza 1500cc anda. Jika tanpa filter maka total kapasitas oli yakni 2.7 liter. Sedangka dengan ditambahkannya filter, maka kapasitas oli bertambah menjadi 3 liter. Untuk mobil Avanza 1300cc tanpa filter 2.3 liter, sedangkan dengan filter menjadi 2.5 liter.

Mengapa bisa bertambah kapasitas oli?

Salah satu penyebab mengapa kapasitas oli ini bertambah karena ada teknologi Dual VVTi pada mesin Avanza baru ini. Teknologi VVTi menggunakan oli mesin untuk menekan VVTi actuator agar bisa bergeser, sehingga pada dual VVTI ada dua buah actuator yang memerlukan oli mesin lebih banyak.

Sehingga yang awalnya 3,5 liter untuk mengganti olinya, sekarang dibutuhkan 4 liter full untuk memenuhi kapasitas oli New Avanza. Tetapi, anda jangan khawatir karena meski bertambah setengah liter tidak berarti anda harus menambah untuk membeli satu liter lagi.

Harga Ganti Oli Mobil Toyota Avanza

Anggap saja kita pakai oli rekomendasi yakni TMO 0W-20 yang memiliki harga sekitar 165 ribu rupiah per liternya. Dikalikan 4 liter maka untuk olinya saja anda perlu biaya 660 ribu hanya untuk oli mesinnya. Untuk filter oli kita anggap harganya 40 ribu jadi biaya Oli + Filter berkisar Rp. 700.000.

Masih ada tambahan biaya lagi jika anda mengganti oli tersebut di bengkel. Ada jasa yang perlu anda bayarkan, misal jasa ganti oli itu 50 ribu maka setidaknya untuk satu kali pengantian oli mesin bisa memakan total biaya 750 ribu rupiah.

Untuk intervalnya juga sama yakni sekitar 5.000 sampai 7.000 KM untuk mengganti oli mesin. Ganti juga filter oli setiap anda mengganti oli karena filter oli yang kotor akan mengotori oli baru yang dituangkan didalam mesin.

Itulah ulasan terkait kapasitas oli mesin Avanza 1500cc. Semoga dapat membantu anda semua untuk mencari referensi terkait oli mesin mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya