📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Pengertian dan Gangguan Pada Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah

Kelistrikan mobil bermasalah

Kelistrikan mobil bermasalah adalah salah satu permasalahan yang harus segera untuk ditangani. Untuk penyebab dari permasalahan sistem kelistrikan mobil ini sangat beragam sekali.

Bahkan, Anda tidak bisa memutuskan pada satu titik permasalahan saja. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena untuk kelistrikan mobil bermasalah ini saling terkait antara komponen yang satu dengan lainnya.

Supaya tidak bingung, maka pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara detail dan jelas mengenai permasalahan kelistrikan mobil bermasalah. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan apa saja penyebabnya bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Pengertian Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah

Kelistrikan mobil bermasalah

Setelah mesin, kini untuk masalah kelistrikan mobil juga menjadi salah satu bagian yang paling penting dan vital di dalam kendaraan roda 4. Di dalam sistem ini juga dijadikan sebagai alat penunjang operasional kendaraan.

Untuk beberapa kegiatan yang bergantung dengan hal kelistrikan adalah di saat menyalakan mesin, memantik bahan bakar dan masih banyak lainnya. Seperti yang diketahui, terkadang untuk sistem kelistrikan pada kendaraan pernah mengalami masalah.

Pada sistem kelistrikan mobil bermasalah ini tidak boleh didiamkan dengan jangka waktu yang lama. Artinya, untuk para pemilik mobil harus sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan atau perawatan.

Selain itu, dampak dari kelistrikan mobil bermasalah adalah bisa mengganggu pada pasokan listrik ke dalam bagian mesin. Bahkan, dengan masalah tersebut juga bisa merusak beberapa perangkat elektronik di dalam mesin mobil tersebut.

Dibaca Juga: Pengertian dan Macam-Macam Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Kumpulan Gangguan Kelistrikan Mobil Bermasalah

Penyebab terjadinya kerusakan atau masalah pada sistem kelistrikan ini tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Artinya, ada banyak sekali faktor lain yang termasuk di dalam gangguan kelistrikan mobil bermasalah yaitu:

  1. Baterai atau Aki Mulai Melemah

Baterai atau aki ini menjadi salah satu komponen yang paling penting di dalam sistem kelistrikan. Selain itu, untuk komponen yang satu ini dijadikan sebagai tempat menyimpan semua sumber listrik.

Mobil yang tanpa mempunyai aki atau baterai, tentu saja tidak bisa beroperasi sesuai dengan fungsinya. Untuk potensi gangguan yang sering terjadi pada bagian aki atau baterai adalah terlambat mengisi air.

Akibatnya, dengan kelalaian tersebut adalah aki atau baterai menjadi satu atau yang sering disebut dengan getas. Oleh karena itu, Anda harus rutin untuk melakukan pengontrolan air akin paling tidak 2 Minggu sekali.

Sembari mengecek aki, Anda bisa juga membersihkan bagian terminal aki dan melakukan pengontrolan pada semua sambungan kabel. Untuk semua kotoran yang terdapat pada terminal dan kabel ini bisa membuat korosi.

Mau itu aki basah maupun kering, semua para pengguna mobil harus selalu memperhatikan pada komponen tersebut. Paling tidak, untuk jangka waktu penggunaan dari komponen aki atau baterai mobil ini kurang lebih 2-3 tahun saja.

  1. Sekring Putus

Sekring mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen elektrik dengan di saat sedang mengalami arus secara berlebih. Artinya, untuk sekring putus berarti semua aliran listrik di dalam mobil juga ikutan terputus.

Dengan adanya sekring ini bisa membuat semua perangkat di dalam mobil bisa terlindungi atau tidak ikutan rusak. Pada saat ingin menggunakan sekring ini juga harus disesuaikan lagi dengan jenisnya.

Ketika terjadi perubahan, contohnya pergantian lampu dengan ukuran yang lebih besar lagi. Maka, untuk sekring yang digunakan juga harus ikutan lebih besar. Bahkan, Anda juga harus menambahkan relay pada bagian sekring tersebut.

Salah satu alasan kenapa hal tersebut harus dilakukan, supaya kelistrikan mobil bermasalah ini tidak terjadi. Untuk pemilihan sekring ini juga harus mengikuti anjuran yang ada di dalam fuse box.

Pemilik mobil harus paham dengan semua perbedaan fungsi sekring yang ada di dalam box tersebut. Untuk permasalahan putusnya sekring ini bisa saja terjadi, karena terdapat indikasi kerusakan pada salah satu komponen mobil.

Artinya,di saat terjadi permasalahan kelistrikan mobil bermasalah harus sesegera mungkin untuk diselesaikan. Contohnya adalah di saat sekring putus, maka untuk bagian lampu besar ikutan tidak bisa dinyalakan.

Bahkan, ada kemungkinan besar pada bagian tombol tersebut terjadi suatu kendala atau bermasalah. Untuk masalah yang satu ini juga sama dengan beberapa jenis perangkat lainnya.

  1. Alternator atau Dinamo Ampere Tidak Berfungsi Secara Baik

Kelistrikan mobil bermasalah yang selanjutnya diakibatkan, karena dinamo ampere tidak berfungsi secara baik. Listrik yang ada di dalam aki ini harus selalu terisi dengan  baik. Fungsi dari komponen dinamo ampere ini adalah seperti pembangkit listrik.

Ketika sistem pengisian sedang bermasalah, maka komponen aki bisa mengalami tekor atau rusak. Kerusakan pada bagian komponen aki sering disebut dengan yang namanya overcharged.

Untuk jalur pengisian ke aki ini harus dipastikan lagi sudah bersih dan juga lancar. Selain itu, pastikan juga untuk suplai arus listrik yang diberikan juga sudah cukup. Paling tidak, keluaran arus listrik ini bisa membantu dalam menyalakan lampu, sistem audio dan beberapa perangkat hiburan lainnya.

Putusnya pada bagian gulungan kawat tembaga, ini bisa menjadi salah satu akibat terjadinya alternator atau dinamo meter rusak. Selain itu, akibat lainnya yaitu bisa membuat mesin kendaraan sulit hidup alias mogok.

Masalah putusnya gulungan kawat tembaga ini juga bisa membuat cahaya lampu dan suara menjadi tidak maksimal. Selain itu, penggunaan alternator atau dinamo meter secara terus menerus ini bisa menyebabkan habisnya arah atau brush pada komponen tersebut.

Akibat dari kelistrikan mobil bermasalah kali ini bisa membuat medan magnet tidak berfungsi secara baik. Bahkan, dengan hal tersebut tidak bisa memunculkan arus listrik sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk solusi yang paling tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pergantian.

  1. Voltage Regulator Bermasalah

Ketika alternator mempunyai fungsi untuk menghasilkan tegangan listrik, maka untuk komponen regulator mempunyai peran untuk menstabilkan arus listrik. Cara untuk mengatasi permasalah dari voltage regulator adalah mengatur besar kecilnya arus listrik.

Untuk arus listrik yang stabil ini juga memberikan pengaruh terhadap tingkat keawetan pada komponen tersebut, terutama bagian aki atau baterai. Regulator ini juga mempunyai fungsi untuk menjaga performa kendaraan supaya tetap berada di posisi baik.

Di dalam voltage regulator juga terdapat dua kumparan yaitu relay dan regulator. Untuk relay mempunyai fungsi untuk mematikan lampu pada pengisian. Sedangkan, regulator mempunyai fungsi untuk mengatur sistem kerja magnetik rotor coil.

Masih banyak kelistrikan mobil bermasalah yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Akan tetapi, untuk Anda yang sudah mengalami permasalahan pada kelistrikan mobil bisa langsung mencari solusi terbaik.

Solusi terbaik yang dapat diambil adalah memilih Bengkel Dokter Mobil. Pada bengkel tersebut juga tersedia layanan yang berhubungan dengan listrik mobil bermasalah atau disebut dengan Domo Electric.

Semua masalah yang berhubungan listrik bisa diatasi secara baik dan benar oleh para mekanik handal di dalam bidangnya masing-masing. Selain itu, untuk masalah harga juga lebih ringan dan bisa dijangkau.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai kelistrikan mobil bermasalah. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai kendaraan roda 4. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️