📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Daihatsu Rocky, Ketahui Spesifikasi hingga Tips Perawatan

Daihatsu Rocky-Dokter Mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Daihatsu Rocky dulu sempat membuat masyarakat Indonesia gempar karena harganya. Keberadaan mobil tersebut memang ditargetkan untuk para keluarga muda, karena mobil dengan desain SUV ini dibanderol dengan harga terjangkau.

Anda yang tertarik juga untuk membeli mobil Daihatsu Rocky perlu menilik lebih lanjut seputar spesifikasinya. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara untuk merawatnya agar mobil tetap awet dan nyaman dipakai untuk berkendara.

Bagaimanapun, Daihatsu Rocky merupakan proyek hasil kolaborasi dengan perusahaan Toyota dan Daihatsu. Fitur-fitur yang ditawarkan juga sudah pasti cocok dengan generasi terkini serta dibanderol dengan harga yang termasuk sangat terjangkau. Tidak heran banyak masyarakat yang memberikan komentar positif terhadap kemunculan mobil yang satu ini.

Berikut ini ada informasi lengkap seputar spesifikasi Daihatsu Rocky, tips perawatan Daihatsu Rocky, hingga rekomendasi service transmisi mobil Rocky terpercaya dari DOMO Transmisi yang bisa didapatkan di 0821-6866-5566.

Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021

Daihatsu Rocky-Dokter Mobil

Pembahasan mengenai spesifikasi dari mobil Daihatsu Rocky ini akan berfokus tentang bagian mesin, transmisi, dan juga konsumsi bbm-nya. Pengetahuan ini penting sebagai bahan pertimbangan dalam memilih suatu mobil keluarga. Apalagi mobil ini juga punya dua varian mesin yang sering kali membuat calon pembeli kebingungan.

  1. Mesin

Daihatsu Rocky memiliki 2 varian mesin, yakni 1.0 l turbo dan 1.2 l. Setiap varian mesin juga dilengkapi dengan mesin yang berbeda di mana varian 1.0 l menggunakan mesin 3 silinder berkode 1KR-VET. Lalu varian mesin 1.2 hal menggunakan WA-VE.

Varian untuk mesin 1.0 l punya kapasitas total 998 cc. Mesin tersebut sudah mendapatkan dukungan dari turbo charger sehingga memiliki output mesin sampai 1,5 liter. Daya maksimum dari dapur pacunya bisa mencapai 98 PS di 6000 RPM.

Selanjutnya kita akan beralih ke varian mesin 1.2 l dari Daihatsu Rocky yang mana sudah menggunakan mesin 3 silinder. Mesin 3-silinder berbeda dari LCGC yang terpasang di mobil Ayla dan Sigra. Mesin LCGC tidak didukung dengan turbo charger sehingga daya maksimum yang dihasilkan hanya 88 PS di 6000 RPM.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Transmisi

Setelah membahas seputar komponen mesin yang disematkan pada mobil Daihatsu Rocky ini, selanjutnya kita akan membahas mengenai transmisi dari mobil SUV dari Daihatsu ini. Transmisi yang digunakan dari kedua jenis mesin Daihatsu Rocky berupa manual dan otomatis CVT. Jika konsumen memang memerlukan mobil yang lebih responsif direkomendasikan untuk membeli mobil dengan transmisi manual. Transmisi manual cocok untuk berbagai macam medan dan juga perjalanan jauh.

Baca Juga : Penyebab Kipas Mobil Tidak Berputar dan Solusi Untuk Mengatasinya

Berbeda sekali dengan jenis transmisi otomatis CVT. Transmisi tersebut hanya cocok untuk perjalanan dalam kota, tetapi kurang cocok untuk medan yang keras. Model transmisi otomatis CVT pada Daihatsu Rocky ini sudah pasti berbeda dengan transmisi otomatis model yang telah lalu.

  1. Kisaran Konsumsi BBM

Sebagai mobil keluarga generasi muda, mobil Daihatsu Rocky ini punya banyak kelebihan. Keunggulan tersebut juga berkaitan dengan konsumsi bahan bakar yang semakin efisien sehingga mendukung program serendah mungkin. Mobil ini sendiri juga terbukti mampu menempuh jarak sampai dengan 18,6 KM dengan 1 liter bahan bakar. Spesifikasi konsumsi bahan bakar tersebut berguna untuk Daihatsu Rocky mesin 1.0 l.

Sedangkan pada mobil dengan mesin 1.2 l diklaim mampu menempuh jarak hingga 19 KM dengan 1 liter bahan bakar. Tentu saja konsumsi bahan bakar pada Daihatsu Rocky ini dianggap lebih efisien dan efektif jika dibandingkan mobil-mobil lain yang lebih lawas keluaran Toyota dan Daihatsu.

  1. Eksterior Desain Body

Semua kendaraan SUV selalu punya desain dan karakter yang tegas. Namun, Daihatsu Rocky juga memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan mobil terdahulunya dengan mengutamakan sisi maskulin. Sisi maskulin pada mobil ini juga dilengkapi dengan sentuhan yang modern berupa grill ukuran besar dan lampu utama yang sipit.

Sentuhan modern juga sangat tampak pada bagian teknologi LED pada lampu-lampu yang terpasang baik depan dan belakang. Sedangkan bentuk body secara keseluruhan kotak namun tetap memperlihatkan sisi maskulin yang sporty.

Tips Perawatan Daihatsu Rocky 2021

Infografis Tips Perawatan Daihatsu Rocky

Perawatan yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil Daihatsu Rocky tidak hanya berupa mencuci saja, melainkan harus dirawat bagian mesinnya sehingga performa mobil tetap tinggi dan nyaman dalam jangka waktu yang lama. Langsung saja kita bahas mengenai tips perawatan mobil Daihatsu Rocky ini.

  1. Pemilihan Oli Terbaik

Perawatan yang juga langsung berhubungan langsung dengan mesin dan juga komponen dasar dalam mobil adalah oli. Pemilihan oli perlu dilakukan secara hati-hati dan harus mempertimbangkan standar yang dibutuhkan oleh mesin mobil. Jangan terlalu tergiur dengan harga oli yang murah karena bisa jadi itu palsu.

Menggunakan oli palsu sudah pasti akan membahayakan semua komponen mobil kala mobil melaju. Oli juga perlu diganti secara rutin dengan jalan melakukan service rutin. Oli baru selalu memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan pelumasan dan pendinginan antar permukaan komponen mobil yang bergerak.

Penting pula untuk memilih oli transmisi yang tepat serta melakukan pergantian oli transmisi secara rutin. Menurut Thayne Lika atau Ko Lung-Lung – selaku CEO Dokter Mobil Indonesia – pergantian oli transmisi ini perlu dilakukan setiap mobil sudah menempuh jarak 20.000 hingga 30.000 km. Hal ini guna mencegah oli transmisi hangus yang mengandung bagian-bagian transmisi yang terkikis hingga mengakibatkan perlu dilakukannya service transmisi mobil Rocky.

  1. Perhatikan Angka Oktan dari Bahan Bakar

Cara perawatan lain yang harus diperhatikan adalah mengenai bahan bakar. Bahan bakar yang baik memiliki angka oktan yang semakin tinggi. Standar bahan bakar yang baik punya angka oktan diatas 90, seperti Pertamax yang bernilai oktan 92. Angka oktan yang tinggi akan mendukung performa mesin turbo dengan baik pula.

Dengan semakin tinggi nilai oktan, maka kandungan timbal yang ada di dalamnya juga semakin kecil. Kandungan timbal dalam bahan bakar ini justru sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Bagaimanapun kita harus mendukung lingkungan yang bersih dan sehat dari polusi timbal.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai standar atau justru lebih tinggi agar performa mobil tetap prima dan tak memberikan dampak negatif pada lingkungan sekitar.

  1. Selalu Bersihkan bagian Filter Udara

Mobil Daihatsu Rocky saat berkendara bisa menyebabkan udara masuk ke bagian mesin turbo. Udara yang masuk ke bagian dalam seringkali membawa debu dan kotoran. Proses pembersihan pada filter udara ini harus dilakukan secara rutin untuk menghindari debu dan kotoran menumpuk dan mengendap. Saat sudah terlanjur menumpuk dan mengendap, maka bisa menyebabkan susah untuk dibersihkan.

Ujung-ujungnya debu akan menghambat performa mesin mobil. Maka dari itu, lakukan pembersihan filter udara secara rutin sehingga dapat mencegah seluruh permasalahan masuknya debu dan kotoran ke bagian mesin.

  1. Pelajari Seluruh Cara Merawat Mesin

Seorang pemilik mobil yang baik tidak hanya melakukan perawatan dengan mencuci mobilnya saja. Penting juga untuk mempelajari kinerja mesin yang ada di dalamnya, sehingga memungkinkan suatu waktu untuk melakukan perbaikan darurat. Ada kalanya Anda juga bisa berdiskusi dengan para mekanik yang ahli saat melakukan servis di bengkel agar lebih paham seputar permasalahan pada mobil.

Contoh proses perawatan yang wajib diketahui adalah mobil selalu membutuhkan waktu pemanasan mesin kurang lebih 5 menit. Jika mematikan mesin mobil juga perlu menunggu sampai turbin turun dan diamkan kurang lebih selama 1 menit.

Apapun cara perawatan yang sudah Anda lakukan agar mobil semakin prima pastikan untuk selalu melakukan servis berkala pada Daihatsu Rocky kesayangan sekaligus tune up. Lakukan perawatan hanya di bengkel terpercaya Dokter Mobil. Teknologi yang digunakan untuk melakukan perawatan lengkap sekaligus perbaikannya juga canggih. Selain itu, Dokter Mobil juga sudah memiliki mekanik yang handal dan berpengalaman.

Baca Juga : Bengkel Jakarta Terbaik Dokter Mobil

Jika perlu dilakukan penggantian suku cadang, maka bagian bengkel kami hanya akan memberikan suku cadang yang asli saja. Suku cadang asli memiliki kualitas unggulan dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Tak tanggung-tanggung kami juga berani memberikan garansi terhadap penggantian suku cadang yang dilakukan di Dokter Mobil.

Anda juga bisa membawa permasalahan transmisi mobil Daihatsu Rocky pada DOMO Transmisi. Layanan terbaru bagian dari Dokter Mobil ini menawarkan jasa perawatan hingga perbaikan sistem transmisi pada mobil matic, termasuk untuk service transmisi mobil Rocky. Telah melalui riset dan pengembangan teruji di luar negeri, menggunakan peralatan canggih, serta ditangani teknisi yang ahli membuat layanan DOMO Transmisi patut Anda percayakan.

Untuk dapatkan layanan service transmisi mobil Rocky di DOMO Transmisi, lakukan reservasi sekarang melalui WhatsApp (klik di sini). Reservasi bisa dilakukan hanya dari rumah, Anda akan diarahkan menuju bengkel yang dituju setelah melakukan reservasi tanpa harus mengantre.

 

Referensi:

6 Jenis Oli Mobil dan Perawatannya – Dokter Mobil Indonesia. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=0AC_kkw2HAw&t=147s (Diakses: 24 November 2022)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *